Selamat Datang 어서 오세요

Featured

Assalamu Alaikum…^_^

안녕하세요, 친구들… 어서 오세요.

Teman-teman, selamat datang di catatan kecil saya, Chrysant’s Park. Taman kecil saya ini adalah pindahan dari firstychrysant.multiply.com.

Silahkan berkunjung dan menikmati taman ini. Taman biru ini berisi catatan-catan kecil tentang apa saja yang ingin aku tulis. Bisa berisi tentang catatan harian, tentang Korea, dan juga tentang Padang. Saya berharap semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya ^__^

Dan jika ada catatan yang menarik bagi teman-teman, dan hendak hendak men-share atau meng-copypaste di blog dan media lain dipersilahkan saja tapi dengan syarat harus membuat link ke blog ini, dan anda meminta izin melalui jejak komen di halaman ini, karena ini adalah catatan pribadi yang referensinya diambil dari berbagai sumber informasi.

Atau Anda bisa minta izin via email : firsty.chrysant@gmail.com, tetapi karena saya jarang melihat email yang ini, sebaiknya minta izinnya di komen aja ya… 🙂

Terima Kasih

Firsty Chrysant

NB : Berikut ini beberapa tulisan saya tentang Korea

  1. Buku Cara Mudah Belajar Bahasa Korea (쉽게 한국어를 배워요).
  2. Hanok (한옥), rumah tradisional korea. Restoran korea Mr. Park.
  3. Hanbok (한복), baju tradisional korea. Pribahasa Korea (속담).
  4. Seoye (서예), kaligrafi korea atau seni menulis indah korea.
  5. Hallyu (한류), Korean wave atau gelombang korea. Oppa hunter Korean Man Hunter.
  6. Kimchi (김치) atau asinan korea. Tips cari cowok korea.
  7. Chaebol/jaebol (재벌), konglomerat korea.
  8. Hanguk Munhwawon (한국 문화원) Pusat Kebudayaan Korea Jakarta.
  9. Belajar bahasa Korea. Belajar bahasa Korea.
  10. Janggo atau Janggu, musik tradisional Korea.
  11. Makanan korea (한국 음식).
  12. Alasan kenapa orang korea senang tinggal di Indonesia.
  13. Budaya korea bag : 1. Budaya korea bag 2.
  14. Sejarah Hangeul dan Huminjeongeum.
  15. Idgham alias dengan dengung dalam bahasa Korea.
  16. Pandangan bos korea terhadap karyawan orang Indonesia.
  17. Arti percaya kepada tuhan bagi orang korea.
  18. Learn Indonesian Language for Korean People.
  19. Jiphyeonjeon (집현전) Lembaga Ilmu Pengetahuan Kerajaan Joseon.
  20. Jeongak (전악), Musik Klasik Korea.

Siti Roehana Kudus, Jurnalis Wanita Pertama Indonesia

“Perputaran zaman tidak akan pernah membuat perempuan menyamai laki-laki. Perempuan tetaplah perempuan dengan segala kemampuan dan kewajibanya. Yang harus berubah adalah perempuan harus mendapat pendidikan dan perlakukan yang lebih baik. Perempuan harus sehat jasmani dan rohani, berakhlak dan berbudi pekerti luhur, taat beribadah yang kesemuanya hanya akan terpenuhi dengan mempunyai ilmu pengetahuan”

Siti Roehana Kuddus

rohana-kudusUngkapan di atas diucapkan oleh Bundo Siti Rohana Kudus. Siti Roehanna Kuddus atau seringnya disebut Siti Rohana Kudus adalah salah satu tokoh emansipasi wanita Indonesia. Namanya memang tidak terlalu populer sebagaimana hal-nya Ibu Kartini atau Dewi Sartika. Tapi kiprah dan perjuangan dalam memperjuangkan hak-hak kaum wanita sangat luar biasa. Bahkan bisa dianggap lebih besar dari kedua tokoh wanita tersebut.

Siti Rohana Ludus lahir di kenagarian Koto Gadang, Bukittinggi pada tanggal 20 Desember 1889. Ia lahir 4 tahun setelah Ibu Kartini lahir. Itu artinya Bundo Siti Rohana Kudus bisa disebut satu generasi dengan Ibu Kartini. Beliau adalah anak seorang pegawai pemerintah Hindia Belanda. Meskipun tidak mengikuti sekolah formal, Siti Roehanna Kudus tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. Ia tidak hanya bisa membaca huruf Arab Melayu saja, tetapi juga bisa berbahasa Belanda.

Continue reading

Mushala Mall Citraland Grogol, Baru dan Bagus

20161223_175857.jpg

Sebagai orang sekitaran Grogol, mol Citraland adalah salah satu tempat yang sering saya kunjungi. Bukannya buat ‘ngemol’ ala-ala orang lain, tapi buat ‘ngegramed’ sekadar iseng-iseng cuci mata. Serius, bagi saya gramedia adalah salah satu tempat hang out dan cuci mata yang paling sering saya kunjungi, hehehe.

Dan juga salah satu tempat yang paling saya kunjungi di sebuah mol adalah mushalanya. Maklum seringkali pas berada di mol, pas masuk waktu shalat juga. Biasanya sih pas shalat maghrib.

Continue reading

Happy New Year 2017, Teman-Teman

Tahun 2016 baru saja lewat beberapa hari yang lalu. Dan sekarang adalah hari ke 5 di tahun 2017. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, saya hanya traveling di Pulau Kapuk (alias tidur aja, di rumah).

Dan malam tahun baru kemaren saya benar-benar tidur dari tahun 2016 sampai 2017, hahaha. Tidur sekitar jam setengah 11 dan bangun pada saat shalat shubuh, tahun berikutnya. Lama ya tidur saya dari tahun 2016 sampai 2017… 🙂

Continue reading

Bukik Langkisau ~ Bukit Langkisau Painan, Sumatera Barat

bukik-langkisau-i

Di Padang, ada lagu pop minang yang judulnya “Bukik Langkisau.” Itu adalah salah satu objek wisata yang berada di kota Painan, Sumatera Barat. Bukit Langkisau ini berada persis di atas pantai Carocok, ikon wisata kota Painan. Bukit ini berjarak sekitar sekitar 1,5 km dari pusat kota Painan. Dari Puncak Bukit Langkisau ini kita bisa memandang ke bentangan laut Hindia.

Saya ke Puncak Langkisau ini alhamdulillah bisa nebeng sama turis jepang yang ketemu di Jembatan Akar, Bayang. Pas saya selesai poto-piti, hendak mau ke luar, saya iseng nanya si kakak yang menemani turis tersebut. Iseng aja nanya si pak turis dari mana. Abis itu aku nanya udah jalan ke mana aja, dan mau ke mana lagi. Eh dia jawab, mau ke Bukit Langkisau dan Pantai carocok.

Continue reading

Jembatan Akar ~ Jambatan Aka, Bayang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

jembatan-akar-6

Dasar jembatan di kasih papan biar nyaman saat nyeberang

Salah satu tempat wisata yang saya kunjungi waktu lebaran 2015 adalah  Jembatan Akar atau Jambatan Aka. Jembatan ini unik. Karena jembatan ini terbentuk dari akar-akar dua batang pohon kubang yang tumbuh berseberangan yang dipisahkan oleh sungai. Akar-akar dari dua batang pohon tersebut saling dililit dan dipilin satu sama lain. Sehingga akar-akar tersebut menyatu membentuk jembatan yang menghubungkan dua buah jorong.

Continue reading

Belum Bisa Move On Dari Aksi Bela Islam 212

212-aa

Jujur saya akui, saya masih belum bisa move on dari aksi bela Islam 212. Saya akui saya mengalami euforia aksi bela islam kemaren. Masih menggebu rasa yang ada di hati ketika melihat foto-foto yang beredar di WA Grup, apalagi di FB. Rasanya setiap hampir tiap orang yang ikut, menshare foto-foto yang mereka ambil untuk mengabadikan momen yang sungguh istimewa ini.

Continue reading

Ikut Aksi Bela Alqur’an ~ GNPF MUI 212 di Monas.

20161202_123853.jpg

Koleksi pribadi

Alhamdulillah, saya ikut lagi Aksi Bela Alquran, tadi pagi. Senang? Iyalaah, bahagia mah tepatnya. Teman-teman saya aja belai-belain dari Padang berangkat ke Jakarta dengan pesawat. Masa saya engga? Teman-teman yang datang dari Padang, harus mengeluarkan biaya yang besar untuk tiket pergi-pulang. Belum lagi yang PNS, harus ‘perang’ dulu sama kepala sekolahnya. Sebagai guru PNS, dia pasti susah dapat ijin buat ke Jakarta.

Continue reading

Aksi Super Damai Bela Alqur’an 212 dan Keparnoan Kepolisian RI

img-20161201-wa0010.jpg

dari WA Group

Aksi bela Alqur’an 212 ini sungguh luar biasa dan mengharukan. Bagaimana tidak, untuk dalam pelaksanaan aksi bela Alqur’an yang ke dua ini, pihak kepolisian melakukan berbagai upaya supaya aksi ini batal. Berbagai cara dilakukan pihak kepolisian untuk menghalangi peserta yang datang dari berbagai daerah.

Banyak alasan yang digunakan Polri untuk menghalangi aksi ini. Bahkan sampai menyatakan aksi ini sebagai bentuk makar terhadap pemerintah, walaupun kemudian pernyataan ini diralat oleh kapolri.

Bercermin dari Aksi Damai 4 November kemaren, di mana penyusup masuk barisan, ulama kemudian menyatakan dan menjamin bahwa mereka akan melakukan aksi damai gelar sajadah dengan berzikir serta shalat Jumat berjamaah. Tujuan aksi gelar sajadah ini adalah supaya menghindari aksi ini disusupi oleh pihak-pihak lain yang ingin memperkeruh suasana aksi.

Continue reading

Tujuh Kok Eleven, Tujuh Itu seven.

gambar dari internet

gambar dari internet

Yuhuuu… Apa kabar teman-teman? 3-4 bulan blog-ku ga keurus, pake buangeeeet. Bukan sibuk bukan apa. Lagi turun lagi semangat ngeblog-nya aku, hehehe. Lagi mandeg aja otakku buat ngeblog. Tapi ada beberapa postingan yang ditulis di draft dan di privat melalui hape, ga dipublis. Baru tadi aja dirapihin dan dipublish sekalian, hahaha…

Tapi karena sekarang lagi niat banget buat ngeblog, dibongkar aja deh file-file yang sapa aja masih ada tulisan yang belum posting, hehehe. Dan ketemulah tulisan yang hanya berjudul sevel. Tapi isinya hanya beberapa baris aja, hehehe.

Continue reading

Cerita Pilkada Jakarta di Atas Ojek Grabbike

20161104_135932.jpg

Sabtu malam, 12 Desember 2016, saya pesen Grabbike buat pulang. Di dalam perjalanan rupanya si abang grab-nya iseng nanya-nanya saya ktp mana. Saya jawab, Jakarta. Trus, dia tanya saya ikut pilkada atau ngga ntar. Saya jawab, “Ikut dong, Pak!”

“Mba-nya ntar milih siapa?” tanya si abang ojek.

Continue reading