Selamat Datang 어서 오세요

Featured

Assalamu Alaikum…^_^

안녕하세요, 친구들… 어서 오세요.

Teman-teman, selamat datang di catatan kecil saya, Chrysant’s Park. Taman kecil saya ini adalah pindahan dari firstychrysant.multiply.com.

Silahkan berkunjung dan menikmati taman ini. Taman biru ini berisi catatan-catan kecil tentang apa saja yang ingin aku tulis. Bisa berisi tentang catatan harian, tentang Korea, dan juga tentang Padang. Saya berharap semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya ^__^

Dan jika ada catatan yang menarik bagi teman-teman, dan hendak hendak men-share atau meng-copypaste di blog dan media lain dipersilahkan saja tapi dengan syarat harus membuat link ke blog ini, dan anda meminta izin melalui jejak komen di halaman ini, karena ini adalah catatan pribadi yang referensinya diambil dari berbagai sumber informasi.

Atau Anda bisa minta izin via email : firsty.chrysant@gmail.com, tetapi karena saya jarang melihat email yang ini, sebaiknya minta izinnya di komen aja ya… 🙂

Terima Kasih

Firsty Chrysant

NB : Berikut ini beberapa tulisan saya tentang Korea

  1. Buku Cara Mudah Belajar Bahasa Korea (쉽게 한국어를 배워요).
  2. Hanok (한옥), rumah tradisional korea. Restoran korea Mr. Park.
  3. Hanbok (한복), baju tradisional korea. Pribahasa Korea (속담).
  4. Seoye (서예), kaligrafi korea atau seni menulis indah korea.
  5. Hallyu (한류), Korean wave atau gelombang korea. Oppa hunter Korean Man Hunter.
  6. Kimchi (김치) atau asinan korea. Tips cari cowok korea.
  7. Chaebol/jaebol (재벌), konglomerat korea.
  8. Hanguk Munhwawon (한국 문화원) Pusat Kebudayaan Korea Jakarta.
  9. Belajar bahasa Korea. Belajar bahasa Korea.
  10. Janggo atau Janggu, musik tradisional Korea.
  11. Makanan korea (한국 음식).
  12. Alasan kenapa orang korea senang tinggal di Indonesia.
  13. Budaya korea bag : 1. Budaya korea bag 2.
  14. Sejarah Hangeul dan Huminjeongeum.
  15. Idgham alias dengan dengung dalam bahasa Korea.
  16. Pandangan bos korea terhadap karyawan orang Indonesia.
  17. Arti percaya kepada tuhan bagi orang korea.
  18. Learn Indonesian Language for Korean People.
  19. Jiphyeonjeon (집현전) Lembaga Ilmu Pengetahuan Kerajaan Joseon.
  20. Jeongak (전악), Musik Klasik Korea.

Mesjis Raya Bayur Maninjau, Agam, Sumatera Barat

mesjid-raya-bayur-maninjau

Sewaktu saya jalan-jalan sendirian ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sungai Batang, Maninjau saya sekalian mampir ke Masjid Raya Nagari Bayur. Bagi pembaca buku Negeri Lima Menara mungkin mengetahui bahwa Alif, si tokoh utama novel tersebut berasal dari Nagari Bayur, Maninjau Sumatera Barat.

Awalnya sih saya ngga tau, saya akan dibawa ke mesjid ini oleh abang ojek yang mengantarkan saya ke Meseum Rumah Kelahiran Buya Hamka. Tapi karena melihat saya yang selalu antusias minta mampir di setiap mesjid-mesjid sepanjang jalan menuju Museum Rumah Buya Hamka dari Maninjau, abang ojeknya bilang akan membawa saya ke mesjid yang lebih bagus dan lebih besar, kira-kira 2-3 km dari pasar Maninjau.

Continue reading

Sutan Nur Iskandar, Sastrawan Angkatan Balai Pustaka Paling Produktif

Bagi kebanyakan kita, sudah tidak asing lagi dengan nama Marah Rusli, Abdul Muis, N.H. Dini, atau juga Buya Hamka. Mereka dikenal sebagai sastrawan Indonesia. Nama mereka abadi dalam pelajaran Bahasa Indonesia sejak dari SD hingga SMA.Benar ngga sih?

Bahkan Buya Hamka tidak hanya dikenal sebagai sastrawan dengan novelnya yang terkenal seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk dan juga di Bawah Lindungan Ka’bah. Beliau juga lebih sebagai ulama yang kharisma nya masih diakui oleh masyarakat muslim Indonesia hingga sekarang.

Nah, kalau yang saya tanya adalah Nur Sutan Iskandar, adakah yang tau? Ayo ngacung 😛 Mungkin banyak yang tidak tau dengan sastrawan yang satu ini. Termasuk juga saya, tidak mengetahui siapa sesungguhnya Nur Sutan Iskandar. Mungkin dulu saya pernah dengar namanya di sekolah tapi kemudian lupa sama sekali.

Continue reading

Masih Swing Voters Nih, 1 atau 3

Pilkada DKI emang tiada duanya. Kereeen. Udah kaya pemilu nasional aja dah. Hebohnya ngga tanggung-tanggung. Membuat pilkada daerah lain tenggelam oleh hiruk pikuk pilkada Jakarta.

Sebenarnya sampai sekarang saya masih bingung mau milih mana, no 1 atau no 3. Abisnya yang musti saya pilih dua itu doang, tapi pilihannya bikin saya bingung. Harusnya dulu ga ada Agus Yudhoyono atau Anies. Tapi yang ada Pak Yusril, nah baru dah okey, hehehe.

Continue reading

Drama Korea : Kill Me Heal Me, 킬미 힐미

Yeaay… Akhirnya kelar juga bikin postingan review drama korea Kill Me Heal Me. Bagi saya drama korea Kill Me Heal Me ini adalah salah satu drama yang direkomendasikan banget untuk ditonton. Ini drama kedokteran psikiatri, tentang orang yang mempunyai kepribadian ganda sampe 6 kepribadian. Saya suka. Dramanya keren banget, hehehe.

Continue reading

Pantai Carocok dan Pulau Cingkuak, Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

pantai-carocok-painan-12

Bagi masyarakat Sumatera Barat, Pantai Carocok sangat familiar. Beberap tahun belakangan, pantai ini menjadi hits sebagai salah satu tempat orang-orang menghabiskan liburan. Pantai Carocok menjadi salah satu ikon wisata kota Painan, yang terkenal di Sumatera Barat, Riau dan Jambi. Pantai ini berjarak sekitar 1,5 km dari pusat kota Painan. Dari Padang berjarak kira-kira 75 km.

Continue reading

Seollal, 설날, Perayaan Tahun Baru Korea

Udah lama nih saya ngga nulis tentang korea (dan udah lama ngga nulis juga sih, hehehe). Kangen juga euy. dan mumpung lagi hangat, saya bikin dah tulisan tentang Korea 🙂

Bagi kita orang Indonesia mungkin sudah sangat akrab dengan yang namanya Hari Raya Imlek, atau hari raya tahun baru Cina. Maklum kalau sudah imlek, mol-mol menghias mol untuk perayaan imlek dengan sangat meriah. Hari raya ini merupakan hari raya yang penanggalannya berdasarkan peredaran bulan, atau penanggalan Qamariyah. Tahun Imlek jatuh pada tanggal 28 Januari kemaren kan ya.

Continue reading

Perayaan Seollal 설날 di Pusat Kebudayaan Korea atau KCC

20170130_151948.jpg

Hari Senin yang lalu, saya ada urusan sedikit ke wilayah Mampang. Setelah urusan selesai, saya mampir ke KCC atau Pusat Kebudayaan Korea yang ada di SCBD Sidirman. Tujuan saya tak lain dan tak bukan adalan buat nyari wipi yang kenceng di sana. Dasar pakir wipi, hahaha.

Continue reading

Inagurasi FLP Jakarta Angkatan 20 : Menulis Kreatif oleh Zainal Radar

20170122_144123.jpg

Okeey, kita lanjut lagi cerita Inagurasi FLP Jakarta angkatan 20 ya… Nah, acara terakhir adalah sharing kepenulisan yang pembicaranya adalah Mas Zainal Radar, anggota senior FLP Jakarta.

Mas Zainal Radar ini adalah penulis produktif yang karya tulisannya berupa cerpen dan cerita anak sering dimuat di media. Baik media majalah remaja seperti kawan, gadis dan majalah lainnya, juga majalah anak-anak seperti majalah Bobo. Ia juga punya karya buku cerita anak-anak. Dan juga karya di media cetak lainnya.

Continue reading

Inaugurasi FLP Jakarta Angkatan 20 di Taman Wildatika Cibubur

20170122_144123.jpg

Hari Minggu, 22 Januari 2017 kemaren, FLP Jakarta kembali punya hajatan. Inaugurasi pramuda angkatan 20. Dengan inagurasi ini, pramuda angkatan 20 resmi menjadi anggota Muda dan Madya FLP Jakarta.

Acara inagurasi ini diadakan di Taman Wildatika Cibubur, Jakarta Timur. Acara dimulai menurut rencana sih jam 9, tapi diumumkan jam 8.30 untuk mengantipasi keterlambatan peserta dan.panitia datang ke lokasi acara. Soal telat ini mah kayanya Indonesia banget, ya…hahahaha.

Continue reading

Siti Roehana Kudus, Jurnalis Wanita Pertama Indonesia

“Perputaran zaman tidak akan pernah membuat perempuan menyamai laki-laki. Perempuan tetaplah perempuan dengan segala kemampuan dan kewajibanya. Yang harus berubah adalah perempuan harus mendapat pendidikan dan perlakukan yang lebih baik. Perempuan harus sehat jasmani dan rohani, berakhlak dan berbudi pekerti luhur, taat beribadah yang kesemuanya hanya akan terpenuhi dengan mempunyai ilmu pengetahuan”

Siti Roehana Kuddus

rohana-kudusUngkapan di atas diucapkan oleh Bundo Siti Rohana Kudus. Siti Roehanna Kuddus atau seringnya disebut Siti Rohana Kudus adalah salah satu tokoh emansipasi wanita Indonesia. Namanya memang tidak terlalu populer sebagaimana hal-nya Ibu Kartini atau Dewi Sartika. Tapi kiprah dan perjuangan dalam memperjuangkan hak-hak kaum wanita sangat luar biasa. Bahkan bisa dianggap lebih besar dari kedua tokoh wanita tersebut.

Siti Rohana Ludus lahir di kenagarian Koto Gadang, Bukittinggi pada tanggal 20 Desember 1889. Ia lahir 4 tahun setelah Ibu Kartini lahir. Itu artinya Bundo Siti Rohana Kudus bisa disebut satu generasi dengan Ibu Kartini. Beliau adalah anak seorang pegawai pemerintah Hindia Belanda. Meskipun tidak mengikuti sekolah formal, Siti Roehanna Kudus tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas. Ia tidak hanya bisa membaca huruf Arab Melayu saja, tetapi juga bisa berbahasa Belanda.

Continue reading