Carito Gaje

Mesjid Ummi Alahan panjang IMG_0223 a

Hi my soul, hello my spirit. How are you? And…where are you now? I miss you, so much. And I don’t know where you are now. *apaan dah, sok gaya-gayaan pake inggris, nyontek pun di gugel, hahaha.

Saya udah mulai spicles nih, dan udah mulai keloh-keloh lidah saya pakai baso inglis, pun sudah panek juga saya liek-liek gugel trenslet dari baso Indonesia ka baso inggirih. Jadi berbahasa Indonesia Minang Raya sajalah saya lagi.

Jadi my soul, my spirit, I have found-faund you berdua to where-where and in where-where. Tapi tidak juga do saya menemukan kamu. Alah panek saya jadinya. Pusing pula pala saya dek nyo. Saya cari di kolong tampek tidua, kamu ndak ada do. Saya cuba juga cari-cari di koper saya (yang sudah tergeletak tiga bulan di lantai), juga tidak ada do.

Di lemari pun alah juga saya cari-cari. Tapi kamu berdua ndak juga bertemu dek saya do. Baa lah caranya lagi tu? Dimana lah kamu tu manyurukkan badan? Tolonglah paliek-an badan kamu tu supayo nak sanang pula hati saya saketek dek nyo ha.

Terpikir-pikir pula dek saya kadang-kadang, apa mungkin kamu berdua bertemu dengan tentaranya Voldemort, yang entahlah namanya apa : oh iya anggap saja namanya Pelahap Jiwa. Sehingga kamu berdua dihisapnya sampai ka ubun-ubun, meninggalkan raga saya sendirian sahaja?

Oooo tidaaak. Itu tidak boleh terjadi. Sini, saya cari Pelahapnya (anggap saja alah ketemu ya) dan saya bacakan saja mantra anti pelahap jiwa *tongkat saya terayun, “wingardium lafiozaaaa” saya ucapkanlah mantra tu supaya nya takut si tentata Voldemort tu.

Jreeeng-jreeeng, pelan-pelan muncul asap putih. Dari asap putih tersebut muncullah nak bujang nan gagah bana ko ha, berkaca mata bulat, rambut acak-acakan dan di keningnya ada tanda ‘patuih kilek’.

Haaa? Heranlah saya jadinya, kenapa pula si akang Heri Poter tu nan nancogok? Lah lamo dia ndak mancogok-cogok, kini tibo-tibo tibo si akang Heri ini. Ndak do gai saya nak maimbaunya do, tapi baa kolah, inyo pula nan tiba. Alah barubah sajakah patronus saya jadi si Heri Poter? Tanggung bana ma, kenapa ga Prince Harry of Wells saja sekalian yang muncuulll?? *plaaaaks, sadaaaar mbaaaaaa…..

Sianggai Anggai IMG-20201130-WA0023

Tersenyumnya kepada saya. Dan dia mendekat ke saya dan lantas berbisik, “Neng, kamu teh salah mantra. Itu mah bukan mantra patronus” kecek si akang Heri Poter ko pulo.

“Eneng salah mantra kang? Emang mantrana naon, Kang?” tanya saya yang tiba-tiba lidah saya keloh-keloh jadinya.

“Mantrana, Expecto Patronum, itu baru bener, Neng.” kata si akang tersenyum.

“Ooo, itu ya Kang, lupo Eneng, Kang,” jawab saya yang bilang Eneng dengan E seperti bilang ember. Si Akang Heri maanguak2 an kapalonyo.

Saya pun lalu lantas mencoba meneriakkan mantra tersebut. Tapi baa kok tetap ndak bisa ya? Dimana pula salahnya, tu? Ndak muncul-muncul nya patronus ku tu do.

“Akang, ini teh kumaha, Akang? Baa kok ndak muncul nya patronus Eneng tu, Kang?” saya bertanya sama si akang Heri Poter.

“Berarti Neng ga ngebayangin hal yang membahagiakan bagi Neng. Makanya patronus Neng ngga muncul-muncul.

“Trus baa kini bagusnya, Kang?”

“Neng pikirin apa yang bikin Neng, bahagia.”

“Bagaimana mana pula caranya tu, Kang? Alah tigo bulanan hidup Eneng antah barantah barantah rasanya, kacau beliau,” jawab saya dengan mulut yang alah monyong jadi makin manjadi-jadi monyong-e.

“Emang kenapa Neng?” tanya si Akang Heri dengan kening berkerut.

“Kan Eneng sudah bilang tiga bulanan ko Eneng jiwa Eneng antah barado dimana, Eneng ndak tau do Kang.” jawab saya.

“Eleeeu eleeeuu si Neng, akang mah udah tau Neng lagi ada problema. Tapi yang akang mau tanya, sebabna kenapa, Neng. Kenapaa? Al ihwal ntu masalahnaa?” kening si akang nan alah ado tanda petir semakin berkerut.

“Ah, pusing Eneng Akang. Ndak bisa lagi Eneng cerita, do. Biarin ajalaah Kang,” ujar saya ikut-ikutan kening berkerut 7 lapis.

“Oh gitu, okelah. Sekarang yang penting, buat patronus Neng nyak!” kato si Akang ko lagi.

“Eneng bingung, Kang. Kenapa sekarang Eneng ndak bisa buat patronus kini ko?”saya bertanya dengan bingung, padahal mah sudah mengerti alasan kenapa ndak bisa.

Pokus Neng, pokus. Kalau ngga pokus ntar Neng ga bisa bikin patronusna…!” Kata si akang Harry Potter.

NB : Bahasa acakadut mod on

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s