Pansos or Cari Sensasi

Gambar : Internet, FB Group

Kadang-kadang ya, ada orang yang ego sentris-nya terhadap kampung halamannya sangat tinggi. Bahkan over dosis. Boleh aja sih tapi juga harus musti rasional atau logis. Jangan asal cinta membabi buta aja trus jadi orang yang punya otak tapi ngga rasional, ngga logis. Banyakkah orang yang kaya gitu? Banyaaaaak… banget laaaah, hehehe…

Jadi ya, saya ikut sebuah grup FB yang fokus tentang orang padang atau pun orang minang. Ada yang lebih fokus tentang wisatanya, ada juga yang lebih fokus tentang adat dan budayanya dan lain sebagainya. Di grup tersebut saya hanya anggota pasif banget, malah sering ngga liat dan ngga baca juga, hahaha. Jadi buat apa ikut coba? Wkwkwkw… J

Pernah ada orang yang memosting tentang jembatan gantung yang bagus yang terdapat di Bukittinggi. Di FB tersebut jembatan tersebut tampak luar biasa. Namanya Jembatan Gantung Guguk Tinggi Guguak Randah yang menghubungkan Nagri Guguk Tinggi dan Nagari Guguk Randah. Apalagi gambar yang difoto dari atas dengan menggunakan drone, keren banget jadinya.

Maka komen yang masuk tentang jembatan tersebut buanyaaaak banget. Ada memuji bagusnya jembatan tersebut, ada yang diikuti kalimat tasbih ‘macam subhanallah, masya allah’, ada  yang menanyakan dimana lokasi jembatan tersebut. Mereka sangat tertarik mau ke sana. Dan ada juga orang-orang seputaran daerah sana yang berkomentar betapa bangganya mereka punya jembatan yang keren seperti itu.

Tapiii, entah kenapa, saya merasa di antara gambar-gambar jembatan Guguk Tinggi Guguk Randah tersebut ada beberapa buah gambar jembatan yang terlihat berbeda. Saya melihat ada beberapa gambar atau foto jembatan yang bukan jembatan Guguk Tinggi Guguk Randah. Jadi ada foto dua jembatan yang berbeda satu sama lainnya, yang diaku sebagai jembatan Guguk Tinggi Guguk Randah.

Dan saya yakin foto-foto jembatan gantuang Guguak Tinggi dan Guguak Randah tersebut ada gambar jembatan gantung di Situ Gunung yang ada di Sukabumi Jawa Barat. Meskipun saya belum jadi-jadi jalanke Situ Gunung, tapi saya cukup familiar dengan foto-fotonya. Dan saya juga percaya bahwa orang yang berkata bahwa itu adalah foto Jembatan Guguk Tinggi Guguak Randah, pasti juga mereka belum pernah melihat jembatan yang dimaksud, hehehe.

Jembatan gantung di sana yang melintas di antara dua bukit memang panjang itu terlihat jauh lebih panjang daripada gambar-gambar jembatan Guguk Tinggi Guguk Randah. Dan suasana di sekeliling jembatan ada yang terlihat hutan banget, ada yang nggak. Itu saja sudah membuat kita berpikir pasti itu bukan gambar jembatan Guguk Tinggi Guguk Randah.

Ketika saya ketika jalan-jalan ke Koto Gadang berdua teman saya naik motor, sekalian saja saya jalan ke Jembatan Gantung Guguak Randah Guguak Tinggi ini. Dan saya akhirnya yakin dan membuktikan bahwa bahwa foto Jembatan Gantung Gugak tinggi Guguak Randah yang saya liat di FB wisata minang itu adalah foto jembatan gantung di Situ Gunung, Sukabumi.

Saya sampe heran dengan orang yang memosting tersebut. Entah emang dia ngga tau dengan lokasi asli tersebut, hanya asal mikir itu adalah jembatan di kampungnya tanpa melakukan cek n recek lalu posting. Atau memang dia berniat pansos yang dengan sengaja memasang poto yang mirip dan diaku sebagai foto di daerahnya, wallahu ‘alam ya.

Jembatan Gantung Guguak Randah Guguak Tinggi

Entah apa tujuan orang yang sengaja mosting tersebut, padahal ia tau ia mencampur gambar dua jembatan yang berbeda. Mungkin saja tujuannya untuk kebahagiaan sendiri mendapatkan postingannya di-like dan dikomen buanyaak orang atau dishare ratusan akun. Atau juga sekadar mencari sensasi lalu tertawa melihat ketidaktahuan banyak orang.

Sekarang coba kita lihat gambar pertama dengan gambar lainnya. Terlihat jauh beda kan? Gambar yang pertama itulah yang kemudian dipajang sebagai Jembatan Gantung Guguak Randah Guguak Tinggi. Ngga gabar iuajasih, gambar jembatan asli juga banyak tapi karena sudah bercapur baur, orang sudah ngga memperhatikan lagi bedanya. Dan orang-orang yang ngga tau, mah kagum-kagum aja, hehehe.

Jadi ya, alangkah baiknya kita bijak bermedsos. Kan ngga semua orang yang ngga paham dengan dengan tempat yang di-share. Masih banyak juga yang paham dengan tempat atau lokasi yang di-share. Kan bakal memalukan banget jika kita ketauan menyebar fotoyang salah tapi kita ngga tau kita salah atau berpura-pura kita ngga tau dan ngga salah, hehehe.

Jalan menuju Jembatan Gantung Guguak Randah Guguak Tinggi

 

One comment

  1. Yup, betul foto diatas adalah jembatan di Situ Gunung yang ada di Sukabumi. Foto yang ada fb wisata minang sungguh menyesatkan. Sangat disayangkan. Kalau tahu kebenarannya orang akan mencibir.

    Ambo alah manulis baliak di blog setelah ‘maaram” duo tahun labiah. Kunjungi blog ambo yo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s