Penang Sentral, Terminal Terintegrasi di Butterworth, Penang, Malaysia

Tiketing di Penang Sentral untuk seluruh armada dengan tujuan berbagai kota

Salah satu keunggulan transportasi di Malaysia adalah terminalnya yang keren-keren. Terminal-terminalnya tidak hanya bagus secara fisik tetapi juga bagus dalam pelayanan terhadap penumpang. Dan yang lebih utama adalah beberapa terminal tersebut dibangun terintegrasi untuk pelayanan beberapa moda transportasi.

Contohnya, terminal Kuala Lumpur Sentral, merupakan stasiun Kereta Tanah Melayu Komuter, kereta antar wilayah Malaysia. Juga merupakan stasiun untuk LRT, kereta bandara KLIA – Kuala Lumpur (KLIA Ekspress dan KLIA Transit) dan juga terminal bus bandara KLIA – Kuala Lumpur, dan juga Rapid KL. Serta terminal bus tujuan Genting Highland. Ditambah lagi dengan mall besar NU yang menyatu dengan terminal.

Terminal terintegrasi atau Terminal Bersepadu Selatan (TBS) juga sama. Terminal ini melayani bus antar kota antar provinsi, rapid KL, LRT. Serta juga kereta bandara KLIA Transit dan kereta KTM Komuter. Pelayanan publik untuk penumpang di sini juga sangat bagus.

Demikian juga di Terminal Penang Sentral, melayani beberapa moda transportasi. Selain terminal antar wilayah, di sini juga menjadi stasiun Kereta Tanah Melayu tujuan Kuala Lumpur, Johor dan juga Singapura serta perbatasan Thailand dan Malaysia. Dan tak lupa juga menjadi pelabuhan kapal ferry yang menghubungkan Butterwort yang berada di daratan utama Malaysia dengan Pulang Penang.

Seperti halnya Terminal Bersepadu Selatan (TBS) yang mempunyai sistem tiketing ala bandara, Sentral Penang juga sama. Untuk memperoleh tiket tujuan kemana saja, hanya bisa dibeli di tiketing Pinang Sentral atau beli online. Semua loket menyediakan semua jurusan dan semua armada bus yang masuk dan keluar Penang Sentral.

Area kedatangan dan keberangkatan berada di area yang berbeda. Hanya penumpang yang memegang tiket yang bisa masuk area keberangkatan. Jadi kalau kita diantar teman atau keluarga, maka mereka hanya bisa mengantarkan sampai si depan eskalator yang menuju area keberangkatan saja. Karena eskalator yang menuju turun dijaga oleh petugas yang memeriksa tiket penumpang.

Brangkatnya teng, penumpang bus isinya cuma 5 orang sama bayi, jalan tanpa menunggu penuh.

Bahkan untuk penumpang yang sudah mempunyai tiket pun tidak bisa masuk sembarangan waktu saja. Mentang-mentang punya tiket lalu masuk saja satu jam sebelum jadwal keberangkatan, tidak bisa Fernando. Petugas jaga hanya mengizinkan penumpang masuk setengah jam sebelum waktu keberangkatan. Kalau sudah diizinkan masuk baru boleh masuk area kenaikan penumpang.

Dan satu hal yang luar biasa keren di Penang Sentral adalah jam keberangkatan bus sangat on time. Jadwal keberangkatan bus jam 5, maka jam 5 bus bus pun berangkat. Meskipun jumlah penumpang hanya 5 orang di bus tersebut. Beda jauh dengan ke-on time-an bus-bus antar kota di Indonesia. Kereeen banget kan? Saya benar-benar membayangkan kalau di Indonesia bisa se-on time itu.

Di Penang Sentral juga merupakan pelabuhan penyeberangan kapal ferry ke Pulau Penang. Dari Kuala Lumpur atau dari mana pun tujuan Butterworth dan turun di Penang Sentral, tinggal jalan ke pelabuhan penyeberangan ke Pulau Penang. Tapi yang harus dipastikan dan harus tau adalah jadwal kapal ferri tujuan Pulau Penang. Jangan sampai tiba di Penang Sentral, tapi sudah tidak pelayanan kapal ferri.

Terminal Bersepadu Selatan

 

Soal berapa ongkos kapal ferri-nya berapa saya tidak tahu. Dari Penang Sentral menuju Pulau Pinang lama perjalanan kira-kira 15 menit. Saya sudah mencoba naik kapal dari Pulau Penang ke Penang Sentral tapi belum mencoba menyeberang dari Butterworth ke Pulau Penang.

Akan tetapi, kalau sekiranya tiba di Penang bakal tengah malam, sebaiknya turun di terminal Sungai Nibong. Karena kalau turun di Sungai Nibong dan bus sudah tidak tersedia, dan pilihan transportasi adalah naik taksi, ongkosnya kira-kira 25 RM. Itu pengalaman saya yang tiba di Penang yang bayar taksi 25 RM. Tapi kalau belum terlalu malam atau belumdinihari, mungkin bisa 20 RM.

Bagi  yang mau ke Kuala Lumpur atau ke Johor, naik kereta api juga bisa di Penang Sentral. Tapi saya belum pernah nyoba, jadi saya tidak punya pengalaman apapun juga. Tinggal tanya saja di sana. Malu bertanya sesat di jalan, malu bertanya, ya mutar-mutar bae, hehehe.

Tiketing Terminal Bersepadu Selatan (TBS) Kuala Lumpur
Terminal Bersepadu Selatan

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s