Nasi Kandar Restoran Kassim Mustafa Lebuh Chulia George Town Penang

Restoran Kassim Mustafa

Duluuu, ketika saya belom pernah mencoba nasi kandar, saya cukup penasaran pengen nyoba kaya apa rasanya nasi kandar tersebut. Karena ‘katanya’ traveler yang ke Malaysia atau baru ke Malaysia, wajib banget mencoba makanan ini. Okelah kalau begitu. Saya pun ‘nak cuba’ makan nasi kandar biar rasa penasaran saya tuntas, tas-tas, hahaha.

Akhirnya, ketika saya sedang jalan di Penang, dan kelaparan pas makan siang, kami mencari rumah makan di seputaran penginapan Cocoa Mews. Sebenarnya Restoran Rose Mutiara lebih dekat, paling hanya 20 meter aja, tapi di situ kayanya ngga ada nasi kandar. Adanya makanan yang dibuat atau dimasak langsung kaya nasi goreng, mi goreng, mihun atau pun bihun. Makanya kami coba cari restoran lain yang menyediakan nasi kandar.

Tepat di seberang Restoran Rose Mutara ini terdapat juga restoran yang cukup ramai. Penampakannya sangat jelas dengan warna merah marun dan font yang sangat besar yang mengintimidasi, hehehe. Sepertinya menu yang ada adalah menu-menu berat dari timur tengah dan India, macam nasi tanduri dan nasi briyani. Sok atuhlah kita coba makan di sana.

Kami masuk ke restoran tersebut. Begitu duduk, dan lihat-lihat daftar menu, kami pesan makanan nasi briyani tersebut. Agak mahal dibanding nasi goreng dan sejenisnya, tapingga apa-apalahh. Sesekali cobain nasi briyani di Malaysiakaya apa rasanya. Kami pesan dong, eh tapi kok ngga ada kata mereka. Beberapa jenis makanan yang kami pesan pun tidak ada. Akhirnya kami keluar dari sana tanpa makan dulu, hahaha.

Kami melihat sekitar 100m dari sana (atau malah kurang) ada lagi restoran. Nama restorannya Kassim Mustafa yang menyajikan nasi kandar penang. Ya udahlah, ke situ aja, kami juga pengen nyoba kaya apa sih rasanya nasi kandar. Kami berjalan ke sana. Harus, soalnya udah lapar. Makan sangat diperlukan demii kelangsungan pikiran yang jernih dan ketenang jiwa serta perut ketika jalan, hahaha.

Setibanya di sana, kami ditanya nak makan nasi apa. Kami jawab pesan nasi kandar pakai ayam. Adik dan sahabatku langsung duduk aja di kursi. Kalau saya mah pengen liat ke periuk atau pancinya yang gede kaya apa sih isinya. Eh taunya mah ya, ternyata kaya gulai ayam gitu aja, hahaha. Saya kira lauk ayam nasi kandar kaya apa ternyata gulai ayam je, hehehe.

Penampakan Nasi Kandar kaya gini ternyata

Setelah terhidang pun saya makin melongo. Ekspektasi saya terlalu tinggi terhadap nasi kandar rupanya. Ternyata nasi kandar penampakannya kaya nasi ramas biasa. Ada gukai ayam plus satu sayuran saja, ngga lebih. Sayuran kol yang dicampur wortel. Hanya itu aja. Bahkan sambel pun ngga dikasih. Soal bagaimana rasanya, bagi saya biasa aja, yang penting ayamnya lumayan gede perut kenyang, itu aja mah saya hehehe.

Oalaaaah, masih jauh nasi padang kemana-mana sih. Penampakan nasi padang aja udah bikin perut makin lapar. Apalagi nasi padang selain sayuran juga ada sambel nya. Laaah ini nasi plus gulai ayam dan sayuran aja, hehehe. Emang sih ya, saya ngga pernah searcing tentang nasi kandar walau saya beberapa kali baca-baca komen orang enaknya nasi kandar. Dan setelah saya pulang dari Malaysia saya searchig tentang nasi kandar. Dan ternyata benar bahwa nasi kandar emang kaya nasi ramas aja sih

Dan setelah saya pulang dari Malaysia saya searchig tentang nasi kandar. Dan ternyata benar bahwa nasi kandar emang kaya nasi ramas aja sih, hehehe. Oiya, saya lupaberapa harganya. Kalau ngga salah 8 atau 9 RM sih. Pokoknya ngga lebih dari 20 RM untuk dua porsi plus air teh hangat, alias teh o hangat. Mahal bangat sih untuk nasi plus sepotong ayam, tapi ngga apa-apalah, kan setelahnya itu ngga penasaran lagi tentang nasi kandar,hahaha.

Kami ngga jadi makan di sini, ngga ada mulu enu yang diminta

    

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s