Sahabat dan Persahabatan Semasa SMP

Sewaktu aku kelas 1 SMP, bisa dibilang aku ngga punya sahabat dekat. Aku jadi sangat berbeda dengan di SD yang mempunyai banyak kenangan masa kecil. Di SMP kelas satu aku cendrung menyepi dari pergaulan. Aku hanya menjadi pemerhati yang berada di luar garis, hehehe.

Aku pendiam jadi tidak ada yang benar-benar akrab. Semuanya sama saja bagiku. Sama Efira yang paling pintar aku cukup dekat karena banyak teman yang kurang suka dengan idealismenya : ngga boleh dicontek pr-nya, apalagi pas ujian, makin ngga boleh. Kalau aku tipenya longgar, aku ngga masalah kasih aja pr-ku sama teman-teman. Atau kalau aku lagi malas bikin PR, nyontek juga.

Continue reading

Cara Membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Untuk Warga Negara Asing (WNA)

Yuk, mari kita lanjutkan pembahasan pembuatan KTP bagi warga negara asing yang tinggal di Indonesia. Kemaren saya kan baru bikin tentang cara pembuatan formulir F.OS.19 yang dikeluarkan Kantor Wolayah Pendudukan dan Catatan Sipil. Formulir F.OS 19 ini merupakan salah satu syarat untuk pembuatan KTP di Indonesia.

Orang asing di Indonesia diperbolehkan memiliki KTP Indonesia. Syaratnya adalah si orang asing tersebut sudah mempunyai kartu izin tinggal tetap atau KITAP.

Continue reading

Pengen Belajar Curhat, Bisa Ngga Sih, hehehe

pixabay

Judul di atas terlihat aneh kan ya. Curhat kok belajar, hahaha. Tapi iya sih. Saya termasuk tipe orang susah untuk curhat. Apalagi kalau curhatnya adalah masalah yang terlalu pribadi banget bagi saya, makin susaah. Kalau masalahnya sekadar masalah-masalah biasa yang ngga penting sih, yang terlalu umum kedengarannya, sekadar cerita santai ngga masalah cerita-cerita, hehehe…

Jadi, saya ingin belajar curhaaat, hahaha. Saya ingin mencoba belajar bercerita pada orang lain. Saya ingin katakanlah berkeluh kesah juga, mengeluarkan isi kepala saya, mengeluarkan uneg-uneg saya. Walaupun saya ngga tau bagaimana cara memulai untuk curhat sama orang lain…jiaaah.

Continue reading

Padang Mangateh Payokumbuah, Limopuluh Kota

Nama peternakan Padang Mangateh sontak menjadi terkenal ketika Presiden Jokowi berkunjung ke sana. Katanya pemandangan padang rumput di sana sangat indah. Indahnya seperti di Selandia Baru, katanya. Sebuah perumpamaan yang bikin tersenyum aja nih. Masa iya segitu indahnya tapi tidak terdengar selama ini?

Walaupun perumpamaan keindahan Peternakan Padang Mangateh seperti pemandangan di Selandia Baru membuat saya tersenyum karena merasa kocak, tetap saja bikin saya dan teman penasaran pengen main ke sana. Saya dan sahabat saya akhirnya pergi raun-raun paniang ke peternakan Padang Mangateh.

Continue reading

Cara Membuat Formulir F.OS. 19, Untuk Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Bagi Warga Negara Asing (WNA)

Kartu tanda penduduk atau KTP adalah salah satu identitas diri resmi yang wajib dimiliki bagi setiap warga negara. Tidak hanya bagi warga negara Indonesia, KTP juga bisa dimiliki oleh warga negara asing atau WNA. Syaratnya WNA tersebut menikah dengan orang Indonesia dan sudah mempunyai KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap).

Kebetulan selama 2 bulan ini saya diminta tolong sahabat saya untuk mengurus admistrasi kependudukan dan urusan keimigrasian suaminya yang WNA. Jadilah saya mengetahui cara mengurus KTP, Surat Keterangan Domisili buat WNA, SKCK untuk WNA dan beberapa hal lainnya untuk warga negara asing.

Continue reading

Sisi Lain Wajah Wisata Sumatera Barat : Sampah-Sampah Yang Berserakan di Pusat Wisata

Judul postingan saya di atas mungkin ‘terdengar’ sangat hiperbolik, sangat berlebihan. Tapi setelah saya renungkan lagi, saya pikir itu bukan sesuatu yang hiperbola. Judul di atas adalah kenyataan yang terjadi si banyak daerah wisata di Sumatera Barat. Sangat miris memang. Dan sangat menyedihkan.

Akan banyak bukti-bukti nyata atas postingan ini. Paling tidak ini terjadi sampai lebaran tahun 2015 yang lalu, yang saya liat dan saksikan dengan mata kepala sendiri. Jadi kalau sekarang sudah ngga ada lagi, alhamdulillah. Bahwa pelaku wisata di sana sudah sadar wisata.

Continue reading

(Bukan) Tips Hidup Hemat Ala Saya

Minggu ini, kembali saya mendapat tugas menulis blog dari grup 3 sisterhood Blogger Muslimah. Tema yang kami usung adalah Tips-tips hidup hemat. Boleh tips hidup hemat ala anak kos di akhir bulan, tips hidup hemat ibu rumah tangga ataubtips hidup hemat ala anak rantau. Terserah aja. Yang penting tip hidup hemat.

Tips hidup hemat? Tips dari saya? Weew, amazing! Tidak salah nih? Saya tidak yakin bisa membuat tips-tips hidup hemat ini dengan baik, karena saya bukanlah orang yang bisa hidup hemat. Saya sangat boros….hahaha.

Continue reading

Ngebolang ke Peternakan Padang Mangateh, Payakumbuah Pakai Motor

Di Payakumbuh, (tepatnya Kabupaten 50 Koto sih) ada tempat wisata yang mendadak naik daun. Namanya Peternakan Padang Mangateh. Peternakan Padang Mangateh ini mendadak terkenal sejak dikunjungi Presiden Jokowi memjelang akhir tahun 2015. Saat hendak meninjau bencana kabut asap di Riau.

Konon katanya, peternakan ini mempunyai pemandangan yang ngga kalah indah sama Selandia baru sana. Haaa? Masa iya siih? Jangan over gitu dong ah…hehehe. Tapi saya dan teman saya penasaran pengen jalan ke sana. Kaya apa sih pemandangan Peternakan padang Mangateh tersebut.

Continue reading

Bagaimana Cara Produktif Menulis Blog

Rasanya belakangan ini, tepatnya selama 6 bulan lebih semangat menulis saya menulis (di blog) sangat anjlok. Bahkan ada selama dua bulan tidak ada postingan baru saya sama sekali di blog. Kalaupun ada sukasaya selap selip sana sini aja.Semua itu karena saya malas luar biasa menulis, hehehe.

Jadi saya sangat salut sama teman-teman yang tetap istiqamah menulis di blog-nya. Bahkan ada teman-teman blogger yang sampai tiap hari buat posting baru. Jadi pantas aja blog yang rajin apdet selalu dikunjungi teman-teman, baik ikut meninggalkan jejak di kolom komentar ataupun hanya sebagai silent reader.

Continue reading

Sahabat dan Lingkaran Persahabatanku dari Masa ke Masa

Well… Saya kembali dapat tugas menulis dari sisterhood Blogger Muslimah. Kali ini giliran saya yang menentukan tema, meskipun pada dasarnya kami berempat juga yang menentukan temanya, hehehe… Tema yang akan kami buat adalah tentang persahabatan. Terserah mau menulis apa, yang penting tentang persahabatan.

Dalam berteman bisa dibilang saya bukanlah orang yang luwes dalam pergaulan. Karena saya ini kan orang introvert akut. Jadi saya sangat susah dalam pergaulan di mana saja. Saya terlalu pendiam sehingga seringkali saya seperti ada dan tiada di mata orang-orang sekitar. Sedih banget kan yaaa… *nangis ala nobita, air mata muncrat ke samping.

Continue reading

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, Bukittinggi, Sumatera Barat

Siapa yang tidak kenal dengan Bung Hatta? Ya, Bung Hatta adalah nama populer dari Muhammad Hatta. Saya rasa semua masyarakat Indonesia (kecuali bocah yang belum sekolah) kenal dengan Bung Hatta atau Muhammad Hatta. Bung Hatta, bersama Seokarno adalah salah proklamator kemerdekaan Indonesia setelah berjuang selama bertahun-tahun melawan penjajahan Belanda.

Dalam perjuangan meraih kemerdekaan negara Indonesia, Bung Hatta (dan juga Seokarno dan Sutan syahrir) sering dihukum penjara atau hukum dibuang oleh penjajah Belanda ke berbagai pulau di Indonesia. Bung Hatta pernah diasingkan pemerintah kolonial Belanda ke Boven Digul, papua. Juga ke Pulau Banda Neira, Maluku. Meskipun dihukum dan dibuang ke daerah-daerah yang jauh, semangat dan perjuangan Bung Hatta untuk memerdekakan Indonesia dari penjajahan tidak pernah padam.

Continue reading

Drama Muscab FLP Jakarta 2017

Oiya, saya jadi ingat mau cerita soal drama saat muscab FLP Jakarta 2017 yang kemaren kan ya. Tapi bisa dibilang dari panitia sendiri ngga ada drama, karena drama itu datang dari luar panitia, hehehe. Sebenarnya itu masalah ngga besar-besar amat sih. Tapi kalau dibesar-besarkan akan fatal juga akibatnya. Muscab dianggap tidak sah dan terancam diulang? Whaaat?? Masa sih? Iyaaa. Dianggap tidak sah dan terancam diulang.

Apa pasalnya?

Continue reading

Arisan Menulis : 15 Pertanyaan Yang Harus Dijawab

Beberapa waktu yang lalu saya diajak temen gabung di WA grup komunitas Blogger Muslimah. Saya oke aja. Dan ternyata gabung di sana emang asyik banget. Heboh-hebohan yang membuat saya jadi heran sama diri sendiri. Saya tiba-tiba bisa aktif di sebuah grup, padahal anggota yang saya kenal langsung hanya 4 orang. Selebihnya kenal di WA. Tapi chatting sama anggota lain kaya udah kenal lama aja.

Nah kemudian anggota punya tugas bikin postingan yang dibagi per grup. Satu grup isinya 4 orang, yaitu Mba Ira Hamid, Mba Fika dan Mba Annisa. Kami berempat sepakat membuat postingan dengan menjawab 15 pertanyaan di blog masing-masing. Sekalian alasannya, hahaha.

Continue reading

Muscab FLP Jakarta 2017 : Pemilihan Ketua Baru FLP Jakarta Periode 2017 – 2019

Saya agak telat tiba di sekretariat FLP Jakarta Raya di Kampung Rambutan. Ini gegaranya ketika saya bangun (tidur lagi abis shalat subuh booo…), saya liat di hape saya jam 7 kurang. Setelah selesai mandi, saya nyalain hape yang ada whatsapp-nya, ternyata jam di hape tersebut sudah menunjukkan pukul 8. Haaaa?? Beda se jam? Kok bisa? Gegaranya kalau hape kecil mati, saya ngga langsung cas, maka jam yang tertera akan berkurang selama hape mati, hehehe.

Continue reading

Road to Muscab FLP Jakarta 2017 di Sekretariat FLP Jakarta Raya, Kampung Rambutan

Pada hari Ahad 12 Maret 2017, FLP Jakarta, salah satu cabang Forum Lingkar Pena yang didirikan oleh Mba Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia dan Maimoon Herawati mengadakan Muscab atau Musyawarah Cabang (keren ya istilahnya… 🙂 Muscab ini diakakan untuk pemilihan Ketua FLP Jakarta yang baru. Muscab FLP Jakarta ini diadakan di Sekretariat Wilayah Jakarta Raya di jalan Mastrib Kampung Rambutan.

Continue reading