Danau Talang, Danau Mungil di Pinggang Gunung Talang

Solok merupakan daerah di Sumatera Barat yang dikarunia Allah dengan alam yang indah. Salah satu keindahan yang dimiliki oleh Solok adalah adanya empat danau di wilayah ini. Danau terbesar adalah Danau Singkarak yang berada di dua wilayah kabupaten, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Tiga danau lainnya lagi adalah Danau Kembar (Danau Diateh dan Danau Dibawah) serta Danau Talang.

Danau Dibawah adalah ‘saudara kembar’ Danau Diateh. Alasan disebut Danau Kembar adalah karena lokasi kedua danau ini berdekatan. Selain lokasi yang berdekatan, ukuran luas kedua danau juga tidak terlalu berbeda. Kedua danau ini dipisahkan oleh perbukitan yang tidak terlalu tinggi. Sehingga kita bisa melihat pemandangan kedua danau di tempat yang disebut sebagai Taman Panorama Danau Kembar.

Satu lagi danau yang berada di kaki Gunung Talang adalah Danau Talang. Lokasi Danau Talang ini berada begitu jauh dengan Danau Diateh dan Danau Dibawah alias Danau Kembar. Dengan Danau Dibawah, jarak Danau Talang kalau ditarik lurus, paling jauh mungkin hanya sekitar 1,5 km saja. Hanya jalannya saja yang agak memutar, jadi berjarak tempuh kira-kira 2 – 3 km.

Danau Talang berada di Nagari Kampuang Batu dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok. Danau ini berada di kaki Gunung Talang, yang letaknya lebih tinggi dari Danau Kembar. Dan di jalan yang menuju Danau Talang kita akan melihat hamparan ladang bawang yang indah berlatarkan pemandangan Danau Di bawah yang sangat indah.

Keindahan Danau Dibawah dari jalan yang menuju Danau Talang ini, jauuuuh melebihi keindahan pemandangan Danau Maninjau dari arah Puncak Lawang, Taman Basa XIII ataupun Ambun Tanai di Daerah Matur. Sungguh beruntung penduduk di sana mempunyai kampung yang sangat indah dan juga tanah pertanian yang subur makmur dengan hamparan ladang bawang yang bak permadani raksasa.

Selama tahun 2020 saya sudah empat kali ‘main’ ke Danau Talang ini. Pertama bersama sahabat SMA saya pakai motor. Kami main ke rumah teman yang berada di dekat Danau Dibawah. Kedua bersama kakak angkat saya, juga pakai motor. Kami mutar-mutar ke kebun teh, lanjut ke Mesjid Ummi di pinggir Danau Diateh. Lalu lanjut ke Danau Talang, dan pulang lewat Bukit Sileh.

Perjalanan ke Danau Talang yang ketiga bersama sahabat saya. Tujuan utama kami memang hanya ke Danau Talang saja, jadikami berangkat dari Solok pukul setengah dua. Dan tiba di rumah sebelum magrib. Setahun tiga kali cooy, ngga bosan apa? Ya ngga lah, kan perginya bersama sahabat-sahabat yang beda orang, hehehe.

Tapi menurut saya, pemandangan Danau Talang kalah indah dibanding Danau Dibawah. Kalah jauh malah menurut saya. Hanya saja perjalanan menuju ke sana emang cakep karena di kiri kanan jalan merupakan ladang bawang ladang yang cakep plus karena berlatarkan pemandangan Danau Dibawah yang bak kaca raksasa membentang di bawah sana.

Tapi kadang kala ada suasana Danau Talang yang oke banget. Saya pernah liat ladang bawang di dekat Danau Talang yang diselimuti kabut gunung.  Aduh, keren banget. Sebagai penyuka kabut pagi dan kabut gunung, saya suka banget suasananya. Indah dan eksotik, juga misterius. Rasanya seperti berada dalam pelukan ‘hangat.’ Aneh ya saya, berada dalamkabut gunung berasa dalam pelukan hangat, hahahaha. Mirip dengan suasana sehabis hujan deras dan lama yang cuacanya dingin, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Untuk yang mau ke Danau Talang sih gampang. Ada alternatif jalan raya yang bisa dilewati selain jalan raya utama. Yaitu.

Dari Padang.
  1. Dari Padang, ambil saja jalan lintas Padang – Solok, sampai Lubuk Lasih.
  2. Di Lubuk Selasih belok kanan ke arah Alahan Panjang, Muaro Labuh (Solok Selatan) dan Kerinci.
  3. Lalu di Simpang Tanjuang Nan IV belok kiri ke arah SMA 1 Danau Kembar dan Polsek Danau Kembar yang merupakan jalan menuju Danau Dibawah, Taman Panorama Danau Kembar dan juga jalan menuju Kota Solok.
  4. Setelah SMA 1 Danau Kembar,menjelang Taman Panorama Danau Kembar, ada pertigaan jalan menuju Kantor Polsek Danau Kembar.
  5. Ikutin terus jalan yang menuju polsek tersebut karenajalan tersebut merupakan jalan menuju Danau Talang. Ikutin terus sampai ujung, insya allah pasti ketemu Danau Talang.
Dari Solok
  • Ambil jalan raya Solok – Muaro Paneh – Koto Anau Bukik Sileh.
  • Nanti ketemu Nagari Kampuang Batu Dalam, ketemu Danau Dibawah di sebelah kiri jalan, nanti ada pertigaan ke kanan di dekat toko pupuk (kalau ngga salah).
  • Masuk ke pertigaan dikanan tersebut, terus lurus aja, ngga usah belok-belok, ntar akan ketemu sendiri Danau Talang.

Sangat gampang bukan?

Jadi buat Anda yang mau jalan ke Danau Talang, selamat jaan-jalan ya.

Tapi,menurut saya, Danau Talang sudah terlalu jauh berubah. Tidak alami lagi dan tidak hijau lagi. Duluu banget ketika sekolah kami pernah hiking dari Ayia Batumbuak kalautidak salah.

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s