Arisan Menulis : 15 Pertanyaan Yang Harus Dijawab

Farmhouse Lembang

Beberapa waktu yang lalu saya diajak temen gabung di WA grup komunitas Blogger Muslimah. Saya oke aja. Dan ternyata gabung di sana emang asyik banget. Heboh-hebohan yang membuat saya jadi heran sama diri sendiri. Saya tiba-tiba bisa aktif di sebuah grup, padahal anggota yang saya kenal langsung hanya 4 orang. Selebihnya kenal di WA. Tapi chatting sama anggota lain kaya udah kenal lama aja.

Nah kemudian anggota punya tugas bikin postingan yang dibagi per grup. Satu grup isinya 4 orang, yaitu Mba Ira Hamid, Mba Fika dan Mba Annisa. Kami berempat sepakat membuat postingan dengan menjawab 15 pertanyaan di blog masing-masing. Sekalian alasannya, hahaha.

1. Apa makanan favoritmu?

Soal makanan saya penyuka ikan, apalagi ikan asin. Hmmm enak banget dah. Dari semua ikan yang paling saya suka saya adalah ikan bilih dan rinuk, makanan khas Danau Singkarak. Jadi selain pemandangannya, danau Singkarak juga punya sumber hayati yang enak dan bergizi tinggi. Weeenaknya peke banget, apalagi yang bikin nyokap, hahaha.

Saya bukanlah penyuka daging dan ayam. Sudah lebih 10 tahun saya hampir ngga makan daging. Daging yang saya suka cuma dalam bentuk dendeng kering. Sesekali saya masih makan ayam, kalau kepengeeeeen banget aja. Itupun kalau ayam gulai buatan nyokap.

Tapi secara umum makanan favorit saya adalah makanan berkuah. Seperti soto, sup, soto mie, tekwan, bakso (tapi kalau lagi di solok aja, hahaha), lontong padang, sayur bayam buatan nyokap (hampir ngga pernah suka sayur bayam warteg selama di Jakarta, hahaha), young tofu Singapura, sayur asem, dll.

Kalau udah ketemu makanan berkuah bagi saya itu udah enaaak.banget sederhana kan kesukaan saya. Saya juga suka makanan kampung yang bahannya tahu dan terong. Dan dibuat menjadi tahu terong balado. Itu luar biasa enak, saya makannya bakal kaya kuli bangunan yang udah ngga makan seminggu.

Tapi yang pastinya sampai sekarang makanan favorit saya tetap masakan nyokap, karena makanan nyokap dan nenek adalah makanan paling enak sedunia apapun itu hehehe.

2. Apa yang membuat mood-mu jadi hilang mendadak?

Yang bikin mood saya langsung ngedrop sampai ke titik beku adalah : kalau lagi sedang makan terdengar bunyi mulut ngecap, liat orang ngorek-ngorek gigi yang keselip makanan tanpa ditutup pake tangan, sama suara hidung mendengus. Ituuuu, rasanya piring makanan saya bakal melayang ke orang yang menjadi sumber bunyi-bunyian tersebut, hahaha. (dulu ada postingannya tapi ngga ketemu 😛

Saya pernah loh negor bule yang ‘brisik’ bangat pas makan. Dia mendengus berkali-berkali dengan entengnya. Langsung saja saya samperin itu bule, dan bilangin bunyi-bunyiannya sangat mengganggu dan tidak sopan… 😛

3. Kamu ebih suka mana, gunung atau pantai?

Saya dari dulu penyuka gunung. Sukaaaa banget sama kampung atau pedesaan yang berada di pegunungan. Dan kebetulan kakek saya juga punya ladang kopi di perbukitan, maka sejak kecil saya sudah suka pegunungan. Suasana pengunungan bikin damai dan tentram. Dan saya jatuh cinta sama suasana desa pegunungan di Bromo.

Tapiii saya adalah orang yang sangat menyukai air. Sungai di pegunungan yang berbatu dan danau membuat saya betah berlama-lama berada di sana. Juga pada saat saya berada di atas kapal laut seperti (cuma) di kapal penyeberangan Merak – Bakauheni, Banyuawangi – Bali atau di atas kapal kecil untuk penyeberangan ke Gili Trawangan.

Artinya, saya juga suka laut juga… 😛

Gunung Singgalang dan Ngarai Sianok

4. Kalau harus pergi jalan dan memilih 2 pilihan : jalan-jalan gratis plus uang saku 3 juta untuk jelajah goa seharian, atau pergi ke Pulau Komodo tetapi bayar sendiri, mana yang kamu pilih?

Saya memilih pergi ke Pulau Komodo meski harus bayar sendiri. Karena saya memang pengan banget ke sana. Keinginan saya buat jelajah Pulau Komodo jadi terwujud kan? Jadinya menikmati secara langsung keindahan alam komodo yang selama ini hanya bisa diliat di blog-blog orang.

Saya bukan orang penyuka wisata goa, apalagi kalau harus menjelajah seharian. Dulu waktu ke Pantai Sawarna (di sini, di sini) saya pernah masuk gua-gua kecil dan saya ngga merasa nyaman di sana. Meskipun diiming-imingi duit 3 juta, tetap ngga mau. Karena, iming-iming duit yang 3 juta yang membuat saya berpikir, segimanakah jelajah goa tersebut? Hahaha. So, saya milih komodo walau biayanya muahaaal (kalau ada duitnya.. 🙂 .

5. Novel dan penulis favorit?

Kalau ngomongin novel favorit, banyak jawabanya. Novel-novel favorit saya sepanjang masa adalah novel-novel anak karya Enid Blyton. Lima Sekawan, Sekolah St. Claire, Mallory Towers, Si Badung, Pasukan Mau Tau, saya suka semuanya. Karya Enid Blyton ini benar-benar membuat saya terinspirasi ke ingin Inggris, hehehe.

Dan saya juga suka novel remaja Trio Detektif karangan Alfred Hitchok. Saya sangat menyukai novel-novel tersebut, petualan-teualangan mereka kereeen. Eh berarti emang saya suka yang detektif-detektifan ya… 🙂 Novel-novel yang baru yang saya suka adalah serial Harry Potter karya JK. Rowling. Semua bukunya saya baca bahkan ada yang 2 kali, hehehe.

Novel Indonesia yang suka adalah serial Laskar Pelangi. Tapi yang novel Maryamah Karpov belum saya baca. Saya juga suka novel karya Habiburrahman El Shirazi, walaupun kadang agak-agak aneh juga kalau tokohnya ngomongnya kaya one man show aja, tapi secara umum saya suka. Novel-novel Tere liye juga saya suka.

Naah novel dan penulis lama yang saya suka adalah novel-novel karya Mira W dan Marga T. Saya suka banget itu, hehehe.

Pusat Dokumentasi dan Informasi Buaya Minangkabau

6. Apa acara tivi yang paling disukai sewaktu kecil?

Apa ya acara tipi yang paling saya suka waktu kecil? Ooiya… Saya paling suka yang namanya serial-serial silat Hongkong kaya Ular Putih, si Yoko, Bo Bo Ho dan segala macamnya. Pokoknya saya dulu demen serial silat cina gitu dan juga India di TPI, hahaha. Belakangan drama korea dong yaaa, :p

7. Permainan apa yang paling kamu sukai sewaktu kecil?

Waaa…peemainan waktu kecil buanyaaak banget. Permainan-permainan masa kecil menjadi kenangan indah yang takkan terlupakan. Kalau di Jakarta namanya Gobak Sodor, di kampungku Garobak Toboh, hahaha. Trus juga permainan main kertas gambar yang di belakangnya ada rambu-rambu lalu lintas. Kertas gambarnya dikocok. Atau main lempar kertas gambar di teras. Kertas tersebut ditarok di dalam area kecil ukuran 10 x 10 cm, lantas dilempar pakai sendal. Seberapa banyak kertas gambar yang keluar kotak, itu jadi milik si pelempar.

8. Apa film atau jenis film favoritmu?

Film favorit saya adalah film Harry Potter, tetep doong yaa. Trus film James Bond, saya suka banget. Apa lagi ya, saya lupa. Oiya, saya juga suka film Dante’s Peak kalau ga salah judulnya. Saya suka karena.kotanya asyik di atas pegunungan, indah banget deh kayanya. Sederhana banget ya kesukaan saya hahahaha.

Tapi kalau jenis film yang saya suka film drama, romantic dan juga yang jenis agen-agen detektif, spionis kaya James Bond. Saya paling ngga suka film yang banyak berhamburan darah. Maleeesss… 🙂

Mesjid Asasi Padang Panjang

9. Apa pengalaman konyol yang pernah kamu alami sewaktu kamu sekolah?

Sewaktu sekolah dulu, pasti sekolah kita ngadain buka puasa bareng kan ya. sekolah saya juga. hanya saja saya dan geng saya mau bolos ga shalat magrib di mesjid depan sekolah. Kami sepakat loncat ke luar lewat jendela sekolah yang tinggi karena guru-guru udah mengawasi kami semua di halaman sekolah. Hanya saya, saya ketiban sial, lauk saya tumpah ke badan saya.

Itu masakan nyokap adalah Rinuk Danau Singkarak, makanan favorit saya. Saya yakin itu enak banget yang saya bayangkan saya bakal menikmatinya pas makan nantinya. Tapi hanya dapat icip-icip dikiiit doang. Sampe sekarang kok masih penasaran sama enaknya rinuk singkarak tersebut yaa…hahahaha.

10. Apa lagu favorit, jenis musik pavorit dan penyanyi favoritmu?

Soal musik dan lagu, saya agak parah. Saya termasuk kudet soal musik. Lagu lavorit saya adalah lagu 처음부터 지금까지 dan My Memory oleh Ryu, OST drama Korea Winter Sonata. Lagu 운명 full House juga sangat suka. Apalagi lagunya yayang Josh Groban, bikin sata klepek-klepkek, hehehe. Semua lagu-lagu pop Josh Groban saya suka.

Saya suka musik klasik dan instrumen. Dan di dalam playlist lagu saya yang terbanyak adalah lagu klasik dan instrument seperti Richard Clayderman dan Kitaro. Maher Zein dan Opic saya juga saya suka. Bisa dibilang itu-itu lagu yang sering saya putar di lepi saya.

11. Hal apa yang akan membuatmu kangen sekaligus bahagia saat bertemu dengan hal tersebut?

Apa ya…? Mungkin karena saya anak rantau di Jakarta, yang bikin saya kangen dan bahagia adalah pulang ke rumah. Ketemu keluarga khususnya keponakan-keponakan saya. serius, yang paling ngangenin pulang adalah ponakan-ponakan yang lucu… I love them so much… 🙂

Kill Me Heal Me

12. Pelajaran yang paling ingin kamu hindari saat di sekolah dulu?

Saya paling ngga suka pelajaran kimia sebenarnya. Kalau sekadar hitung stoikiometri suh ngga apa-apa. Tapi kalau sudah belajar tentang alkana alkena alkuna dan segala macam percabangan karbon dan hidrogennya, saya nyeraaaah.

13.  Siapa orang atau tokoh yang menginspirasi kamu? Dan apakah kamu ingin seperti dia?

Tokoh yang menginspirasi saya siapa ya? Kayanya ini pertanyaan saya skip aja jawabannya. Abis kalau saya jawab orangtua saya, setiap anak pas mengidolakan orangtuanya ya kan.

14. Apa impian kamu 5 tahun kedepan?

Impian utama saya dalam 5 tahun ke depan adalah bisa umrah bersama orang tua saya. Aamin ya Allah. Semoga Engkau menghijabah dan mewujudkannya ya Allah.

Sebenarnya saya juga pengen kuliah lagi. Saya ingin banget kuliah di Korea, jurusan bahasa korea atau sejarah korea. Semoga Allah mewujudkan impian saya ya… Aamiin.

Trus, saya juga jalan-jalan ke Inggris, negara impian saya buat dikunjungi. Aamiin ya Allah.

15. Apa quotes favorit kamu?
Apa ya… Ini pertanyaan susah buat saya. Tapi saya suka quote-quote berikut.

Dibalik kesulitan ada kemudahan.
Man Jadda wa jadda.
Seperti air mengalir

Huufff… Panjang amat postingan saya kali ini. Kalau dipecah dan dikembangkan sedikit bisa jadi postingan paling ngga 5 postingan ini, hehehe. Tapi ngga apa- saya sekarang dalam transisi untuk.mengembalikan semangat nge-blog lagi yang hampir padam selama 6 – 7 bulan.

Semangat nge-blog lagi ya Firsty… Jangan cuma setor postingan aja, tapi juga blog walking jugaaa…

Insya Allah amiin.

Advertisements

32 comments

  1. Coba jawab pertanyaan ini 😁:

    Saya heran siapa yang sempat-sempatnya bikin pertanyaan ini:

    1. Kalau Circle-K & 7 Eleven buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 12 bulan setahun, lalu kenapa di pintunya ada lobang kunci?
    Untuk apa?…🤔😬

    2. Katanya wajan teflon itu anti lengket. Lalu kenapa stiker merk bisa lengket di permukaan anti lengket itu?…🤔😬

    3. Jarum suntik disterilkan supaya tidak terjadi infeksi yang bisa bikin pasien mati. Lalu kenapa jarum untuk hukuman mati juga perlu di-steril dulu?…🤔

    4. Kalau olive oil berasal dari buah olive, avocado oil dari alpukat, corn oil dari jagung, lalu baby oil dari mana?…🤔

    5. Apa yang terjadi kalau ada orang kaget setengah mati, lalu mengalaminya dua kali?…🤔

    6. Jika kotak hitam (black box) di pesawat tidak bisa hancur, kenapa mereka nggak bikin seluruh pesawat dari bahan yang sama?…🤔

    7. Apabila sate ayam dari daging ayam, sate kambing dari daging kambing, sate kelinci dari daging kelinci, terus sate padang dari daging apa?…🤔😬

    8. Kalau semua pizza selalu dibuat bentuk bulat, kenapa bungkusnya berbentuk kotak?…🤔😬

    9. Kenapa orang yang jatuh cinta ngomongnya sambil berbisik aja sudah saling mengerti, tapi kalau orang lagi emosi sudah berteriak pun lawannya selalu bertanya lagi, “Apa kau bilang? Coba ulangi sekali lagi!!!..

    😂

  2. Hai mbak firsty …akhirnya beres juga ya tulisan nya yang super panjang gara2 15 pertanyaan ini hehehe. Akhirnya aku bisa tau ternyata mbak pecinta korea yaaa. hehehe. Ku doain semoga kesampaian harapannya 5 tahun kedepan yaaa

    • Hahaha… Berarti orangnya meloo yaaa…

      🙂

      Trio detektif asyiiik yaa… Aku mah ga pernah bosen bacanya… Sampe sekarang, hehehe

      Lagu Winter Sonata selalu di hati
      .. 🙂

  3. Winter Sonata itu drama korea favorit mama saya loh Mbaa, kan dulu pernah ditayangin di SCTV saat tengah malam dan itu mamaku nonton, ckckck 😀

    KIMIA memang sesuatu yaa, hihihi 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s