Terong Kentang Balado Mudo ~ Terong Kentang Balado Ijo

Terong balado nyokap

Terong balado nyokap

Belakangan ini, sebulanan ini deh, jarang banget ngeblog dah gue (paling setor tulisan aja, hehe). Rasanya kepala jadi mampet, ngga tau mau nulis apa. Eh tiba-tiba ingat nulis postingan masak aja…. Masakan paporit gueee…🙂 Terong baldo….🙂

Hayooo… Teman-teman, siapa yang suka terung balado? Kalau gue sukaaaa banget. Hmmm rasanya lezaat bangeeet. Apalagi kalau terung balado masakan nyokap (ya iya doong, hehehe). Eunaakk banget *bikin gue nyeceeess abis nih, hehehe.

Kapan tau gitu, adek gue ngirim foto samba taruang lado mudo di group WA gue bareng adek-adek gue. Asli itu gambar bikin gue nyeceeess ngebayangin lauk bikinan nyokap. Sampe-sampe berasa ileran deh hahaha…

Yuuukk kita bikin samba taruang kentang lado mudo yuuukk… Gampang banget kok buatnyaa…

Bahan dan bumbunya adalah :

  1. Terong.
  2. Kentang, kupas dan potong sesuai selera.
  3. Ikan teri atau ebi.
  4. Tahu atau Tempe atau boleh keduanya, tergantung selera sih.
  5. Jengkol atau pete.
  6. Rimbang (di Jakarta namanya lenca kalau ga salah ya..)
  7. Cabe ijo, digiling kasar.
  8. Tomat ijo, diiris kasar atau digiling kasar.
  9. Minyak goreng.
  10. Bawang merah, digiling kasar pada cabe ijo yang sudah digiling.
  11. Bawang putih, sesuai selera sih. Karena nyokap bokap ngga suka bawang putih, jadi ngga pake bawang putih.
  12. Garam, gula, atau peyedap bagi yang suka penyedap.
  13. Daun jeruk 2 lembar, (tergantung selera, kalau suka kasih, kalau nggak suka, ngga usah kasih).

Gimana cara bikinnya?

Cara bikinnya gampang banget kok. Nggak susah dan ngga pake ribet. Dan hasilnya wenaaak banget. Yuuuukk…🙂

  1. Goreng kentang yang sudah dipotong.
  2. Terung dipotong sesaat sebelum digoreng supaya bagian terong yang dipotong tidak menghitam. Atau bisa juga potongan langsung direndam sebentar ke dalam air garam sebentar supaya terong tidak berwarna hitam dan memberi rasa gurih pada terung yang sudah digoreng.
  3. Goreng jengkol sampe mateng. Tapi, kalo mau pake pete, petenya ngga usah digoreng, tapi masukan sesaat setelah cabe digoreng.
  4. Goreng ikan teri atau ebi sampe kering.
  5. Tumis/goreng cabe ijo, pete (kalau pake pete), rimbang/lenca dan tomat ijo sampe matang. Kalau udah matang, masukkan kentang goreng, terung, jengkol dan ikan teri.
  6. Aduk sebentar dan kemudian pindahkan ke piring atau ke wadah lain.

Daaaaannn…. Selamat mencoba…🙂

23 thoughts on “Terong Kentang Balado Mudo ~ Terong Kentang Balado Ijo

    • Hehehe… Aku ngga pernah masak di Jakarta Non… Di rumah juga jaraaang. Itu masakan nyokap…🙂

      Kan di situ aku bilangin itu foto dikirim adekku via WA… Tapi aku tau cara masak nyokap bikin terong kentang balado…

  1. Pingback: Pertama Kali Makan Petai | Firsty Chrysant

  2. Pingback: Makanan Paling Enak Sedunia | Firsty Chrysant

Leave a Reply

