Tips Traveling ke Singapura dan Malaysia Tanpa Membawa Adaptor Colokan Listrik.

Pada saat kita jalan-jalan, kita pastilah membawa yang namanya hape, kamera, dan bahkan juga ada yang bawa leptop kecil. Jika kita bawa semua peralatan tersebut, yang pasti ngikut adalah alat cas-annya. Wajib alias kudu dibawa juga. karena kalau ngga bisa runyam jalan-jalannya, kan?

Oke, kalau kita jalan jalannya masih di dalam negeri, charger hape atau kamera tidak masalah dengan colokan listrik saat hendak ngecas hape atau kamera. Karena model colokan listrik di negara kita sama. Kita tidak memerlukan adaptor untuk men-cas hape, kamera atau leptop. Kita bisa jalan-jalan lenggang kangkung tanpa memikirkan adaptor colokan listrik.

Tapi bagaimana kalau kita jalan ke luar negeri? Kita kudu alias wajib membawa yang namanya adaptor colokan yang sesuai dengan colokan di negara tujuan. Supaya saat kita hendak men-cas hape, kamera atau leptop kita tidak kebingungan harus mencari atau membeli dimana adaptor tersebut.

Masing-masing negara mempunyai model colokan yang berbeda. Singapura dan Malaysia mempunyai colokan yang sama. Model colokan di Eropa beda. Amerika juga beda. Tapi pada adaptor ini tersedia beberapa colokan yang memenuhui standar colokan masing-masing Negara tersebut.

Jadi sebelum kita jalan ke luar negeri, wajib banget membawa adaptor colokan listrik supaya kita nggak harus membeli adaptor tersebut di negara tempat kamu traveling. meskipun barangnya kecil, adaptor ini sangat vital bagi traveler yang jalan ke luar negeri. Iya kalau harganya murah di luar negeri, kalau harganya mahal banget, nyesek kan? hehehe. Oya, di Jakarta, harga adaptor colokan ini sekitar 30.000-an. Jadi, lumayan murah kan ya.

Coba bayangkan, ketika baru tiba di sebuah hotel di Malaysia bersama keluarga atau teman-teman. Ketika baru tiba di hotel hal pertama yang kita lakukan  adalah mencas semua hape, kamera dan power bank yang ada. Dan ternyata, adaptor colokan yang sudah disiapkan tidak terbawa.

Apaa?? Adaptornya ketinggalan? Ohh, tidaaakkk. Masa iya barang sepenting itu ngga kebawa? Kita yang harusnya enjoy menikmati liburan malah jadi marah-marahan, kesel-keselan karena benda kecil mungil ketinggalan cantik di rumah. Mau menjerit karea kesal? Mau menangis? Tidak berguna kan? hehehe.

Oke baiklah, jangan biarkan mood kamu jadi jelek hanya karena ketiadaan adaptor colokan. Jangan pula karena tidak adanya adaptor ini, kita sewot-sewotan, kesel-kesalan yang bisa mengurangi kebahagian berliburan bersama keluarga atau sahabat. Liburan harus tetap happy meskipun tanpa adaptor.

Daripada kesel, marah-marah dan uring-uringan gara-gara si adaptor tersebut ketinggalan di rumah, ngga mau diajak ikut liburan, saya kasih tips bagaimana cara menggunakan colokan listrik tanpa menggunakan adaptor colokan. Mau?? Sip…!

Tapi ini hanya berlaku di Singapura dan Malaysia saja ya. Karena model colokan listrik kedua negara tersebut sama. Atau bisa juga dipraktekkan di negara-negara lain yang mempunyai model colokan yang sama dengan colokan listrik di Malaysia dan Malaysia. Tapi baru di Malaysia saja saya mempraktekkan metode tersebut, di Singapura belum.

Apa saja peralatan yang kita butuhkan?

Peralatannya gampang saja dan mudah kamu dapatkan. Kamu hanya mempersiapkan benda-benda berikut :

  1. Sikat gigi kecil yang biasa disediakan oleh hotel. Iya, benar, sikat gigi plastik hotel. Yang ukurannya kecil itu loh. Pastikan dalam keadaan kering ya.
  2. Sendok makan dan garpu plastik yang panjang (yuup, benar lagi, sendok dan garpu plastik). Bukan sendok plastik bebek. Ini gampang kita dapatkan saat makan di rumah makan di Malaysia.
  3. Pulpen juga bisa kata teman-teman.

Sumber gambar sikat gigi dan sendok garpu plastik.

Hanya itu saja peralatan yang dibutuhkan untuk menggunakan colokan di Malaysia Singapura tanpa menggunakan adaptor. Jadi kalau hotel atau guest housenya tidak menyediakan peralatan mandi, tidak masalah, kita bisa menyediakan sendok atau garpu plastik.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Gampang bangat.

  1. Coba liat, colokan di Malaysia. Colokannya ada tiga lubangkan? Seperti membentuk segitiga kalau dihubungan dengan garis. Aslinya, bagian atas yang lubangnya sendiri itu tidak mengeluarkan arus. Hanya dua lubang yang di bawah yang mengeluarkan arus. Dua yang di bawah itu sama fungsinya dengan colokan di Indobesia. Apa gunanya lubang di atas, saya juga tidak tahu.

Colokan di Malaysia Singapura -a

  1. Lubang colokan yang di atas tersebut harus ditusuk terlebih dahulu dengan menggunakan sikat gigi kecil yang disediakan hotel. Atau kalau sikat giginya tidak ada bisa diganti dengan tangkai sendok plastik atau garpu plastik. Pastikan alat tersebut dalam keadaan kering ya.

Colokan di Malaysia Singapura43. Setelah sikat gigi, sendok plastik atau garpu ditusukkan, colokkan chas-mu ke lubang yang dua yang ada di bagian bawah. Charger atau cas-an sudah siap untuk digunakan. Sikat gigi, sendok dan garpu plastik bisa dilepas.

Colokan di Malaysia Singapura5

Kira-kira penjelasannya bisa dimenngerti kan ya? Demikian tips-tips sederhana yang bisa kita lakukan jika hendak jalan ke Malaysia atau Singapura tanpa membawa adaptor colokan listrik.

Selamat mencoba… 🙂

25 thoughts on “Tips Traveling ke Singapura dan Malaysia Tanpa Membawa Adaptor Colokan Listrik.

  1. Emangnya klo nggak ditusuk sama sikat gigi arus listriknya gak masuk ya mbak? Bingung sekali saya ha ha ha….. Pas ulangan fisika di SMA dapat 60, jadi nggak mudeng dgn logikanya.

    • sendok plastik atau sikat gigi tersebut sepertinya berfungsi untuk menghubungkan arus antara lubang 2 dengan colokan.
      Pada adaptor sendiri, bentuknya seperti segitiga, dan yang masuk ke lubang atas juga colokan plastik. yang 2 dibawah baru untuk aliran arus.

      laptop saya yang lama juga pakai adaptor 3 lubang ini juga.

  2. Pingback: Hotel Golden Court Johor Bahru Malaysia | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s