Ngarai Sianok dan Janjang Koto Gadang ~ The Great Wall of Koto Gadang

Ngarai Sianok berlatar belakang Gunung singgalang yang tertutup awan
Ngarai Sianok berlatar belakang Gunung singgalang yang tertutup awan

Objek wisata Ngarai Sianok merupakan salah satu objek wisata yang berada di Bukit Tinggi. Objek wisata ini bisa dibilang wisata satu paket dengan objek wisata Panorama dan Lobang Jepang. Dari puncak Panorama, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan Ngarai yang membentang dari utara ke selatan.

Arti ngarai dalam bahasa Indonesia adalah lembah. Kedalaman ngarai Sianok dari puncak sampai ke dasar kira-kira 100 m dengan lebar lebih kurang 300 m dan panjang lebih kurang 15 km.

Ngarai Sianok berdinding terjal yang membentuk sudut 90 derajat dengan dasarnya ini memisahkan kota Bukit Tinggi dengan Nagari Kota Gadang, Bukit Tinggi.  Di dasar ngarai terdapat sungai kecil yang berair jernih yang disebut dengan Batang Sianok. Pengunjung bisa bermain sampai ke dasar ngarai menikmati suasana alami sungai kecil, pedesaan dan persawahan.

Di dalam kawasan Ngarai Sianok inilah dibuat objek wisata baru yang dikenal dengan Janjang Koto Gadang Bukit Tinggi atau kerennya disebut The Great Wall of Koto Gadang. Disebut The Great Wall of Koto Gadang karena janjang atau tangga ini mempunyai bentuk yang mirip dengan Tembok Besar yang ada di Cina, tapi dalam ukuran yang mini, bahkan sangat mini.

Janjang Koto Gadang ini tangga dan jalan yang menghubungkan kota Bukit Tinggi dengan Nagari Koto Gadang, nagari yang banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional Indonesia. Lewat jalan inilah yang dulu ditempuh Haji Agus Salim dan penduduk nagari Koto Gadang menuju Bukit Tinggi sebagai jalan pintas, jalan utama yang memutar bukit.

Karena alamnya masih asri, di sini banyak kita temui monyet-monyet yang masih berkeliaran, yang kadang-kadang suka iseng mengambil barang bawaan pengunjung. Jadi kalau main ke sini hati-hati dengan barang bawaan ya..^^

Untuk menuju Janjang Koto Gadang, Anda bisa melewati jalan panorama yang berawal dekat dari Istana Bung Hata. Nanti, anada akan melihat simpang jalan yang ke kiri yang mengarah atau menuju ke Koto Gadang. Ikuti terus jalan tersebut, Anda akan menemukan gerbang dua Lobang Jepang, persis di bawah gerbang atau pintu Lobang Jepang tersebut ada tikungan tajam. Beberapa meter dari tikungan itu terdapat jalan yang menuju Janjang Koto Gadang.

Selain menikmati pemandangan alam Ngarai Sianok, anda juga bisa menikmati makanan tradisional Minang Kabau di sana. Yaitu karupuak kuah atau karupuak balado yang diberi mi atau bihun sebagai toppingnya. Rasanya? Tentu saja enak. Hmmm yummy…

Selamat menikmati keindahan Ngarai Sianok dan Janjang Koto Gadang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

17 comments

  1. […] Ngarai Sianok yang terdapat di Bukittinggi merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal. Di ngarai ini banyak terdapat objek wisata alam yang bisa dinikmati oleh pengunjung atau wisatawan yang datang ke Bukittinggi. Pemandangan lembah dengan bukit yang berdinding terjal dengan kemiringan yang mencapai 90 derajat berpadu gunung Singgalang membingkai keindahan ngarai ini. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s