BUMI CINTA

Rating: ★★★★
Category: Books
Genre: Literature & Fiction
Author: HABIBURAHMAN EL SHIRAZY

Resensi BUMI CINTA karya HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Judul : Bumi Cinta
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Basmala
Tebal 546 Hal.

Akhirnya, gue bisa juga membaca novel Bumi Cinta karangan Habiburrahman El Shirazy atau yang lebih dikenal dengan panggilan Kang Abik. Novel ini menceritakan tentang Muhammad Ayyas, mahasiswa Indonesia yang sedang melakukan riset di Universitas Negeri Moskow atau yang lebh dikenal dengan sebutan MGU (Moskovskyj Gosudarstvennyj Unversiteiimeni Lomonosova). *asli, jangan suruh deh gue nyebutin tuh nama univ, bakalan bengkok-bengkok dah lidah gue*

Sama seperti membaca novel Ayat-Ayat Cinta yang mengajak kita mengembara ke kota Cairo yang dijelaskan Kang Abik dengan sangat mendetil, novel Bumi Cinta-pun juga menyuguhkan ‘pemandangan’ kota Moscow dengan sangat detil dan membuat gue terkagum-kagum dengan kota Moscow. Jangankan bangunan-bangunan bersejarahnya, stasiun kereta api kota Moscow pun pun dilukiskan sangat luar biasa, melebihi stasiun kerata api di Eropa dan Amerika. *karena takjub dengan penggambaran setingnya, gue searching booo*

Sesuai dengan temanya, ‘Sebuah Novel Pembangun Jiwa’ novel ini Insya Allah memang benar memberikan tausiah-tausiah untuk gue sebagai pembacanya tentang iman, dan juga tentang islam ~ tidak hanya sekedar bacaan novel biasa saja. Bagaimana Ayyas berjuang hidup sebagai seorang muslim di negara yang penduduknya terkenal sebagai penganut free sex radikal dan juga sebagai negara pengakses situs porno terbesar di dunia. (Indonesia konon kabarnya no 2 terbesar lho…)

Di novel ini Kang Abik banyak menyampaikan quotation yang dikutip dari Al Qur’anul Karim, hadits-hadits nabi ataupun juga dari para ulama-ulama lengkap dengan judul karya ulama tersebut, sebagai renungan bagi pembaca untuk memperteguh keimanan kita sebagai seorang manusia. Jujur aja, untuk hal ini gue ngucapin terima kasih buat Kang Abik…

Melalui novel ini, bagi yang jarang membaca atau tidak suka membaca buku-buku filsafat, jadi mengetahui apa yang disebut dengan kebenaran postulat yang diungkapkan oleh Imanue Kent. Juga tentang Nietzshe dan Rene Descartes. Nietzshe, seorang pemikir Jerma yang atheis karena mengatakan bahwa tuhan itu sudah mati. Rene Descartes denga perkataannya yang terkal, Je pense donc je suis! Atau I think hance I am, aku berpikir maka aku ada.

Ini menunjukkan bahwa seorang penulis harus mebanyak membaca.

Hanya saja bagi gue, tokoh si Ayyas ini digambarkan terlalu sempurna, seperti tokoh Fachri dalam Ayat-Ayat Cinta atau juga Azzam dala novel Ketika Cinta Bertasbih dan selalu jadi idola para wanita. Sepertinya ini cirri khasnya novel Kang Abik… *map yang Kang Abik*

Selain itu gue menilai Ayyas sangat lebay cara dia memandang wanita bila dihubungkan keimanan dia. Masa hanya dengan menatap sedikit wajah wanita cantik aja keimanannya serasa mau runtuhh, lebay kan??? Berdua saja sama doktor Anastasia Palazzo, pembimbing Ayyas di ruangan professor Tomskii membuatnya sangat grogi karena pembimbingnya itu digambarkan sangat cantik, masih muda dan cerdas pula. Nggak segitunya kaleee… Bagi gue sih, semuanya kembali ke innamal a’mal binniyat..:)

Tapi meskipun Ayyas digambarkan sangat grogi berhadapan sama cewek, eee tetap aja melakukan pujian yang sangat luar biasa pada doktor Anastasia Palazzo, yang biasanya lumrah dilakukan dengan oleh para pria penakluk wanita.

Selain itu seringkalai bahasa tokoh Ayyas atau narasinya di novel selain memang penuh dengan kalimat gamais tetapi seringkali terkesan sangat menggurui men-judge orang. Bagaimana Ayyas menganggap tubuh Yelena yang cantik sebenarnya telah menjadi seonggk sampah daging busuk yang menjijikkan dan tidak lebih berharga dari sampah!

Secara editingpun sepertinya banyak terjadi kesalahan, tapi itu adalah tugas editor, walaupu kadang-kadang terasa mengganggu.

Tapi secara umum novel ini sangat sangat layak kok untuk diaca sebagai salah satu cara untk memperluas ilmu pengaetahuan dan memperdalam ilmu agama. Dan tentunya dengan pengetahua agama yang disampaikan leawt novel ini Insya Allah sangat bermanfaat bagi pembaca. 

14 thoughts on “BUMI CINTA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s