Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah ~ Lombok Trip

Pantai Selong Belanak

Finally, alhamdulillah akhirnya tiba di Lombok dengan selamat. Di Bandara Internasional Lombok, Praya. Kami dijemput saudara Mba Laela, Mas Agus dan temannya, Mas Ura. Mas Agus dan Mas Ura ini yang menemani kami jalan-jalan selama di Lombok. Mereka assyiiiik banget. Ngga rugi ditemani mereka jalan-jalan selama di Lombok. Mereka juga pelaku wisata di Lombok, punya travel dan tiap minggu selalu bawa wisatawan keliling Lombok.

Yang pertama yang paling diinginkan adalah makan. Udah laper banget soalnya. Bangun jam setengah 3 pagi dan belum sarapan sama sekali. Kami mampir makan di rumah makan nasi puyung yang ada tepat si seberang gerbang Bandara Internasional Lombok. Makan di Lombok rasanya benar-benar lombok : pedeeeesss hehehe…

Selesai makan, kami meneruskan jalan-jalan ke Pantai Selong Belanak. Sebuah pantai berpasir putih halus yang berada di Lombok Tengah bagian selatan

Pantai Selong Belanak adalah pantai yang berpasir putih dan halus. Bentuk pantai ini melengkung membentuk teluk yang cukup luas di pinggir Lautan Indonesia atau samudera Hindia. Panjang garis pantainya kira-kira mencapai 2 km dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau yang menhadap ke lautan yang luas.

Gradasi warna pantai, mulai dari pasir yang berwarna putih lalu air laut yang dangkal berwarna hijau muda, hijau tua dan warna biru bagian tengah laut. Ditambah awan putih bersih yang berarak menghiasi langit biru yang juga sangat cerah, menambah indah pantai ini. Agak ke tengah ujung teluk terdapat satu pulau yang disebut Pulau Mesak.

Pantai Selong Belanak diliat dari perbukitan

Salah satu keistimewaan pantai ini adalah, pengunjung pantai yang tidak terlalu ramai. Pantai yang cukup sepi pengunjung ini jadi saaaangatt tenang dan nyaman. Kayanya enak banget duduk sepanjang hari menikmati keindahan pantai sambil nulis kali yaaa (yang ada bukannya nulis malah bersantai-santai mulu, hehehe.

Beberapa pengunjung berenang dan main surfing. Umumnya bule sih ya. Ada juga pengunjung bule yang tidur-tiduran aja di bangku yang disediakan, menikmati cahaya matahari. Bahkan bule cewek ada yang tidak peduli melepas br4 sambil berjemur, hadeeeuuh…

Oya, sekitar 5 – 10 menit sebelum tiba di Pantai Selong Belanak, ada satu tempat yang dijadikan spot untuk menyaksikan keindahan pantai Selong Belanak dan lautan luas dari ketinggian perbukitan.

Tidaklah susah mencari lokasi pantai Selong Belanak ini. Dari gerbang Bandara Internasional Lombok, jalan yang ke kiri dari gerbang bandara adalah jalan yang menuju desa Sade, desa tradisional suku Sasak, dan terus ke arah Pantai Kuta, Lombok.

Sementara jalan yang ke kanan adalah jalan arah kota Mataram. Kita ambil jalan yang ke kanan ini, lalu nanti dipertigaan Penuja (kalau ngga salah, hehe), berbelok ke kiri. Kalau lurus menuju arah kta Mataram. Daerah yang menuju arah Selong Belanak ini namanya Pujut.

Jangan khawatir soal infrastruktur di sini. Jalanan di sini cukup bagus dan lebar meskipun sepi. Kondisi jalanan turun naik alias menurun dan mendaki, tetapi tidak curam. Jadi jalanannya cukup sangat aman kalau mau nyopir sendiri walaupun baru pertama kali ke sini.

Jadi, bagi kamu yang mau ke Lombok, ini pantai wajib dikunjungi yaa… Ngga rugi lohh melewatkan liburan di sini… Malahan kataku ini pantai jauh lebih indah daripada Gili Trawangan yang terkenal itu.

Selamat berlibur di Pantai Selong Belanak Lombok ya… 🙂

Advertisements

42 thoughts on “Pantai Selong Belanak, Lombok Tengah ~ Lombok Trip

  1. wahhh kamu beruntung, dulu waktu aku kesini lagi rame bangeeet dan cuacanya lumayab panas banget jadi aku gak lama-lama disini 😀

  2. Penujak, Mbak :)). Berarti Mbak belok kiri di pertigaan Penujak, ya? Soalnya dulu rute yang saya ambil agak berbeda (tapi ujung-ujungnya sama sih, hehe).
    Pantai Lombok memang amazing! Dan salut dengan keberanian Mbak menyantap Nasi Puyung di kesempatan pertama–pedasnya agak membinasakan :haha
    Great photos! Di sana tampaknya sudah ada parasol-parasol ya, di saudaranya, Mawun, semua itu belum ada :hehe.

    • Iya, namanya selong belanak… Ga tau kalau selong…hehehe…

      Brarti ntar kalao ke Lombok udah ada tempat tinggal tuh kalau ada teman di sana mah… *nyari tempat nginap getong dot com, haha

    • Pantainya lumayan bersih… dan hampir tidak ada sampah yang berserakan. Entah karena saat itu sepi, atau mungkin warga pelaku wisata di situ rajin membersihkan pantainya…

  3. Pingback: Senja di Ampenan, Mataram ~ Lombok Trip | Firsty Chrysant

  4. Pingback: Pantai Tanjung Aan, Kuta, Lombok ~ Lombok Trip | Firsty Chrysant

  5. Pingback: Gili Trawangan Lombok | Firsty Chrysant

  6. Dari kota Mataram ke Selong Belanak transportasinya bisa naik apa? Harus sewa mobil atau ada kendaraan umum dan masing2 biayanya berapa?

    • aku kemaren emang sewa mobil, dan sepertinya angkutan umum yang nyampe sana ngga ada deh…

      angkutan umum yang ke desa sebelumnya kaya bemo tapi lebih gede, segede mobil pikap…

      Di lombok rata2 sewa mobil 350 -450 pake sopir per 12 jam.

  7. Pingback: Curcol Ajaaaaah : Kenapa lagi Malas Ngeblog? | Firsty Chrysant

  8. Pingback: Bukit malimbu ~ Lombok | Firsty Chrysant

  9. Pingback: Objek Wisata di Lombok : Kemana Saja Kamu jalan-Jalan di Lombok? | Firsty Chrysant

  10. Pingback: Foto Jalan-Jalan ke Lombok | Firsty Chrysant

  11. Pingback: Sahabat dan Lingkaran Persahabatanku dari Masa ke Masa | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s