Objek Wisata di Lombok : Kemana Saja Kamu jalan-Jalan di Lombok?

Pantai Selong Belanak

Lombok saat ini adalah salah satu daerah tujuan wisata utama setelah Pulau Bali. Apalagi posisi Lombok dan Bali yang berdekatan menjadikan Lombok alternatif tujuan wisatawan. Biasanya wisatawan mancanegara meneruskan liburan ke Lombok setelah dari Bali.

Wisata Lombok umumnya adalah wisata pantai. Banyak pantai-pantai yang indah dan bersih yang layak dijadikan tujuan wisata. Selain itu juga ada wisata air terjun. Selama di Lombok, kemana ajak kita bisa jalan-jalan? Oke, mari kita lihat satu persatu yaaa….

1. Pantai Selong Belanak.

Pantai ini adalah pantai berpasir putih yang terdapat di daerah Pujut, Lombok Tengah. Tidak sulit menemukan pantai ini. Dari Bandara Internasional Lombok arah kota Mataram, nanti berbelok ke kiri. Ikuti saja petunjuk arah jalan, maka akan tiba di Pantai Selong Belanak.

Pantai Selong Belanak Lombok

Pantai Selong Belanak Lombok

2. Pantai Tanjung Aan.

Pantai Tanjung Aan ini berada dekat dengan Pantai Kuta, Lombok. Lokasinya dari bandara Lombok, searah dengan Desa Sade dan Pantai Kuta. Lama perjalanan bandara Internasional Lombok, Praya, sekitar 35 – 45 menit.

Pantai ini berupa teluk yang ditengah-tengahnya adalah tanjung. Tanjung di pantai ini berupa bukit kecil yang tingginya kira-kira 5 m. Pantainya indah dan pasirnya seperti merica.

DSC03845

3. Pantai Seger Kuta Lombok.

Pantai Seger berdampingan dengan Pantai Tanjung Aan. Berjarak kira-kira hanya 2 – 3 km. Di pantai ini setiap tahun diadakan perayaan Bau Nyale dimana pada perayaan tersebut muncul cacing dari dalam laut. Cacing ini bisa dimakan dan bergizi tinggi.

DSC03902

4. Tiga Gili (Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan).

Gili adalah sebutan untuk pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Lombok. Ada tiga gili yang sangat terkenal di kalanagan wisatawan, yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Ketiga gili ini adalah pulau yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Terutama Gili Trawangan, sangat rame pengunjung. Pantai pulau atau gili ini berpasir putih. Terumbu karangnya yang bagus dijadikan sarana wisata air snorkeling.

20150220_112928

5. Pantai Ampenan.

Pantai Ampenan ini merupakan pelabuhan yang berada di dalam kota Mataram. Dulu Ampenan merupakan pelabuhan lama sebelum beroperasinya pelabuhan Lembar. Di Ampenan masih banyak tersisa bangunan tua karena daerah ini merupakan daerah kota tua Mataram.

Seneja di Pantai Ampenan

Seneja di Pantai Ampenan

5. Pusat Mutiara air Tawar Sekarbela.

Jika kita ingin membeli oleh-oleh khas Lombok berupa mutiara air tawar, maka Sekarbela meupakan pusatnya. Di sini berjejer toko yang memjual atau menyediakan mutiara air tawar.

Mutiara-mutiara di sini harganya ngga mahal. Cocok dijadikan oleh-oleh buat keluarga dan sahabat.

DSC03769

6. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu adalah salah satu tempat di pinggir pantai yang berada di atas bukit. Di sini kita bisa menyaksikan keindahan laut lombok dengan latar Gunung Agung yang berdiri kokoh di Pulau Bali.

Bukit ini berada di jalan raya Pantai Senggigi dengan pelabuhan Bangsal, pelabuhan untuk menyeberang ke Gili Trawangan.

DSC03928

7. Kampung Sade

Kampung Sade adalah kampung tradisional susu Sasak, suku asli di Lombok. Di sini kita akan melihat keseharian hidup masyarakat sade. Lokasi desa tradisional ini kira-kira 15 menit dari bandara Internasional Lombok. sekitar 10 – 15 menit sebelum Pantai Kuta Lombok yang terkenal indah.

Sade, kampung tradisional suku Sasak

Sade, kampung tradisional suku Sasak

8. Pasar Cakranegara.

Pasar Cakranegara ini adalah pasar tradisional yang ada di kota Mataram. Bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh berupa kain tenun Lombok, sebaiknya kamu beli di sini karena harganya jauh lebih murah daripada di pusat wisata yag ada di Lombok.

20150219_110102

Dan banyak lagi tempat wisata terkenal lainnya seperti air terjun, perkampungan tradisional Sembalun di kaki Gunung Rinjani. Pantai Mawun dan banyak gili lainnya yang indah. Tapi yang aku tulis di atas adalah daerah wisata Lombok yang aku kunjungi saja.

Advertisements

6 thoughts on “Objek Wisata di Lombok : Kemana Saja Kamu jalan-Jalan di Lombok?

    • wisata pantai lombok emang keren2 katanya ya. itu aja banyak tempat yang ngga bisa dikunjungi… 🙂

      Iya, aku juga udah ngalamin di tanjung Aan. Maksaaaaaaaa banget sampe akhirnya aku kasih aja duit 10.000.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s