Bagaimana Cara ke Kuala Lumpur dari Bandara KLIA dan KLIA 2

Kalau saya lihat di sebuah grup jalan-jalan di FB, salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara ke Kuala Lumpur dari bandara KLIA Kuala Lumpur. Saya juga pernah melakukan pencarian tersebut, untuk mengetahui cara ‘termurah’ menuju pusat kota Kuala Lumpur. Saya cari-cari info di berbagai blog dan grup jalan-jalan. Nah postingan saya ini bertujuan menambah referensi aja sih, karena info di dunia maya sudah banyak informasinya, hehehe.

Ada beberapa jeinis kendaraan yang bisa kita naiki untuk bisa ke pusat kota Kuala Lumpur.

  1. KLIA Ekspres dan KLIA Transit.

KLIA Ekspress dan KLIA Transit adalah kereta api khusus bandara KLIA dari Kuala Lumpur. Tempat pemberhentian utama dan akhir adalah Stasiun Kuala Lumpur Sentral atau KL Sentral. KL Sentral adalah terminal dan stasiun terpadu utama di pusat kota Kuala Lumpur. Di KL Sentral ini terintegrasi berbagai macam moda transportasi umum Kuala Lumpur.

KLIA Ekspres adalah kereta api cepat KL Sentral- KLIA langsung tanpa berhenti di stasiun manapun. Jika penumpang naik di KL Sentral menuju bandara KLIA, maka kereta api hanya berhenti di stasiun KLIA dan KLIA-2. Begitu juga sebaliknya, jika penumpang naik di KLIA dan KLIA-2, kereta hanya akan berhenti di KL Sentral.

  1. Grab Car

Jika kita traveling ke Malaysia lebih dari 2 orang, atau berjumlah 3- 4orang (taksi atau grab car jenis sedan hanya bisa memuat maksimal 4 orang) tujuan area Bukit Bintang sebaiknya naik grab car saja karena kita sudah bisa langsung ke hotel/penginapan. Tarif grab car sekitar 60 – 65 RM, ditambah tarif tol menjadi sekitar 70 – 75 RM.

Jadi naik Grab Car lebih hemat waktu dan tenaga jika kita bandingkan dengan naik kereta bandara KLIA Ekspress/Transit yang tarifnya mencapai 50 RM per orang. Apalagi kalau naik Grab Car kita bisa langsung di drop langsung ke hotel. Kalau naik kereta bandara kita ‘hanya’ sampai stasiun KL Sentral, dan dari KL Sentral kita pun harus naik kendaraan lainnya untuk mencapai penginapan.

  1. Taksi

Taksi di Malaysia bisa dibilang beda sistem pembayarannya dengan taksi di Jakarta. Di Malaysia, kebanyakan tarif taksi tidak menggunakan argo. Tapi berdasarkan negosiasi antara sopir dengan penumpang. Dan saya belum pernah naik taksi dari dari bandara KLIA – Kuala Lumpur ataupun sebaliknya. Tapi saya pernah tanya-tanya ongkos naik taksi KL – Bandara sekitar 100 – 120 RM. Tetap lebih mahal dibandingkan dengan grab car ya.

Di bandara KLIA, untuk naik taksi pun kita harus pesan di loket yang sudah tersedia daftar tarif taksi dan bus ke Kuala Lumpur, Malaka, Seremban dan lain-lain. Jadi kita tidak perlu merasa kuatir akan dikadalin sopir taksi. Kita pesan taksi loket, lalu nanti dikasih struk pembayaran (untuk penumpang dan sopir taksi), dan kemudian diarahkan ke pintu tempat taksi mangkal. Gampang banget.

  1. Mobil Sewaan

Di Kuala Lumpur sangat banyak tersedia mobil sewaan untuk jalan-jalan di Kuala Lumpur dan sekitarnya. Sewa untuk bandara KLIA – Kuala Lumpur saja ada, sewaan per 10 jam atau per 12 jam juga bisa. Jadi kalau jalan-jalan lebih dari 2 orang dan bersama keluarga yang ada orangtua dan anak kecil sebaiknya memang sewa mobil. Apalagi kalau tiba di Kuala Lumpur pagi, kita bisa langsung jalan-jalan dengan mobil sewaan tersebut.

Untuk mencari info di internet juga banyak tersedia. Kalau hanya menyewa mobil dari KLIA – Kuala Lumpur, tarif rata-rata yang saya dapatkan sekitar 100 RM, sudah termasuk tarif tol dan bbm. Kalau harian, rata-rata tarif yang saya dapatkan rata-rata 280 – 350 per hari, tergantung nego juga sih.

  1. Bus

Salah satu cara termurah bagi traveler ke pusat kota Kuala Lumpur dari bandara KLIA  adalah naik bus. Ongkos bus dari KLIA 2 tujuan Kuala Lumpur adalah 12 RM per orang. Loket bus bandara ada di lantai dasar bandara. Dan pemberhentian bus bandara di Kuala Lumpur di terminal/stasiun KL Sentral. Dari KL Sentral bisa naik MRT atau monorail tujuan penginapan.

Demikian ya teman-teman, bagi yang berniat mencari info kendaraan tujuan kota Kuala Lumpur dari bandara KLIA. Semoga postingan ini bisa membantu teman-teman semuanya.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s