Objek Wisata Gunung Bromo

bromo

Haayyoooo…. Siapa yang ngga tau Gunung Bromo…? Hehehe…rasanya ngga ada yang ngga kenal gunung ini yaaa. Karena Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata gunung yang sangat terkenal di Indonesia. Dan salah satu tempat yang sangat ingin kukunjungi. Dan alhamdulillah sudah tercapai…🙂

Tinggi Gunung Bromo 2393 mdpl. Luas alderanya mencapai 10 km2. Di dalam kaldera Gunung Bromo ini terdapat kawah gunung bromo yang masih aktif dan masih mengeluarkan asap. Juga ada Gunung Batok yang berada di sebelah kawah gunung Bromo. Selain itu Jadi ketika berada di sana udara di dana sangat dingin.saat ini meskipun Gunung Bromo masih aktif, tidak mengurangi niat pengunjung untuk berkunjung ke sini.

Di sekitar gunung Bromo, tinggal masyarakat Tengger. Masyarak Tengger ini merupakan masyarakat asli yang mendiami kawasan Gunung Bromo. Masyarakat Tengger menganut agama Hindu Bali. Kawasan Bromo merupakan daerah pertanian yang subur. Maka tidak heran masyarakat Tengger umumnya adalah petani. Sehingga daerah di sekitar Bromo menjadi salah satu daerah sentra pertanian dan agrowisata di Jawa Timur.

Apa saja objek wisata yang terdapat di sekitar kawasan Gunung Bromo ini?

1. Air terjun Madakaripura

Air terjun Madakadipura adalah adalah air terjun yang terkenal di Jawa Timur. Air terjun ini dikenal sebagai tempat Gajah Mada, panglima Kerajaan Majapahit melakukan pertapaan.

Air terjun ini sangat unik. Karena curah air terjun air terjun ini tidak besar dan menyebar ke samping, sehingga membentuk seperti tirai air. Dan kalau kita berada di bawah air terjun kita seperti berada di bawah air hujan.

wpid-img-20141111-wa0010.jpg

2. Sunrise di Penanjakan

Penanjakan adalah tempat yang sangat terkenal untuk melihat sunrise di kawasan Bromo. Dari sini pengunjung bisa melihat sunrise muncul sekaligus melihat keindahan kawah gunung Bromo dan puncak Gunung Semeru.

Untuk melihat sunrise di Pananjakan, pengunjung harus berangkat jam 3 – 3.30 pagi dengan menggunakan mobil jeep. Jeep-jeep ini tersedia banyak di desa-desa yang berada di kawasan Bromo. Tetapi lebih baik lagi kalau bisa berangkat sebelum jam 3 karena kalau berangkat setelah jam 3, jeep akan parkir jauh dari area Penanjakan. Oleh karena pengunjung akan harus berjalan kaki menuju sejauh 1 – 2 km ke Penanjakan.

Mobil pribadi tidak boleh digunakan ke Pananjakan dan kawah Gunung Bromo karena di sini terdapat padang pasir yang cukup luas. Selain itu jalan yang menuju Penanjakan kecil dan berkelok-kelok serta mempunyai banyak tikungan tajam.

Biasanya pengunjung bisa menyaksikan sunrise muncul sekitar pukul 5 pagi. Setiap hari ratusan pengunjung mengunjungi Pananjakan untuk melihat keindahan sunrise dan pemandangan kawah Bromo serta puncak Gunung Semeru.

Sunrise di Penanjakan Point

Sunrise di Penanjakan Point

3. Kawah Bromo dan Gunung batok

Setelah melihat melihat sunrise di Penanjakan, pengunjung turun dari Pananjakan menuju ke kawah Bromo dan padang pasir bromo. Dari tempat parkir, pengunjung berjalan ke arah tangga yang menuju puncak kawah bromo. Selain berjalan kaki, pengunjung juga bisa menggunakan kuda ke arah tangga. Banyak kuda yang disewakan di sini. Jumlah tangga yang menuju kawah bromo ada sekitar 250 anak tangga.

Di bawah kawah Bromo juga terdapat pura, tempat ibadah umat Hindu Bali. Di sini mereka melakukan ibadah dan persembahan untuk para dewa agama Hindu. Dan di samping kawah bromo juga ada gunung kecil yang disebut Gunung Batok. Hanya saja pengunjung tidak bisa mendaki gunung batok ini.

Gunung Bromo merupakan gunung yang masih aktif. Jadi kawah gunung Bromo masih mengeluarkan asap dari lubang kawahnya. Setiap tahun masyarakat Tengger melakukan upacara Kesada untuk menghormati Dewa Brahma.

DSC03240

4. Bukit Teletabis dan Padang Savana

Setelah melihat kawah Bromo, pengunjung akan dibawa menuju Padang Savana dan Bukit Teletabie. Untuk menuju tempat ini pengunjung akan melintasi padang pasir kawah Bromo. Pemandangan di Padang Savana dan Bukit teletabies ini sangat indah. Hanya sayangnya waktu aku ke sana padang savana ini baru aja habis kebakar sekitar 3 minggu…huhuhu sediih deeh…

wpid-img-20141108-wa0040.jpg

5. Agrowisata Bromo.

Kawasan pertanian di Bromo sangat subur, Jadi, salah satu hal yang bisa pengunjung lakukan di Bromo adalah mengunjungi area pertanian Bromo. Pengunjung bisa melihat dan menyaksikan petani bekerja di ladang mereka.

Bromo menyenangkan bukaaan…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s