Rumah Makan Nasi Padang Asli Vs Rumah Makan Nasi Padang Jawa

Emang ada ya nasi padang jawa? Ada lah. Masa sih? Ada. Maksudnya gimana sih? Maksudnya, nasi padang jawa adalah nasi padang yang punyanya orang jawa, juga tukang masaknya orang jawa. Dan yang nungguin nasi padang alias yang melayani juga orang jawa. Ini istilah yang saya buat sendiri loh ya. Di Jakarta, nasi padang jawa ini saaangat banyak. Menurut pendapat saya, dari sekian nasi padang yang pernah saya coba di Jakarta, hampir separuhnya adalah nasi padang jawa.

Nasi padang asli adalah warung nasi padang yang punya ngga hanya orang padang tapi tukang masaknya juga orang padang. Ngga masalah yang nungguin atau yang jadi pelayannya non padang. Karena kebanyakan memang demikian. Yang jaga warung nasi padang bukan orang padang, tapi orang jawa (atau orang sunda). Coba deh perhatiin aja nasi padang-nasi padang di Jakarta. Pasti kebanyakan yang ngelayani adalah orang jawa. Tapi mereka tetap banyak juga yang dipanggil uda oleh pengunjung, hehe.

Trus, bisa tidak membedakan antara nasi padang asli dengan nasi padang jawa kalau yang melayaninya adalah orang jawa? Kalau saya sih, insya allah bisa aja, gampang bangat sebenarnya. Bagi (umumnya) orang padang ya, mereka bisa membedakannya dengan sangat mudah. Ngga tau deh bagi orang non padang, apakah bisa mengetahuinya dengan mudah atau tidak. Tapi beberapa teman saya yang non padang bisa kok membedakannya.

Emang bagaimana caranya? Hmmm, kalau bagi saya (ngga tau orang lain), ada beberapa indikator yang bisa menentukan bahwa rumah makan padang yang saya masuki adalah rumah makan padang asli atau rumah makan jawa. Apa saja itu?

  1. Aroma cabe dan rasa cabe atau sambalnya.

Memangnya gimana aroma sambal cabenya gimana sih? Hmmm, aroma cabe atau sambel nasi padang yang padang asli dengan nasi padang jawa beda, beda banget malah. Baik cabe merah ataupun cabe hijau. Begitu masuk rumah makan aja, udah terasa aroma cabenya yang beda. Udah ketahuan itu nasi padangnya adalah nasi padang jawa atau nasi padang asli.

Nasi padang jawa biasanya aroma sambelnya terasa lebih menyengat, tajam. Aroma nasi padang asli lebih lembut. Biasanya nasi padang jawa menggunakan cabe besar (yang seukuran jari), trus nanti mereka tambah cabe rawit. Kadang tetap cabe keriting biasa, tapi dicampur cabe rawit. Pokoknya beda deh aromanya. Ngga bisa saya jelaskan dengan kata-kata, hahaha. Tapi kalau ketemu rumah makannya bisa saya jelaskan.

  1. Penampakan menu makanannya.

Trus ya, kalau kita liat penampakan makanan nasi padang asli dengan nasi padang jawa juga beda. Gimana bedanya, saya juga ngga bisa menjelaskan. Saya hanya bisa mengetahuinya setelah melihat tanpa bisa menjelaskannya. Karena penampakannya beda, rasa tentu saja agak berbeda ya.

  1. Penampakan kuah gulai dan rasanya.

Penampakan kuah gulai padang asli dengan nasi padang jawa juga beda banget. Baik gulai ayam, gulai ikan atau gulai nangka-nya, apalagi rendangnya pasti beda. Oh satu lagi, gulai jariang alias gulai jengkol, pasti beda banget, hehehe. Biasanya kuah gulai nasi padang jawa, terlihat seperti ‘pecah santan.’ Secara spesifiknya bagaimana, susah juga saya jelaskan, hehehe. Menurut saya ini disebabkan pemilihan kelapa atau sewaktu pengadukan gulainya. Begitu juga di aromanya juga pasti beda.

  1. Rasa perkedelnya.

Saya ini penyuka perkedel, suka bangeeet. Hanya saja, rasa perkedel nasi padang jawa dengan nasi padang asli pasti beda juga. Dari penampakan yang beda, juga rasanya.

  1. Bentuk telur dadar dan rasa telur dadarnya.

Bentuk telur dadar mungkin sama aja ya. Tapi rasanya beda. Apalagi kalau cabe dadarnya berupa cabe iris, sudah bisa ditebak, nasi padangnya adalah nasi padang jawa.

Sebenarnya (mungkin) ada beberapa indikator lainnya menurut pengamatan saya. Tapi kan pengamatan saya hanya berdasarkan pendapat subyektif aja kan ya. Tapi meskipun subyektif, menurut saya kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan. Paling ngga selama ini saya bisa menebak nasi padang yang saya kira nasi padang jawa, saya tebak 100 %, hehehe.

12 comments

  1. Ayahku juga nyebut restoran Padang ada 2 jenis, Padang Padang dan Padang Jawa, dan dia juga tahu beda keduanya 😊 sedangkan aku walaupun penggemar berat masakan Padang, tapi ga tahu bedanya 😁😁😁

  2. bukannya yang di jawa banyak perantau padang buka warung padang jg ya, beberapa yg deket rumah, emang pemiliknya asli padang, dulu di yogya, temen kuliah, kakak2nya merantau di yogya dan mereka buka warung padang di yogya.

    • Banyaaak… Tapi warung padang juga sangat banyak. Kalau di Jakarta mungkin hampir separuhnya adalah nasi padang jawa (sunda), hehe…
      Di Jogja juga banyak. Beberapa saudara punya nasi padang juga di sana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s