Cara Membuat Telur Dadar Kentang Ala Padang

Bagaimana cara membuat telur dadar asli padang? Nih saya coba kasih liat ya. Ini telur dadar saya sendiri yang buat. Jadi, asli padang 100 %, hehehe. Telur dadar ini adalah telur dadar yang biasa dibuat ibu saya buat kami anak-anak sedari kecil. Ini telur dadar yang paling enaklah menurut saya, karena yang masak adalah ibu saya, atau (dulu) almarhum nenek saya. Dan kadang-kadang saya sendiri.

Cara membuat telur dadar padang ala saya sih gampang banget, ngga susah kok. Sama saja dengan membuat dadar umumnya. Hanya bahannya saja yang ditambah, yaitu : kentang. Bagi yang mau mengganti kentang dengan kelapa parut juga boleh. Tapi kelapa parutnya yang asli ya, jangan diperas dulu parutan kelapanya. Ntar ngga ada rasa lagi, hehehe.

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

  1. Telur 3 butir.
  2. Kentang 3 butir yang ukurannya kira-kira lebih kurang sebesar telur juga.
  3. Cabe giling satu sendok (penuh ya). Atau kalau pakai cabe keriting, 5 buah cabe keriting.
  4. Bawang merah ukuran besar 5 – 7 butir.
  5. Bawang putih secukupnya. Saya kasih 3 butir aja yang ukuran sedang.
  6. Daun bawang, saledri. Diiris-iris ya.
  7. Garam secukupnya.
  8. Minyak goreng secukupnya.

Bahan dan bumbunya sih itu aja ya. Tapi bagi yang suka micin, boleh kasih micin, saya sih ngga kasih. Tambah royko masako juga boleh aja. Saya ngga kasih. Bagi yang suka tambah lada pun silahkan. Atau bagi yang suka kasih daun jeruk selembar juga oke, ngga masalah. Juga bagi yang mau kasih sedikit daun kunyit ngga apa-apa.

Kentangnya boleh diiris-iris kecil sekecil korek api. Boleh juga dihancurkan dengan cara dipukul-pukur pakai batu lado (penggilingan cabe pake anak cobekan). Atau kalau mau boleh juga diparut. Semua terserah orang yang masak. Hanya saja, kalau mau diparut jangan biarkan terlalu lama karena kentang akan menghitam.

Bawang merah dan bawang putih, boleh diiris boleh juga digiling atau dilumat pakai batu gilingan. Kalau saya sih lebih demen, bawangnya digiling. Setelah cabe keriting bulat digiling tambahkan bawang buat digiling. Atau giling bareng cabe dan bawang di blender juga ngga apa-apa. Sumbarang se-lah alias tasarah se alias terserah aja, hehe..

Cara masaknya juga gampang.

  1. Pecahkan telur, kocok.
  2. Masukkan cabe.
  3. Tambahkan bawang merah bawang puti dan bumbu-bumbu lainnya.
  4. Tambahkan kentang yang sudah diiris-irus atau diparut.
  5. Panaskan minyak di atas kompor.
  6. Masukkan campuran telur yang sudah diaduk.
  7. Goreng dengan api sedang sampai mateng.
  8. Udah matang diangkat deh.

Gampang banget kan ya. Ngga ribet. Selamat mencoba ya.

11 comments

  1. btw tapi kentangnya matang merata kan? atau masih ada yg krg matang gitu, krn biasa goreng kentang suka lbh lama dan telur cepat sekali matangnya?

  2. Wah bisa salin resep nih. Tadinya sangsi kentang bisa matangkah? Setelah perhatikan komen berbalas kuncinya api sedang. Makasih yo Uni.

  3. Terima kasih atas infonya, dan jangan lupa kunjungi link ini (ppns.ac.id) dan (foodysfoods.wordpress.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s