Air Terjun Lembah Anai Padang Panjang

IMG_5226

Air terjun Lembah Anai merupakan salah satu objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Tepatnya berada persis di pinggir di jalan raya yang menghubungkan Padang dengan Padang Panjang, daerah Silaiang Bawah, Padang Panjang. Karena posisi di pinggir jalan raya, air terjun Lembah Anai ramai dikunjungi oleh pengunjung.

Air terjun Lembah Anai ini sebenarnya ada tiga, tapi hanya satu yang berada di pinggir jalan raya. Dua air terjun lainnya berada masuk ke perbukitan. Sumber air terjun Lembah Anai ini berasal dari Gunung Singgalang yang termasuk ke dalam deretan pegunungan Bukit Barisan.

Di sepanjang jalan raya Silaiang Bawah yang menuju Lembah Anai mengalir sungai Batang Anai yang berair jernih. Selain itu juga terdapat jalur kereta api pertama di Sumatera Barat yang menghubungkan Padang dan Padang Panjang. Jalur rel kereta api ini dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1895 untuk mengangkut batu bara dari Sawahlunto ke Indarung, Padang,  seiring dengan dibangunnya pabrik semen pertama di Indonesia, Semen Padang.

Ini gambar dipinjem dari koleksi foto fb adek sepupuku, ngga tau juga punya dia atau nggak ^^

Ini gambar dipinjem dari koleksi foto fb adek sepupuku, ngga tau juga punya dia atau nggak ^^

Kontur jalan raya, sungai dan kereta api ini diapit oleh hutan perbukitan dengan kemiringan yang tajam nan hijau. Jadi udaranya masih sangat segar. Tapi sekarang sih di beberapa bagian di pinggir jalan, banyak pepohonan yang ditebas dan lahannya dijadikan tempat pemandian untuk anak-anak. Sumber air pemandian-pemandian tersebut membendung air kali kecil (bukan Batang Anai) yang juga berada di pinggir jalan.

Cara Menuju Lembah Anai

Untuk menuju Lembah Anai tidak sulit. Dari arah Padang Panjang, susuri saja jalan raya yang ke arah Padang. Ikuti saja jalan tersebut, nanti akan bertemu Lembah air terjun Anai dengan sendirinya. Kira-kira lama perjalan sekitar 15 menit. Kalau dari terminal Padang, jujur saya tidak mengetahuinya, tapi saya pikir ada angkot yang menuju Silaiang Bawah yang terus sampai ke Lembah Anai.

Begitu juga sebaliknya. Dari arah kota Padang menuju Padang Panjang atau Bukittinggi, Anda tidak akan sulit menemukan air terjun Lembah Anai karena air terjun ini berada persis di pinggir jalan raya, sisi kiri.

Postingan terkait :

Danau Singkarak, Danau Singkarak, Bukit Tinggi, Ngarai Sianok dan janjang Koto Gadang

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s