Mengenali 4 Karakter Manusia Melalui Teori DISC

https://www.wajibbaca.com

Setiap manusia sebagai makhluk sosial mempunyai masing-masing karakter yang berbeda satu sama lainnya. Tidak ada yang sama. Akan tetapi, secara umum penggolongan karakter manusia dibagi menjadi 4 golongan. 4 Golongan tersebut disingkat denga, DICS. DICS adalah kependekan dari Dominance (D), Influence(I), Complience (C) dan Steadiness (S).

 Oiya, satu hal yang menjadi pertanyaan sebelum saya jelaskan tentang 4 golongan karakter manusia. Yakni, apa sih bedanya antara karakter dengan kepribadian. Karakter adalah sifat bawaan manusia sejak dia lahir. Sedangkan kepribadian adalah sifat manusia yang dipengaruhi oleh lingkungan, baik lingkungan keluarga, tempat tinggal ataupun lingkungan pergaulan.

Penggolongan karakter manusia ini sangat bermanfaat bagi siapa saja dalam berinteraksi dengan lain. Tujuan dibuat penggolongan ini adalah supaya setiap individu mudah saling memahami manusia lainnya dalam berinteraksi. Sehingga terjadi hubungan hubungan harmonis, hubungan yang saling memahami dan juga menguntungkan satu sama lainnya.

Berikut ini adalah manfaat mengetahui karakter berdasarkan pengelompokan DISC ini :

  1. Supaya kita bisa mengerti dan memahami mengapa seseorang melakukan sesuatu hal.
  2. Memudahkan kita memahami karakter orang lain atau juga sebaliknya.
  3. Dengan mengenali sifat seseorang, kita bisa melakukan pendekatan terbaik terhadap orang lain.
  4. Memudahkan kita melakukan adaptasi yang baik untuk kita bisa mengenali kompetensi yang dimiliki oleh orang lain.
  5. Saling menghargai perbedaan yang ada atau pun sama-sama mempelajari hal pada minat sama.

Apa dan bagaima sih penggolongan karakter berdasar DISC ini? Pengelompokan DISC ini sama saja  atau mirip dengan metode Sanguinis, Koleris, Plegmatis, dan Melankolis. Kalau menurut saya, istilahnya saja yang berbeda.

  • Dominance (D) atau Koleris -> Tegas.

Adalah karakter yang melambangkan ketegasan, kepemimpinan, persaingan, tidak suka bertela-tele. Ia juga juga dikenal keras kepala, berperan sebagai penggerak dan bukan seorang pendengar yang baik.

Tokoh dunia yang melambangkan karakter Dominance ini adalah Margaret Teacher. Beliau adalah Perdana Menteri Inggris yang berkuasa tahun  1979 – 1990. Ia dikenal dengan sebutan : Iron Lady, alias wanita besi.

  • Influence (I) atau Sanguinis -> Komunikatif.

Adalah karakter yang yang melambang sifat mudah berkomunikasi, persuasif, senang bercerita, suka besosialisasi. Karakter Influence ini orangnya slebor, terlalu memikirkan apa kata orang tentang dirinya dan tidak detail.

Tokoh dunia yang melambangkan karakter Influence ini adalah Bill Clinton. Ia adalah Bill Clinton, mantan presiden Amerika Serikat. Dan juga suami dari Hillary Clinton yang pernah menjadi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat pada periode ke-2.

  • Stadinesse (S) atau Plegmatis -> Stabil.

Karakter Stadinesse adalah karakter yang melambangkan orang yang tenang, setia dan juga tulus. Tetapi ia juga merupakan karakter yang kurang menyukai perubahan yang cepat.

Tokoh dunia yang karakternya melambang karakter Stadinesse ini adalah Barack Obama. Ia adalah presiden Amerika Serikat yang ke-42, dan merupakan presiden pertama Amerika Serikat yang berkulit hitam.

  • Compliance (C) atau Melankolik -> Cermat.

Compliance adalah karakter yang melambangkan sifat cermat, konsevatif, perfeksionis, teratur, bekerja berdasarkan aturan, kaku dan tidak baper.

Tokoh dunia yang melambangkan karakter Compliance adalah Albert Einstein, ahli nuklir dari Jerman yang terkenal dengan rumusnya : E = MC2

Setiap orang mempunyai keempat karakter tersebut, hanya saja masing-masing orang mempuyai salah satu karakter yang paling menonjol. Nah, kalau diliat dari 4 macam karakter yang ada di atas, teman-teman mempunyai karakter yang mana? 🙂

Oiya, ini adalah catatan Meet Up milad-nya Komunitas Blogger Muslimah Desember dua tahun yang lalu. Pembicaranya Mba Ratih (kalau ngga salah, hehehe) yang beliau memang seorang psikolog. Pokoknya asyik deh meet-up tersebut. Asyik karena ketemu teman-teman yang selama ini cuma kenal di dumay. Juga asyik, banyak ilmu yang bisa kita peroleh dari mit-ap ini. Menyenangkan banget.

Beberapa waktu yang lalu saya liat coretan-coretan yang rupanya tentang karakter berdasarkan DISC. Catatan ini sempat hilang tapi alhamdulillah ketemu lagi . Ya sutralah ya, saya langsung kepikiran untuk bikin postingan tentang ini juga. Maklum, saya kan moody-an banget kalau ngeblog sekarang, Mumpung lagi mau hehehe.

2 comments

  1. Mbaaaaakyu kuuu..
    aku tuh anaknya komunikatif. Suka sosialisasi dan tebar pesona. Suka mikirin apa kata orang dan bawelnya luar biasa. Kalau dekat-dekan masa haid, jadi galaak kayak ibu tiri dalam film jadul yang diperanin Rano Karno.

    Terus akutuuuu bekerja sesuai aturan karena akutuu taat sama aturan yang berlaku. Paling kesel sama pimpinan yang seenak udelnya mempermainkan aturan atas “kebijakan” yang dibuat-buat. Keseeel akutuu. Akutuuuh gampang banget baper dan lalu KERAS KEPALA. Keras kepalanya paaaraaaah! Kalau sudah A, agar susah tuh geser B, hahahaha..

    Jadi mbak, aku masuk kategori mana dong? Bisa2 orang pada ngejauhin aku karena mengerikan T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s