Koto Baru, Solok Selatan : Nagari Saribu Rumah Gadang, Wisata Budaya Populer di Solok Selatan

Sejak beberapa tahun yang lalu, Nagari Koto Baru, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan menjadi daerah tujuan wisata yang populer di Sumatera Barat. Karena, di Nagari Koto Baru ini berdiri banyak rumah gadang yang masih bagus dan masih berfungsi dengan baik. Karena banyaknya rumah gadang di Nagari Kotobaru yang masih bagus dan kokoh inilah, nagari Kotobaru dijuluki dengan Nagari Saribu Rumah Gadang.

Nagari Kotobaru atau Nagari Saribu Rumah Gadang ini berjarak sekitar 140 km dari kota Padang dan Solok. Nagari ini berseberangan sungai dengan Nagari Muaro Labuh, yang sudah lebih dulu terkenal sebagai pusat perdagangan di Solok Selatan. Di Nagari Koto Baru ini pula beberapa syuting film nasional yang bertema Ranah Minang tradisional dilakukan, seperti film Di Bawah Lindungan Ka’bah yang diperankan oleh Laudia Cyntia Bella.

Peresmian penetapan Nagari Koto Baru dilakukan oleh Ibu Mutia Farida Hatta Swasono tahun 2008, yang saat itu adalah Menteri Urusan Peranan Wanita. Ibu Mutia Farida Hatta Swasano ini adalah putri pertama proklamator, Bung Hatta. Kotobaru ditetapkan menjadi pusat wisata budaya minangkabau, dengan menonjolkan banyaknya rumah gadang yang terdapat di sana dengan kondisi yang masih sangat bagus.

Konon kabarnya jumlah rumah gadang yang masih berdiri kokoh di nagari ini ada sekitar 140 buah. Kalau menurut perkiraan penampakanku sih, jumlah total rumah gadang di sini mungkin mencapai sekitar 15% – 20% dari total semua rumah penduduk yang ada. Atau juga bisa lebih, hampir mencapai 25 %. Cukup tinggi dibandingkan dengan daerah lain yang mungkin jumlahnya jauh di bawah 10 %. Itu hanya menurut pandangan mata sekilas saya saja ya, tidak berdasarkan data.

Di daerah lain seperti yang saya sebut di atas, rata-rata jumlah rumah gadang paling banyak mungkin hanya sekitar 10 % saja, atau malah kurang. Itu pun letak rumah gadangnya ‘bertebaran’ jadi terlihat tidak rapat dan tidak banyak. Beda dengan Kotobaru yang letak rumah gadangnya berdekatan, sehingga rumah gadang di Nagari Kotobaru terlihat sangat padat dan banyak.

Saya perhatikan, ada beberapa tempat berderat beberapa buah rumah gadang yang menurut saya tampak sangat indah, subyektif banget ya, hehehe. Dan saya perhatikan juga selain banyak rumah gadang yang terawat dan dalam kondisi yang bagus karena ada penghuninya, ada juga beberapa rumah gadang yang tampak tampak kosong, ini terlihat dari pintu dan jendela yang tertutup rapat. Tapi umumnya kondisinya juga masih bagus walau rumah gadang tersebut kosong.

Dan kalau dilihat dari tempat yang tinggi di luar Kotobaru, gonjong-gonjong rumah gadang terlihat menonjol dan sangat indah dipandang. Itu baru saya lihat di foto ya, belum lihat secara langsung dari posisi yang lebih tinggi. Padahal saya mau banget mencoba mencari tahu dimana tempat yang bagus untuk bisa mendapatkan foto dengan latar belakang gonjong-gonjong tersebut, tapi ngga jadi sempat nyarinya.

Untuk mendukung wisata budaya Saribu Rumah Gadang di Kotobaru, pemda setempat memberikan edukasi wisata pada masyarakat di sana, khususnya bagi pemilik rumah gadang. Karena Pemda menjadikan rumah gadang sebagai guesthouse untuk wisatawan yang menginap di sana. Dengan adanya edukasi wisata bagi masyarakat, masyarakat bisa memberikan pelayanan wisata yang baik dan menarik bagi wisatawan. Tentu saja dengan mempertahankan dan menonjolkan nilai-nilai luhur dan budaya masyarakat minangkabau.

Wisatawan juga diajarkan atau dikenalkan budaya kehidupan di sana seperti memasak masakan minang di rumah guesthouse. Wisatawan juga diajak ke sawah untuk menanam padi dan sebagainya sehingga wisatawan yang berkunjung bisa merasakan suasana kehidupan masyarakat di sana secara langsung. Bagi wisatawan yang hidup dan tumbuh besar di perkotaan, mencoba kehidudupan ala tradisional ini tentu saja sangat menyenangkan.

Cara Menuju Nagari Saribu Rumah Gadang.

Untuk bisa mencapai Nagari Saribu Rumah Gadang, hanya bisa dilakukan dengan bus atau travel dari Kota Padang atau Solok. Kalau dari Padang, travel atau bus ke Muaro Labuh tersedia di lampu merah by pass, Lubeg (Lubuk Begalung). Posisi persisnya dari pusat kota Padang adalah setelah lampu merah arah Solok. Di sana banyak terdapat minibus atau travel tujuan Solok Selatan.

Sementara kalau dari Bukittinggi, musti naik (mini) bus ke Solok dulu, berhenti di by pass perbatasan Solok – Selayo. Di sana banyak terdapat bus atau travel tujuan Padang, Muaro Labuh atau Solok Selatan. Naik (mini)busnya adalah bis atau travel ke Muaro Labuh.

Sebenarnya bisa juga naik bis atau travel tujuan Lubuk Gadang – Padang Aro dari Padang atau Solok. Nanti bisa turun di gerbang Nagari Kotobaru, Nagari Saribu Rumah Gadang. Posisi persisnya sekitar 100 meter setelah jembatan besar batas Nagari Kotobaru dan Muaro Labuh, yang jaraknya kira-kira 500 m setelah pasar lama Muaro Labuh atau kantor polisi Muaro Labuh.

Saran saya, lebih baik naik travel tujuan Muaro Labuh karena dengan travel kita akan diantar sampai alamat tujuan. Kalau dengan bus hanya sampai terminal Muaro Labuh saja, nanti disambung lagi dengan angkot atau ojek dari terminal Muaro Labuh. Saya tidak tau berapa persisnya ongkos tujuan Muaro Labuh dari Padang atau Solok. Tapi perkiraan saya, ongkos bus sekitar 40.000. Sementara kalau naik travel mungkin 55.000 – 60.000. Mungkin loh ya, saya ngga tau, hehehe.

Oiya bagi yang mau jalan-jalan ke Saribu Rumah Gadang jangan lupa jalan-jalan juga ke Rumah Gadang Istano Rajo Balun, Rajo Adat Alam Surambi Sungai Pagu yang berada di Nagari Balun. Dan juga sekalian ke Mesjid Tuo 60 Kurang Aso yang berada di Nagari Pasir Talang. Posisi keduanya berada sebelum Nagari Muaro Labuh dan Nagari Saribu Rumah Gadang dari arah Padang atau Solok.

Selamat berlibur wisata budaya di Nagari Saribu Rumah Gadang ya.

Deretan Rangkiang

Rangkiang di depan Rumah gadang Gajah Maharam

 

 

 

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s