Cara Membuat Samba Lado Uwok Padang

Hai teman-teman? Apakabar nih. Saya lagi mau rewiew makanan minang nih. Samba Lado Lado Uwok. Eh ngga ding, bukan Samba Lado Uwok, tapi Samba lado Abuih, hehehe. Emangnya beda ya? Hmmmn beda ngga beda sih, hehehe. Miriiip banget lah. 95 % miripnya. Yang bikin beda cumamediabuat masaknya aja.

Samba lado uwok atau samba lado abuih adalah salah satu kuliner ranah minang atau padang yang rasanya endeeusss banget. Rasanya ngga ada orang padang yang ngga suka samba lado ini. Termasuk saya, suka banget. Walaupun antara rasa di lidah ngga kompak sama rasa di perut. Di lidah enak, tapi di perut musibah, hahaha. perut saya ngga kuat pedas dan dingin soalnya… 🙂

Bahan untuk membuat samba lado uwok atau samba lado abuih ini gampang banget. Cara buatnya apalagi, lebih gampang. Ngga pake ribet, ngga pake susaaah. Tinggal cemplung-cemplung aja, tapi rasanya muantaaap banget, hehehe.

Air rebusannya diseruput, enak banget, hehehe

Bahan-bahan Samba Lado Uwok atau Samba Lado Abuih.

  1. Cabe 150 gr.
  2. Tomat 4 atau 5 buah yang besar-besar.
  3. Bawang 10 – 15 butir.
  4. Ikan teri 1 ons, boleh direbus langsung bareng cabe atau digoreng terpisah.
  5. Jengkol.
  6. Garam.
  7. Jeruk nipis atau jeruk limo, atau juga asam sundai.

Cara membuat Samba Lado Abuih.

  1. Rebus cabe, bawang, tomat dan ikan teri dalam satu wadah. Airnya sedang-sedang aja banyaknya. Yang penting cabe terendam semua, sementara bawang tomat dan ikan teri ditarohnya di atas cabe, ngga kerendam air ngga apa-apa. Rebus sampai matang ya.
  2. Jengkol belah dua, lalu digoreng. Begitu mateng digorengnya, langsung masukin ke dalam air, setelah itu ditokok alias dipukul di batu giling atau cobek.
  3. Kalau cabe bawang tomat ikan teri udah matang, giling dulu cabe kasih garam, baru bawang dan tomat.Jangan lupa, sisa air rebusan dicampurinke lado yang sudah digiling. Bikin rasanya makin enak.
  4. Kasih perasan jeruk nipis, atau jeruk limo atau asam sundai.
  5. Campurkan teri dan jengkol yang sudah dipukul tadi.

Selamat menikmati enaknya samba lado rebus ala firsty hehehe.

Oya, soal ikan teri, bisa direbus langsung sama cabe bawang atau juga ngga direbus tapi digoreng. Itu enak juga. Saya suka dua-duanya. Tapi kalau ditanya mana yang lebih enak, saya suka yang direbus. Lebih manteeeup jiwa rasanya.

Oya, satu lagi, saya sukaloh menyeruput air rebusan cabe bawang tomat tri tersebut, enak deh rasanya hahaha. Cobain aja kalau ngga percaya. 🙂

Samba terong cabe ijo
Telur dadar padang
Cara Membuat telur dadar padang.

 

 

Advertisement

10 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s