Cara Menuju Danau Singkarak Dari Padang

Bagaimana Cara Mencapai Danau Singkarak?

Pada postingan sebelumnya tentang Danau Singkarak, aku hanya menjelaskan tentang danau Singkarak aja. Sekarang tentang bagaimana mencapai Danau Singkarak. Tidak sulit kok untuk ke danau Singkarak (foto-foto) dari kota Padang. Anda bisa bisa dengan menggunakan bus umum, naik travel atau nyater mobil.

Danau Singkarak dengan latar belakang Gunung Merapai Gunung Singgalang

Yuk kita lihat masing-masingnya ya…^^

1. Naik Bus.

Ada dua jalur mencapai Danau Singkarak dari kota Padang. Pertama melewati kota Solok atau melewati Padang Panjang. Tapi jalur yang lebih pendek adalah melewati Solok. Waktu tempuh menuju Danau Singkarak dari kota Padang kira-kira 2 jam melewati Solok. Kalau lewat Padang Panjang waktu tempuhnya kira-kira 3 jam. Jadi mendingan lewat Solok aja, kecuali memang rute perjalanannya ke Padang Panjang atau ke Bukit Tinggi dulu.

Sekadar gambaran bus Padang Solok adalah minibus yang seukuran minibus Cipaganti, Baraya atau travel Jakarta – Bandung lainnya. Dulu sih busnya seukuran metromini atau kopaja, tetapi sekarang semuanya sudah ganti model minibus tersebut dan pake AC,walau ngga terlalu dingin…:P

Ongkos ke Danau Singkarak melewati Solok sekitar Rp. 20.000 dengan menggunakan bus umum. Ongkos Padang – Solok Rp.15000, dan Solok – Singkarak Rp. 5000. Sementara kalau lewat Padang Panjang kira-kira Rp. 30.000. Ongkos tersebut tidak termasuk ongkos bus Damri atau Tranex dari bandara ke pusat kota Padang.

Jika sedang berada di pusat kota Padang dan hendak naik bus ke Solok, dari pasar raya Padang naik saja angkot yang menuju arah Lubuk Bagaluang atau, Indaruang (Indarung) atau Gadut, nanti tinggal bilang ke sopirnya turun di pul mobil Jasa Malindo. Tapi kalau dari bandara langsung menuju arah Solok, disarankan naik bus Tranex, nanti bilang ke petugas bus, turun di pul bus Jasa Malindo yang ke Solok. Petugas bus akan tahu dengan sendirinya.

Bus dari Padang biasanya berhenti di Simpang By Pass, batas kota Solok. Dari sana perjalanan disambung dengan angkot ke arah pasar raya Solok yang berjarak kira-kira 2 km. Ongkosnya Rp. 2000. Dari terminal Pasar Raya Solok baru naik angkot yang menuju Singkarak Tembok dan Tikalak dengan ongkos Rp.5000.

2. Naik Travel.

Bagaimana kalau naik travel? Naik travel juga bisa dari Padang. Travel yang dimaksud disini adalah mobil-mobil pribadi yang dijadiin travel. Biasanya mobil kijang dan sejenisnya yang tipe mobil keluarga. Ongkos travel dari Padang ke Solok Rp.30.000, dan untuk ke daerah-daerah sekitarnya, ongkos tambahan bervariasi dari Rp.5000 – Rp.15.000, tergantung jauh dekat. Kalau ke Singkarak atau Tikalak, tambahannya Rp.15.000.

3. Carter Mobil.

Carter mobil adalah salah satu solusi untuk bepergian dengan banyak orang. Di Padang, rata-rata biaya carter mobil sekitar Rp.250.000 – Rp.300.000 per hari. Biasanya hitungannya dari pagi sampai malam. Untuk sopir rata-rata 150.000/ hari. Kalau bisa nego mungkin bisa kurang dari itu kalau lebih dari sehari. Kalau untuk bensin mungkin kira-kira Rp.150.000 seharian, saya tidak terlalu mengerti…^^

Mencari ikan bilih

Keliling Danau Singkarak

Mau keliling Danau Singkarak? Kenapa tidak. Danau Singkarak bukanlah tidaklah terlalu besar. Melakukan perjalanan keliling danau Singkarak bukanlah hal yang sulit. Mau naik kendaraan roda dua atau roda empat bisa. Waktu tempuh kira-kira 2,5 jam. Itu kalau mengendarainya full tanpa istirahat dengan kecepatan rata 50 – 60 km/jam. Tapi tentu saja tidak seru dong kalau traveling dengan kecepatan segitu, enaknya santai sedikit dan mampir di beberapa tempat yang bagus sekadar buat istirahat.

Ada dua tempat yang menjadi titik awal untuk mengelilingi Danau Singkarak.

1. Lewat Sumani

Jalan pertama adalah melewati Nagari Sumani, 12 km dari Solok arah Padang Panjang  Bukit Tinggi. Di pasar Sumani ada pertigaan jalan ke kiri yang menuju Saniangbaka dan Paninggahan. Ambil jalan tersebut, nanti akan melewati Nagari Saniangbaka, Muaro Pingai, paninggahan, Malalo, Sumpur dan keluar di perempatan Payo Batu Taba.

Dari sana ambil jalan yang ke kanan, ke arah Ombilin, menyusuri Nagari Batu Limbak, Kacang, Tembok, Tikalak, Singkarak, dan nanti bertemu lagi dengan Pasar Sumani, terus ke Solok.

2. Lewat Payo, Batu Taba

Jalan yang ke dua adalah berlawanan arah dengan cara yang pertama. Masuk melalui Payo Batu Taba, tinggal menyusuri nagari-nagari di atas dengan arah yang berbeda. Makan nanti akan keluar di Sumani, lalu belok kiri ke arah Singkarak dan terus ke Ombilin, dan akan kembali bertemu dengan Payo, Batu Taba.

Jadi siapapun bisa melakukan perjalanan keliling Danau Singkarak dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun dengan mobil. Dan percayalah, pemandangan yang ditawarkan pun sangat menyejukkan dan memanjakan mata, hijau dan indah.