Bagaimana Cara Naik Bus ke Kuala Lumpur dari Bandara KLIA

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh orang yang baru pertama kali ke Kuala Lumpur dengan pesawat adalah : Bagaimana cara ke pusat kota Kuala Lumpur dari bandara KLIA. Ini juga yang pernah menjadi pertanyaan saya sebenarnya, sewaktu saya ke Malaysia dengan pesawat untuk pertama kalinya, bukan melalui kapal atau ke Singapura lebih dulu.

Sebagai turis atau pejalan yang maunya jalan-jalan dengan biaya seirit-iritnya, salah satu transportasi yang ‘wajib’ digunakan adalah bus. Karena tarif bus adalah tarif yang paling murah diantara semua moda transportasi umum. Meskipun ada kekurangannya, yakni memakan waktu yang lebih lama jika kita bandingkan dengan moda transportasi lainnya.

Begitu juga kalau ke Kuala Lumpur dari bandara KLIA atau KLIA 2 ataupun sebaliknya, menggunakan bus adalah cara yang paling irit. Meskipun waktu tempuh dengan bus sedikit lebih lama jika kita bandingkan dengan kereta bandara KLIA Ekspres ataupun KLIA Transit. Tapi jika dibandingkan dengan taksi atau Grab car, waktu tempuhnya tidak begitu jauh berbeda tapi ongkos bus jauh lebih hemat.

Jadi bagi yang mau tau cara ke Kuala Lumpur dari Bandara KLIA dengan bus, gampang banget. Begitu keluar dari area gerbang bandara, keluar saja melalui pintu kiri. Di depan area ruang bandara, berjejer pertokoan mall bandara. Di seberang pintu kiri tersebut merupakan lorong pertokoan yang sangat lebar. Susuri saja lorong tersebut sampai ke bagian ujung lorong.

Pada bagian ujung lorong terdapat eskalator ke arah bawah, tujuan terminal bus bandara. Turun saja ke eskalator tersebut, dan begitu tiba di bawah, terdapat ruang tunggu yang merupakan terminal bandara KLIA. Ada beberapa loket yang terdapat di sana. Loket-loket tersebut melayani pembelian tiket bus ke kota-kota yang ada di Malaysia. Untuk ke Kuala Lumpur, tujuan bus tersebut adalah terminal/stasiun KL Sentral.

Di sana juga melayani penjalan tiket/kupon taksi yang tarifnya sudah ditetapkan oleh (mungkin ya) otoritas transportasi bandara KLIA. Jadi tinggal sebut saja kota tujuan maka petugasnya langsung menyebutkan ongkosnya. Dan juga akan memberitahukan jadwal keberangkatan yang ada.

Setelah melakukan pembayaran si ncik atau abang petugasnya akan mengarahkan kita ke gate penaikan bus atau taksi. Dan tunggu saja jadwal bus yang akan membawa kita ke Kuala Lumpur ataupun ke kota lainnya di Semenanjung Malaysia. Semudah itu dan segampang itu, hehehe.

Kalau kita naik taksi, silahkan datangi saja gate yang dibilang oleh si abang/ncik-nya. Di sana akan ada petugas yang akan memgkonfirmasi tiket kita. Ia pun segera memanggil taksi yang akan membawa kita ke tempat tujuan kita. Sopir taksi akan mengambil salah satu potongan tiket bagian dirinya, dan satu bagian buat penumpang.gampang kan yaa… 🙂

 

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s