Ilmu Koncek ~ Ilmu Katak

Gambar dari google.

Gambar dari google.

Horeee… Sekali lagi saya akan menulis lagi tentang perumpamaan kata dalam bahasa padang yaaa. Kalau dulu tentang pepatah alun takilek alah takalam, sekarang tentang Ilmu Koncek. Koncek?? Ya, koncek! Koncek tau? Oke, koncek dalam bahasa Padang artinya adalah katak atau kodok. Jadi ilmu koncek adalah ilmu kodok atau ilmu katak.

Lohhh…??? Katak atau kodok ini punya ilmu toh…? Atau ilmu kaya pendekar-pendekar silat itu??? kagak…hehehe Nggaklah, ini hanya perumpamaan saja. Ini adalah perumpamaan bagi seseorang yang suka bertindak atau melakukan sesuatu tanpa berpikir dulu atau tanpa merencanakan dulu. Itu yang disebut dengan ilmu koncek.

Kenapa disebut dengan ilmu koncek? Gini, kodok atau katak jalannya gimana hayo?? Yuuppp benar, meloncat-loncat atau melompat. Jadi orang yang berilmu koncek, kalau melakukan sesuatu seperti koncek yang melompat jika ingin melakukan sesuatu. Langsung dilakukan saat itu juga tanpa perencanaan sama sekali.

Bahasa kerennya inpulsif bukan yaa…? *obok-obok kamuss

Kadang-kadang ilmu koncek ini sangat bagus juga, karena seringkali kita ketika merencanakan melakukan sesuatu, malah nggak jadi-jadi. Tapi ketika melakukan sesuatu dengan perencanaan seringnya malah batal. Udah di rencanain matang-matang apa aja yang hendak dilakukan, tiba-tiba saja satu atau dua hari sebelum hari H, eh malah ngga jadi, bete banget kaaaannn

Contoh sederhananya adalah saya sering sama teman saya berniat pergi jalan-jalan pas lihat di kalender ada tanggal merah. Eh, seringnya malah nggak jadi. Jadi seringnya berpikir ntar kalau pas ada waktu lagi kepengen sesuatu seringnya tanpa rencana yang matang, hehehe. Paling nggak dadakan dalam satu atau dua hari aja.

Nggak bagusnya ilmu koncek ini adalah karena kita melakukan sesuatu tanpa perencanaan, sering banget dong kita lalai dalam berbagai persiapan. Atau juga ketika pada saat acara yang kita lakukan itu, ada aja yang mungkin kelupaan sesuatu. Itulah nggak enaknya ilmu koncek.

Teman-teman sendiri gimana, kalau ingin melakukan sesuatu harus dengan rencana yang matang dulu atau menggunakan prinsip ilmu koncek ini?

One thought on “Ilmu Koncek ~ Ilmu Katak

  1. Pingback: Jalan-Jalan Nekat ke Bali | Firsty Chrysant

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s