Kereta Bandara KLIA Kuala Lumpur : KLIA Ekspres dan KLIA Transit

Salah satu keunggulan transportasi bandara KLIA Kuala Lumpur di Malaysia adalah adanya kereta api Express Rail Link (ERL) dari pusat kota Kuala Lumpur di Terminal/Stasiun KL Sentral menuju KLIA. Kereta api Express Rail Link (ERL) ini membuat perjalanan dari Kuala Lumpur menuju bandara KLIA dan KLIA 2 ataupun sebaliknya menjadi sangat cepat. Sehingga bisa sangat menghemat waktu perjalanan.

Kereta bandara Express Rail Link (ERL) ini mempunyai dua jenis layanan kereta bandara KLIA ini. Yaitu KLIA Ekspres dan KLIA Transit. Tapi biasanya disebut KLIA Ekspres saja.

  1. KLIA Ekspres

KLIA Ekspres adalah kereta bandara layanan langsung dari Stasiun KL Sentral menuju bandara KLIA dan KLIA 2. Tidak ada transit atau pemberhentian di stasiun manapun. Jadi kita naik kereta di KL Sentral langsung menuju Bandara KLIA dan KLIA 2 atau sebaliknya tanpa berhenti. Ongkosnya sapai tahun lalu kalau ngga salah 50 RM. Nggak tau sekarang berapa tarifnya.

  1. KLIA Transit

KLIA Transit adalah kereta bandara KLIA – Kuala Lumpur Sentral yang transit di beberapa stasiun. Ada beberapa stasiun tempat pemberhentian diantaara KLUA dan KL Sentral yaitu, Stasiun BTS (Bandar Tasik Selatan), Stasiun Salak Tinggi, Stasiun Putrajaya/Cyberjaya dan KLIA serta KLIA 2. Ongkos KLIA Transit tergantung dari mana kita naik. Atau kalau kita naik dari KLIA, tarif ongkosnya tergantung dimana kita turun.

Saya pertama kali naik KLIA Ekspres waktu hendak pulang ke Padangdari KL. Kami beli tiketnya di KL Sentral. Dan kami naik KLIA Ekspres berempat dengan ongkos 35 RM/orang. Mahal sih ya. Berempat jadi 140 RM. Harusnya kalau kami naik taksi bakal masih ada kembaliannya, hehehe.

Tapi karena mau cepat, takut telat, dan mau nyoba mau naik kereta KLIA juga makanya kami beli saja tiket kereta bandara KLIA. Walaupun harga total tiketnya bikin kantong merintih-rintih karena mahalnya ongkos kereta KLIA ini.

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s