Pasar Milenial Benteng Van der Capellen Batusangka Sumatera Barat

Blog Pasar Milenial Van der Capellen

Salah satu Pasar Wisata Milenial yang aktif di Sumatera Barat selain Pasar Kubu Gadang adalah Pasar Milenila Van der Capellen di Kota Batusangka. Pasar ini berada di bekas Benteng Van der Capellen. Benteng Van der Capellen ini dibangun Kumpeni Belanda untuk menghadapi pasukan Paderi yang berpusat di Bonjol, arah utara Batusangka di Pasaman.

Lokasi pasar ini berada di lapangan di samping bekas benteng yang berada di puncak ketinggian Kota Batusangka. Di lapangan ini dibuat lapau-lapau atau pondok-pondok kecil dari kayu untuk pedagang pasar milenial. Walaupun lahan pasar wisata ini tidak terlalu luas, tapi cukup untuk menampung lapak-lapak penjual dan dan juga pengunjung yang datang ke sini.

Menurut hemat saya kalau mau membandingkan, suasana pasar ‘saisuak‘ alias pasar zaman ‘dahulu kala’ lebih terasa di Pasar Van der Capellen ini dibanding Pasar Kubu Gadang. Mungkin karena lapak-lapak atau lapau pedagang yang dibuat saling berhadapan dan lokasi pasar yang terkonsentrasi di satu lahan di bekas gedung peninggalan bersejarah, maka suasana pasar lama lebih terasa.

Apalagi ditambah dengan pakaian yang dikenakan pedagang dan sebagian pengunjung adalah pakaian zaman saisuak alias jaman baheula. Baik baju kuruang lama ataupun baju kebaya lama. Sehingga  membuat pasar van der Capellen ini lebih terasa budaya dan aura jaman ‘dahulu kala-nya.’ Suatu pemandangan yang sangat terlihat indah dan eksotik. Apalagi kalau kita lihat dalam foto-foto bidikan Uda Erison J. Kambari, berasa kita terlempar ke zaman sekian puluh tahun silam seperti yang terlihat dalam drama Siti Nurbaya.

Sementara Pasar Kubu Gadang yang lokasinya di jalan kampung, membuat pedagang berjejer berdampingan di sepanjang jalan. Jadi pasarnya memanjang di sepanjang jalan. Tetapi, pemandangan Pasar Kubu Gadang sangat indah dengan hamparan sawah dan pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi di depan pasar. Dan perbukitan kecil yang berada di sisi jalan.

Suasana desa dengan pemandangan sawah yang indah ini menjadi daya tarik utama Pasar Kubu Gadang. Dan ditambah lagi, karena pasar Kubu Gadang yang berada di pinggir sawah, sering diadakan pertunjukan silek lanyah alias silat di atas lumpur sawah. Pertunjukan silek lanyah ini menjadi daya tarik utama penampilan kesenian di Kubu Gadang. Dan juga di lain waktu diadakan lomba Baju Kurang Minang.

Untuk berbelanja makanan, tidak menggunakan mata uang rupiah biasa, tapi mata uang koin Van der Capellen yang terbuat dari kayu. Untuk berbelanja, pengunjung harus menukarkan uangnya dengan koin Van der Capellen sesuai nominal yang ia inginkan. Satu koin bernilai 2500 rupiah. Kalau pengunjung menukarkan uang 50k, tinggal dibagi 2500 maka ia akan mendapatkan 20 koin Van der Capellen.

Harga-harga makananan juga dihitung berdasarkan banyaknya koin. Misalnya harga sate (padang) 4 koin. Harga kerupuk kuah balado atau karupuak leak, 1 koin. Jadi nanti kita bayar sesuai jumlah koin makanan tersebut. Berbeda dengan mata uang yang dipakai di Kubu Gadang yang nilai koinnya sama seperti nilai uang rupiah sebenarnya, yakni 1k, 2k, 5 k, 10k.

Kalau soal makanannya, ada keunggulan masing-masing. Ada makanan yang tersedia di Kubu Gadang tapi tidak ada di Van der Capellen. Begitu juga sebaliknya. Itu berdasarkan ‘sepenglihatan’ saya pas ke sana ya. Ngga tau pas saya lagi ngga traveling ke sana. Tapi yang jelas, kedua pasar kuliner milenial tersebut asyik dan menyenangkan. Saya suka.

Jadi kalau teman-teman lagi jalan-jalan ke Sumatra Barat, dan berada di Batusangka pas hari Minggu, silahkan aja datang ke pasar milenial ini. Dan coba rasakan sensasi cita rasa aseli kuliner minang di sini. Walau mungkin ada yang kurang cocok dengan rasanya yang terlalu ‘kampung’ alias terlalu medho’ tapi paling ngga mencoba berbagai macam masakan padang di tempat aslinya,ranah minang.

 

 

 

 

 

 

 

7 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s