Senewen Janjian Dengan Orang Korea : Jangan On Time Deh

gambar : google
gambar : google

Korea, yang saat ini sudah dihitung sebagai negara maju pun juga termasuk yang sangat disiplin dalam saat janjian. Kalau mau buat janjian dengan orang korea kudu-kudu wajib on time. Karena kalau nggak tiap menit bakal dihubungi dan ditanyain terus udah sampai mana.

Nah, gimana kalau janji dengan orang korea? Hmmm… Kalau janjian dengan orang korea bikin saya rada senewen karena ke on time-an mereka. Daan.. Mau ngga mau harus menjadi manusia on time dengan arti yang sesungguhnya. Karena mereka emang benar-benar ngga suka dengan ngaret-nya orang kita.

Seringkali saya harus kasih estimasi waktu yang lebih panjang kalau ada janjian atau ada jadwal kelas sama mereka. Semisal kalau ke tempat janjian menempuh jarak 1 jam dalam keadaan jalanan setengah macet, maka saya harus berangkat 1,5 jam sebelumnya.

Orang korea kalau janjian biasanya sudah ada di tempat janjian 15 – 10 menit sebelum jam janjian. Dan ini sangat sering saya alami. Walaupun saya bilang saya sudah priper waktu lebih, tetap aja saya sering tiba pas pada jam janjian. Kadang-kadang telat 5 menit lebih kurang. Telat 5 menit ini aja hape saya sudah tang ting tung, wa dari orang yang janjian sama saya. Nanyain saya udah nyampe mana. Padahal saya lagi keluar lift mau menuju unit apate mereka.

Sering banget juga ya saya masih di baswei saat 15 menit sebelum jam janjian. Eh tu orang udah sms-sms terus, nelpon juga, nanya udah di mana. Waduuhh, saya keluar baswei mau ngga mau pake ojek booo…biar ga telat dan ga diteror mulu dengan sms atau wa nanyain dimana. Itu aja dia udah ribut nanyain udah di mana.

Pernah juga ya pas lagi ke Cikarang, mo ngajar. Hari itu kalo ngga salah ada demo buruh ato demo apa yang ke senayan, gilaaa tol dari arah cawang macet total. Jadi bus Lippo Cikarang Blok M tertahan di tol yang mau ke arah Komdak. Akibat bus tersebut juga terlambat balik ke arah Cikarang. Dan saya harus nunggu bis lebih dari 1,5 jam.

Eh, pas mau keluar tol cikarng macet gila juga. Mampet keluar tol. Alhasil saya udah telat setengah jam atau 35 menit-an deh. Daaaann akibatnya adalah mereka membatalkan kelas hari itu padahal saya udah keluar dari tol Cikarang, tinggal ke Lippo nya doang. Hwaaaaa nyebelin kaaaann… Udah buang waktu, ongkos ke sana bolak balik 50 – 60 ribu lagi..

Dan ngga jarang juga saya naik bus yang bukan ke Lippo tapi naik bus mayasari yang ke terminal Cikarang atau juga bus yang ke jababeka. Jadi dari pintu keluar toll Cikarang pusat mau ngga mau harus nyambung naik angkot lagi Lippo. Kalau waktu mulai ngajarnya 15 menit, saya selalu naik ojek dari sana biar ngga telat dan ngga di telponin mulu, di sms-in atau di wa-in mulu. Biaya transport jadi nambah lagi dong.

Padahal saya udah berangkat lebih cepat dan kecepatan bus 80 – 100 km (arah Bekasi Cikarang lancar jaya pada pagi hari). Yang bikin telat adalah nunggu busnya yang lama, atau busnya kejebak macet pas lagi ke arah Blok M, jadi bus tersebut juga telat balik ke arah Cikarang.

Pernah juga dong ya saya janjian jam 10, di kawasan Cilandak. Katanya sih di belakang Citos, dan saya sudah nyampe di citos jam setengah 10 kurang. Tapi taunya ngga persis di belakang citos, saya harus muter-muter ga jelas dulu nyari rumahnya. Mau naik angkot takut ntar bablas, mau ngga mau nyarinya jalan kaki. Tanya tukang ojek, warung, semuanya pada bilang kawasannya udah benar tapi rumahnya masih belum nemu (paling tukang pos yang benar-tau itu rumah).

Selama setengah jam, saya dibajiri sms udah di mana plus telpon beberapa kali. Dia nanya saya udah ada di mana. Padahal saya udah bilangin sedang nyari di belakang Citos. Tetaaap aja nelpon tiap sebentar. Ngap kan saya jadinya… Bukan  karena kecapean nyari rumahnya sembari jalan, tapi capek karena ditelepon n di sms terus, ga brenti-brenti. Padahal nyampe sana ‘cuma’ telat 5 menit doang!

Pokoknya, on time kalau janji sama orang korea itu kudu, wajib ngga pake sunat. Mereka hanya memberi toleransi 10 menit untuk menunggu teman yang janjian. Lewat dari 10 menit, mereka pergi. Jadi kalau yang biasanya janjian sama teman-teman indonesia ngaret 1 jam, fine-fine aja, jangan harap itu berlaku sama orang korea. Bayangkan dengan kita janjian jam 10 baru jalan jam 10.30… 🙂

Satu kata yang membuat orang korea ngga berdaya dengan alasan keterlambatan saya adalah : macet! Karena mereka pun sudah pasrah, nyerah, dan tidak berdaya dengan macetnya Jakarta, hahaaha. Apalagi kami mas n mba korea… 🙂

Jadi sodara-sodara kalau janji sama orang korea, jangan on time ya!!!! Lohhh, maksudnya??? Jangan on time maksudnya, kudu nyampe sebelum jam janjian, harus udah nyampe 10 – 15 sebelumnya… 🙂.

Kapan ya negara kita bisa disiplin kaya gitu yaa… *ngareepp

Advertisements

51 comments

  1. Eh gila ekstrim banget diteror telepon gitu haha. Kalo gw sih toleransi telat paling maximal 15 menit… kalo lebih ya tetep ditunggu tapi jangan harap ada janjian setelahnya. Kalo temen sendiri, janjian selanjutnya gw tunggu dia nelepon udah nyampe, gw baru jalan deh :p

    • Emang, ekstrim banget mereka dengan janjian…

      Hehehe… waah, kalo tempatnya deket sih gapapa baru jalan setelah temannya nunggu, kalau tempat janjiannya jauh gimana?

      Kalo aku biasanya selalu minta temanku, sms kalau udah jalan dan kalau sudah sampe daerah tertentu sms lagi… jadi aku bisa memperkirakan kapan aku jalan, biar aku ngga nunggu lama. ..

  2. aku juga pernah ngalamin tu. aku emank punya temen orang korea, mrk tiap tahun selalu datang k indonesia utk berlibur. temenku ini berasal dr kota iksan, kami berteman udah lama sekali sekitar 2 th kurang lebih. suatu hari dy bilang mw berkunjung k pulau lombok karna katanya yg dy dengar lombok tu indah utk diving. yah aku blg klo aku gak tinggal d lombok tp klo mw berkunjung d kotaku nanti aku bantu utk cari tour guide. ok, singkat cerita dy blg datang k kotaku dan aku blg gak bisa jemput karna aku masi kerja, dy datang bersama temen”nya dan sampe d surabaya sekitar jam 1-2 siang. dan dy blg bahwa dy menginap d hotel agak jauh dr bandara, ok lah aku blg klo aku akan datang menemuiny besok. dy udah tanya jam brapa tepatnya, aku blg sekitar pukul 10 pagi karna aku harus ijin bos aku utk ijin 1 hari gak masuk. ok bener aku bilang sekitar pukul 10 bertemu dengannya d hotel. yah namanya jg org indonesia terkenal yg namanya jam karet, aku keluar dr rumah tuh jam 9.30, jd aku pesan taxi sekitar pukul 9 lebih dan begitu aku keluar rumah naek taxi berangkat langsung menuju tempat janjian, aku pegi dolo k bank terus mampir dolo k toko roti. alhasil tersita waktu tersebut dan sampe d lokasi pukul 10.20, sekitar segituan ato mgkn jam 10.30 yg pasti telat dan gak sesuai janji. saat d taxi sekitar pukul 9.50 dy mulai kirim pesan lagi dimana? apa kmu tidak datang? apa ada macet? dll dy byk pertanyaan yg membuat aku sangat grogi karna aku yakin pasti telat. dan supir taxi ngeliat dr kaca dy bertanya “mbak lagi janjian yah?” aku blg “oh iyah pak, saya udah telat banget kyknya nih” dengan baik hati bapak taxi tuh menawarkan jalan alternatif yg bebas macet dan cepat sampai. yah aku blg mau ajah, lagian jg aku benar” telat. sampai d hotel d lobby, temenku blg, apakah ini kebiasaan orang indonesia? aku langsung shock dy berkata seperti itu. aku blg terus terang bahwa aku pergi k bank dan beli sesuatu untuk dy. trus dy blg, terima kasih, tp lain kali bisakah bila kita bertemu lagi, kamu keluar dari rumahmu 30 lebih cepat ato mungkin 15 menit lebih cepat dari waktu yg sekarang. aku berkali kali minta maaf karena aku terlambat, dan dy sangat menghargai permintaan maaf ku dan dy pun tersenyum kembali. kemudian dy bercerita soal org korea yg benar” on time. dy jg cerita punya temen org indonesia kerja d korea yg kebetulan pegawai baru dtempat dy bekerja. selalu telat 5-10 menit dr jam yg dtentukan.
    maap yah, sepertinya saya jd banyak cerita dsini. yah saya hanya berbagi pengalaman yg sama ajah 😀
    terima kasih banyak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s