Candi Prambanan ~ Jogja

DSC01525

Masih bercerita tentang jalan-jalan ke Jogja bulan Juni kemarin…🙂

Candi Borobudur udah, Malioboro juga udah, sekarang tempat yang bakal kami sambangi hari ini adalah Keraton Jogja dan Candi Prambanan. Candi Prambanan adalah situs Candi Hindu yang terdapat di Jogja.

Rabu pagi, aku, uni dan anaknya bersiap-siap jalan ke Candi Prambanan. Karena check out penginapannya jam 12 siang, kami menitipkan barang di resepsionis selama kami berkeliling Jogja.

Kami memutuskan menyewa motor untuk keliling Jogja. Di jalan Dagen tersedia beberapa tempat penyewaan motor.. Sewan hariannya per 12 jam, 50 ribu rupiah. Dua jenis identitas diri ditinggalkan sebagai jaminan plus foto wajah. Untungnya masalah jaminan identitas diri dan foto wajah ini bisa diwakilkan ke si uni aja, jadi aku terbebas dari semua persyaratan tersebut hehehe…

Rute pertama adalah Candi Prambanan dulu baru baru kemudian ke Kraton Jogja. Alasannya supaya nanti ngga terlalu kepanasan selama di Prambanan, kalau ke Prambanannya siang hari. Tapi rupanya itu keputusan yang salah karena ternyata ketika sudah tiba di kraton sore harinya, baru tau kalau keraton buka hanya sampai jam setengah 2 aja, huhuhu… Jadi ke kratonnya ngga bisa masuk, hanya nyampe luarnya aja…

Bermodal nanya tiap orang kalau bingung, alhamdulillah akhirnya nyampe juga di Prambanan. Pengunjung Prambanan sangat ramai. Mungkin juga karena lagi libur kali ya. Sama seperti kalau mau masuk ke Candi Brobudur, masuk ke area Candi Prambanan pun harus memakai kain batik yang di ikatkan di pinggang.

Kompleks Candi Prambanan memang tidak sebesar Candi Borobudur. Tetapi candi ini terdiri dari banyak candi. Karena ngga terlalu besar, jadinya ngga terlalu capek juga ngitarinnya, hehe… Hanya sayang banget yaaa, sebagian dari candi tersebut banyak yang sudah hancur dan reruntuhannya berserakan di di pelataran candi prambanan.

Sebenarnya aku pengen beli tiket terusan Candi Prambanan dan Candi Boko yang letaknya tidak terlalu berjauhan, tapi apa daya si uni maunya cukup Candi Prambanan aja. Ngga terlalu lama juga sih muter-muter dan istirahat sejenak di bawah pohon yang tumbuh di pelataran utama candi. Yang penting udah tau candi prambanan dan udah mengunjunginya hehehe. Sesederhana itu aja..🙂

Di bagian depan pelataran Candi Prambanan banyak berserakan reruntuhan batu-batu penyusun candi. Sementara candi utama juga sedang dalam pemugaran sehingga pengunjung tidak bisa ke dalamnya. Aduh sayang banget, padahal pengen banget liat patung Loro Jongrang yang melegenda itu, huhuhu…

Jujur, aku sangat senang liat candi ini. Asyik aja. Kalau Borobudur hanya ada satu candi aja, tapi candi Prambanan ini terdiiri dari banyak candi. Jadi bisa dibilang ini merupakan kompleks candi kali ya… Betapa hebatnya orang-orang jaman dulu ya bisa membuat bangunan megah dan rumit seperti candi Borobudur dan Prambanan.

Yang tadinya niat cuma berkunjung sekilas. Yang penting udah nyampe aja judulnya, eh jadinya lama juga.. Anak si uni juga pengen naik kuda. Abis itu shalat dulu di mushala dan berehat sejenak sambil tidur-tiduran. Keluar dari candi pun nyari-nyari rumah makan padang untuk makan siang. Akibatnya jalan-jalan ke kratonnya jadi telat. Nyampe kraton, jam kunjungan kraton udah tutup, hikssss…

Akhirannya kami bertiga hanya muter-muter ngga jelas sambil ngabisin waktu sewa motor. Tapi pada akhirannya malah nyasar ke Taman Sari. Hanya sayangnya, taman sari juga sudah tutup, hadeeeuuuhhh…😦

Tapi secara umum perjalanan ini menyenangkan. Kami pulang ke Jakarta naik kereta Lodaya malam tujuan Bandung karena semua tiket eksekutif ke Jakarta udah habis terjual. Di dalam kereta ini si uni mengalami musibah. Ia kehilangan tab Lenovonya yang baru dibeli sebulan yang lalu, plus uang 1,3 juta, huhuhu. Sediiiih dehh… Banyak foto-foto perjalanannnya di Singapura yang belum di back up ke komputer.

Yaahh… Kecopetan yang dialami si uni di dalam kereta ini merupakan pelajaran yang sangat berharga, bahwa kudu tetap harus sangat hati-hati walaupun naik kereta eksekutif…😦

2 thoughts on “Candi Prambanan ~ Jogja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s