Sarangbang (사랑방) and Sarangchae (사랑채) in Korean Traditional House

Ruangan untuk pria Gambar dari google
Ruangan untuk pria
Gambar dari google

Sarangbang (사랑방) bagian bangunan atau ruangan yang yang terdapat di dalam rumah tradisional korea, hanok (한옥). Ruangan ini diperuntukan bagi kaum kaum pria. Ruangan ini posisinya berada di bagian paling depan bangunan rumah. Di sarangbang (사랑방) inilah kaum pria menerima tamu dan juga belajar.

Di rumah petani dan rumah rakyat biasa yang ukurannya tidak besar, untuk memisahkan ruangan untuk pria (사랑방) dengan ruangan untuk wanita dan anak-anak (anbang/안방) biasanya menggunakan byeongpung/byôngpung (병풍) atau folding screen.

Tetapi rumah kaum bangsawan yang besar biasanya memisahkan bangunan antara bangunan untuk kaum pria dan bangunan untuk kaum wanita dan anak-anak. Bangunan sarangbang (사랑방) yang terpisah ini dengan disebut dengan sarangchae atau sarangchê (사랑채).

Di dalam sarangbang ini terdapat rak buku, meja belajar yang diatasnya tersedia 4 peralatan yang digunakan untuk belajar sehingga disebut dengan sahabat ruangan pelajar atau yang dikenal dengan munbangsau (문방사우).

Munbangsau (문방사우) atau 4 sahabat belajar ini adalah kertas belajar (종이), kuas (but/붓), batang tinta (meok/먹) dan tinta (byeoru/벼루). Dan juga ada folding screen yang berisi lukisan Four Gracious Plants, yaitu plum blossom, chrysanthemum, Orchid dan bambu. Four gracias plants ini disebut dengan sagunja (사군자).

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s