Giwajib (기와집) ~ Tile Roof House : Rumah Tradisional Korea Beratap Genteng

Gambar dari google

Gambar dari google

Giwajib (기와집) merupakan salah satu jenis rumah tradisional masyarakat Korea (hanok/한옥).  Giwajib (기와집) mempunyai atap yang terbuat dari genteng. Rumah model atap genteng atau giwajib (기와집) inilah yang kemudian umumnya kita kenal dengan sebutan hanok (한옥) secara umum.

Model rumah giwajib (기와집) ini merupakan tempat tinggal kaum kelas atas seperti kaum bangsawan atau yangban (양반) pada masa Dinasti Joseon/Josôn (조선) berkuasa di semenanjung Korea.

Giwajib (기와집) ini dibangun berdasarkan prinsip-prinsip confusian yang dianut oleh masyarakat Joseon/Josôn (조선). Misalnya memisahkan bangunan atau ruangan antara ruangan kaum pria dengan ruangan untuk kaum wanita dan anak-anak.

Kepala keluarga atau kaum laki-laki dewasa ditempatkan di bagian depan rumah yang disebut dengan sarangbang (사랑방). Sementara ruangan wanita dan anak-anak ditempatkan di bagian dalam rumah yang disebut dengan anbang (안방).

Pada rumah yang memisahkan sarangbangbang dengan anbang, bangunan untuk kepala keluarga disebut dengan sarangchae atau sarangchê (사랑채). Dan bangunan untuk kaum wanita dan anak-anak disebut dengan anchae/anchê (안채).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s