Kamu Demennya Cowok Korea Ya?

gambar dari google. Drama Kill Me Heal Me

Pertanyaan yang menjadi judul postingan ini, atau pertanyaan yang bernada sama dengan judul tersebut, sering banget ditujukan ke saya. Hanya karena saya menyukai drama korea dan bahasa Korea.Padahal ya, saya ngga maniak-maniak amat loh sama drama Korea, dibandingin orang lain mah.

“Tipe cowok yang lo mau yang kaya orang Korea ya?”
“Lo demennya cowok Korea ternyata!”
“Lo belajar bahasa Korea karena lo mau sama cowok Korea ya?” —-> (enak banget yah lo ngomong ya, gue susah-susah cari uang, trus gue buang-buang uang buat belajar bahasa korea hanya karena gue suka cowok korea? Ntuh mulut jangan asal ngejeplak aja dah kalau ngomong. Nih orang ngga pake mikir ngomongnya, hahaha…).

Continue reading

Cowok Korea Ganteng-Ganteng Ngga Sih?

Gambar dari googel. Suka ilalangnya... ^^

Gambar dari google.
Suka ilalangnya… ^^

Cowok korea ganteng-ganteng ngga sih? Hahaha… Itu adalah pertanyaan yang sering diajukan ke gue dari teman-teman yang suka korea tapi ngga punya akses bertemu, berkenalan dan berbicara dengan orang korea, khususnya cowok korea. Apa pasal? Karena mereka ingin memastikan apakah cowok korea yang bukan artis itu juga ganteng n keren kaya artis-artisnya yang sering mereka liat di tipi ato drama.

Pertanyaan kadang-kadang bikin saya tersenyum. Saya tersenyum melihat mereka yang pada penasaran. Mereka penasaran mungkin karena jarang banget atau hampir ngga pernah melihat orang korea secara langsung kali ya. Sementara kalau liat bule kan udah sering seliweran di mana-mana, jadi udah ngga asing.

Menjawab pertanyaan kaya gini rada-rada mikir juga sih gue ya. Secara gue bukan penggemar cowok korea atau oppa hunter ya, jadi cowok korea sih berasa biasa aja sama gue. Tapi beda kalau sama si akang Bae Yong Jun dan akang Song Seung Hoon yaa, xixixi… 🙂 *teteeeuup ini mah… ^.^

Kalau bagi gue sih ya… Kebanyakan artis korea itu emang keren, terlepas dari kenyataan bahwa mereka oplas atau nggak. Penampilan mereka emang enak diliat dan sedap dipandang… 🙂 Apalagi grup boyband-nya yang emang keren-keren banget. Mereka sangat kreatif dan inovatif untuk mencipkan hal-hal yang baru di dalam jagad hiburan. Terutama koreografi mereka keren, kata gue….

Di dalam drama juga gitu. Kayanya cowok tokoh utama itu rata-rata bikin hati penonton wanita seperti dibuai dengan penampilan mereka. Walaupun itu hanya ada di dalam drama aja sih. Bukan di dalam kehidupan sebenarnya. Semua orang korea yang gue kenal yang komen soal drama korea pasti ngomong kaya gitu.

Nah… Gimana sih cowok korea dalam kehidupan nyata? Apakah benar seganteng dan seromantis cowok-cowok yang ada di dalam drama korea? Hmmmmm *mikir 1000 kali…pake semedi dulu niihh hahaha* kata gue sih biasa aja yaa…. Sama aja kaya kita juga. Ada yang ganteng dan ada juga yang biasa-biasa aja. Cuma mereka menang di putih doang.

Cowok korea yang ketemu gue selama ini kebanyakan bisa dibilang biasa-biasa aja. Ngga yang istimewa-istimewa banget. Yang cakepan ada sih tapi bukan begaya cowok korea di drama gitu. Tinggi tubuh mereka juga rata-rata sama kok dengan kebanyakan cowok indonesia. Iris mata atau warna mata mereka juga sama-sama gelap, rambut juga sama itam. Muka (tampang) juga rata-rata sama juga lah. Pokoknya kalau bukan faktor kulit yang lebih putih dan mata yang sipit, secara umum sama aja. Beda dengan bule yang beda semua-semuanya.

Nah masalahnya adalah pendapat gue kan pendapat orang yang secara pribadi ngga suka cowok korea. Jadi objektif ngga sih?? Hehehe…

Kalau yang cewenya gimana dong? Kalau yang gue liat sih ya cewek korea emang banyak yang cakep-cakep. Ga cuman muka doang yang cakep, body juga ciiiinnnn…. Body mereka yang langsing-langsing sukses bikin gue yang gendut jadi sirik setengah hidup, hehehe.

Tapi yang bikin gue suka kesel sama cowok korea adalah, mereka terlalu geer-an. Ge-er kalau banyak cewek indonesia yang suka sama mereka. Geer aja kalau mereka diincar oleh para oppa hunter. Hadduueehhh… Kaya udah jadi orang paling ganteng sedunia aja deh… 🙂

Belakangan yang gue perhatiin adalah para bapak-bapak korea yang sudah 45 – 50 tahun ke atas. Entah kenapa ya, raut muka mereka itu mirip aja atao sama aja bagi gue yaa. Maksudnya, gimana ya, ngga ada yang berwajah ‘berminyak’ yang kalau makin tua keliatan makin arif. Ini raut mukanya kusut semua, keruh. Kayanya di jidad mereka penuh dengan masalaah aja deh. Satu dua sih ngga, tapi umumnya kaya gitu. Beda dengan orang kita yang kalau yang makin tua kayanya makin berminyak dan tampak makin arif *ga semua juga sih ya*. Ini hanya pendapat pribadi gue yaaa…

Perbandingan gue adalah bapak-bapak korea tersebut dengan bapak-bapak indonesia yang PNS atau karyawan kantoran gitu. Kan ngga mungkin jg bandinginnya dengan bapak-bapak indonesia yang kerja du sektor fisik yaa… Secara kerjaan mereka udah keras mau ga mau muka mereka juga terlihat keras dong yaa.

Jadi, ketika melihat cowok-cowok korea yang masih muda entah kenapa yang terbayang adalah wajahnya kalau sudah tua hahaha. Percaya deh. Kalau udah gitu gue yang secara pribadi ngga demen cowok korea makin susah suka sama cowok korea, beda halnya dengan teman-temanku lainnya yang memang banyak menyukai cowok korea

Makanya kalau ada yang bertanya apakah cowok korea ganteng atau tidak, pasti mikir dulu mau jawab apa. Soalnya selera kita beda-beda kan? Bagi gue, seringkali atau mas-mas tionghoa mangga dua dan tanah abang lebih gantengan dari sedikit orang korea yang pernah gue temui… 🙂

Lah, kok bandinginnya dengan mas-mas tionghoa mangga dua dan tanah abang sih? Hehehe… Karena secara fisik mereka kan lebih dekat yaa… sama-sama bermata sipit dan berkulit kuning ato putih. Jadi bagiku, lebih suka mas-mas tiongoa mangga dua dan tanah abang, hehehe *lebih cinta ploduk-ploduk Indonesia… 🙂.

Tapi, lagi-lagi ini menyangkut selera yaa… Kalau pendapatku sih begitu…:P

Tapi jawaban gue pada akhirnya adalah, liat aja artis-artis ato selebritis Indonesia, dan bandingin aja dengan kebanyan orang Indonesia. Sama, gue pikir korea juga dong yaa… Kalo udah jawab begitu, baru deh pada ber’oohh, iya juga yaaa…’ 🙂

Kalau kamu? Apakah cowok (di drama) korea ganteng-ganteng?

Anda Oppa Hunter atau Korean Man Hunter?

gambar dari google

gambar dari google

Di dalam pencarian yang nyasar ke blog saya, salah satu tema yang banyak masuk adalah tentang cowok korea. Ada yang bikin kata kunci pandangan cowok korea terhadap cewek Indonesia, atau, cowo kora di Jakarta, dan sejenisnya deh…. 🙂

Intinya, sangat banyak sekali yang berminat dan menaruh harapan untuk berhubungan dengan cowok korea. Oke, gue ngerti, pengaruh drama korea benar-benar merasuk ke dalam pikiran mereka kali yaaa… 🙂. Tentang bagaimana romantisnya cowok korea, tentang beruntungnya jadi pacar dari cowok korea.

Jadi saya berkesimpulan bahwa, oppa hunter ini sangat banyak di Indonesia mengingat, pencarian tentang cowok korea ini tinggi. Nah, untuk menjawab keinginan mereka yang oppa hunter ini, berikut gue kasih tips-tips bagaimana cara mewujudkan impian jadi cewek yang punya cowok korea yaaa… 🙂

*segitu diiidolainnyakah cowok cowok korea sekarang bagi banyak cewek Indonesia?? 😛

Apa aja itu…? Ini nih, simak yaaaa… 🙂

1. Belajar Bahasa Korea.
Yuuuup… Jika kamu adalah seorang oppa hunter yang menginginkan pria korea sebagai pacar atau suami, wajib alias kudu belajar bahasa korea. Alasannya? Tentunya supaya memudahkan kalian dalam berkomunikasi. Orang korea ngga kaya orang indonesia yang masih lentur lidahnya ngomong pake Inggris. Mereka lebih senang pake bahasa korea. Dan sangat respek banget sama orang non korea yang bisa bahasa korea.

Bisa aja sih bicara pake bahasa Inggris tapi tentunya ke depannya kamu mau ngga mau harus bisa bahasa korea juga kan?. Iya kalau kamu dan cowok tersebut sama-sama mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang memadai untuk sekadar berkomunikasi, kalau nggak? Repot banget kan?

Dan lagian ya jika kamu dan dia sama-sama mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik, bagaimana dengan keluarganya jika kalian nikah nantinya? Bisa ngga keluarga dia bicara pake bahasa Inggris? Kalau bisa syukur, kalau nggak? Masa iya kamu bicara sama mak-nya harus ditransletin mulu sama suamimu. Ngga lucu kan? Atau pake bahasa tarzan…? Makin ngga lagi dongg *ngikikk… 😛

Dan dari yang selama ini yang gue liat sih ya, kalau ketemu orang korea yang bisa bahasa inggris, kadang-kadang gue jadi keder, ngga tau dia ngomong apa (ini mah bahasa Inggris gue yang emang ceteeeeek banget ya… 😛 *nyengir lebar*). Awalnya ngga nangkap apa yang ia ucapkan tapi setelah diminta tolong dia tulis apa yang ia maksud ternyata itu adalah kosa kata harian yang gampang banget. Gue ngga bisa nangkap maksudnya karena mereka berbicara bahasa Inggris tetap dengan lafal korea mereka, hahaha. *kita juga sih, tapi parahan mereka*

2. Pahami Budaya Korea.
Ini adalah hal yang sangat penting yang harus kamu pahami. Bahwa kamu kudu memahami budaya mereka. Budaya yang saya maksud disini bukanlah seperti benda-budaya budaya kaya istana, rumah tradisional (hanok), pakaian korea (hanok), seni kaligrafi korea (seoye) dan segala macamnya yaa.

Kebiasaan-kebiasaan dan aturan-aturan yang ada dalam masyarakat korea apa aja sih? Banyaaaak. Misal, orang korea itu gila kerja, orang korea itu suka minum eh mabuk deng… semua orang pasti harus minum dong yaaa… xixixi :P. Kamu kudu tau bagaimana kebiasaan mereka ketika makan. Daaann lain sebagainya yang harus kamu pahami supaya ngga kaget nantinya serta memahami risiko yang bakal kamu hadapi.

 Juga bagaimana kalau janjian dengan orang korea. Oya sekadar info aja, bahkan ketika orang korea ngeliat kamu bener cara megang sumpit ketika makan, percaya deh mereka udah muji kamu abis-abisan… 🙂

Oya, info tambahan, bagi cowok korea, ketika mereka ngumpul, tujuan mereka ada 2, yaitu : satu, untuk minum alias mabok. Dan 2, untuk mencari wanita dan bersenang-senang dengan mereka. Ini saya dengar langsung dari dua laki-laki korea, murid saya yaa, pengakuan pacar teman saya… : So, lo harus siap lahir batin yaaa… 🙂. Tapi lagi-lagi gue tekankan yeee, ga semuanya juga kali yeee…., ada juga kok cowok korea yang ngga suka mabok (sesekali doang) sekadar ngumpul-ngumpul buat pergaulan aja 🙂

gambar google

gambar google

3. Tepat Waktu Saat Janjian.
Ini penting banget buat kamu ketahui bagaimana kalau janjian dengan orang korea. Orang korea, sebagai mana orang-orang negara maju lainnya, dikenal sebagai orang yang sangat on time ketika ada janjian. Mereka bisa bersikap jutek banget loh kalau ngeliat kita orang indonesia ngga on time. Jangan sampe gara-gara kamu ngga on time, dia jadi ilfil sama kamu loh, kecuali dia sudah cinta mati sama kamu.

Dan guee sering beberapa kali dijutekin sama orang korea karena telat janjian. Laaahhh dia kan udah tau jakarta kalo macet gimana. Sementara gue udah antispasi biar ga telat tapi telat juga mo gimana lagi…xixixi… 🙂

4. Tongkrongi Tempat Tongkrongan Orang Korea.
Eh, emang orang korea ada tempat tongkrongan khusus? Ngga juga sih, maksud gue nongkrong aja di tempat-tempat banyak orang koreanya. Di BIPA UI, atau Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, konon katanya banyak mahasiswa koreanya. Mereka belajar bahasa Indonesia karena kebanyakan memang mau bekerja dan berbisnis di Indonesia. Seberapa banyak orang korea di sana, gue juga ngga tau ya. Kalau emang mau silahkan main sendiri ke sana yaaa… 🙂

Kelapa Gading, juga merupakan tempat yang banyak orang koreanya. Di MOI, gampang banget gue nemu orang korea. Pernah ya gue janjian sama orang korea di warung kopi di MOI, weleh-weleh, isinya kebanyakan orang korea hehehe.

Di Cikarang, yang banyak perusahaan korea, juga buanyak banget orang korea. Tapi susah nyarinya boo karena mereka gila kerja kan? Hari minggu biasanya ngacir ke mall-mall elit di Jakarta…. 🙂

Belum lagi di beberapa apartemen yang saking banyaknya orang korea yang hilir mudik, berasa di sana kaya bukan Jakarta aja. Abisnya bahasa yang terdengar sebagian besar bahasa korea. Apartemen widuri di TB. Simatupang, Pondok Indah, Apartemen Amartapura (kalo ga salah namanya sih, itu lohh yang tinggi menjulang) di Lippo Karawaci, dan beberapa apate lainnyaa…

Soooo, kalo kamu mauu, silahkan wara-wiri aja di sana yaaaa… 🙂

4. Sering ikutin acara-acara yang berbau korea yang ada Jakarta dan sekitarnya.
Misal, mahasiswa BIPA UI yang korea (dulu) sering ngadain acara bazar makanan. Nah…tuh pantengin tuh. Liat di sana orang-orang korea yang masak dan jualan makanan korea. Puji-puji aja masakannya enak trus ajak ngomong-ngomong apa aja deh.

Daaann selanjutnya terserah andaa… :). Maksudnya? Yaaa.. kamu bisa tukeran no henpon atau menawarkan diri jadi guru bahasa Indonesia gratis bagi mereka. Jadi simbiosis mualisme bukan…? 🙂

5. Gunakan sosmed buat nyari cowok korea.
Jaman sekarang udah canggih mba. Banyak cara yang bisa kamu gunakan buat nyari cowok korea. Ngga cuma nyari di UI, Cikarang, Karawachi, Senopati, Wijaya, Darmawangsa, mall-mall, Kamu juga bisa gunakan sosmed buat nyari cowok korea.

Di FB, twitter, banyak banget bertebaran nama-nama korea. Berhubung gue ga punya akun instagram dan path, gue juga ga tau apakah di sana juga banyak orang korea. Di FB cukup ketik asal nama nama korea, maka akan muncul banyak pilihan nama korea. Silahkan add tuh orang-orang yeee. Kalao ga tau nama korea, lo ketik nama tokoh yang ada dalam drama korea maka akan banyak juga muncul nama-nama korea. Tapi ngga mungkin lah lo ngga tau nama korea kalau lo seorang oppa hunter kan?

6. You must beautifull and Langsing (bahasanya gado-gado yaah) .
Apa itu kalimat di atas? Hehehe… Woowww… Tendensius banget yaaa…? Ngga juga siyy… Soalnya gue hanya berbicara tentang fakta yang ada aja. Bahwa cowok korea itu suka wanita langsing benar adanya. Dan makna langsingnya cowok korea itu sangat beda dengan kita orang Indonesia. Cewek indonesia yang disebut langsing atau proporsional pun, bagi orang korea masih dibilang gemuk. Nah cewek indonesia yang kita bilang kurus atau cungkring, itulah makna langsing yang sesungguhnya bagi cowok korea… 🙂

Dulu yaa, ketika teman-teman Universitas Chungang datang ke sini, teman-teman saya mengajukan pertanyaan ke cowok-cowok korea, siapa badannya yang paling bagus dan langsing. Ditunjuk beberapa nama teman yang memunyai badang bagus proporsional (menurut selera Indonesia) dan yang kurus juga. Pilihan para cowok-cowok korea semunya adalah pada teman yang bagi orang Indonesia tergolong dalam golongan kurus. Golongan langsing menurut kita, bagi orang korea termasuk gemuk.

Begitu juga soal cantik dan berkulit putih. Yang saya tau, bagi cowok korea, wanita-wanita yang cantik itu adalah wanita korea. Dan mereka agak kurang suka dengan orang yang berkulit gelap. Tapi bukan semuanya ya… Ada juga kok yang suka dengan tipe kulit indonesia. Jadi banyak berdoa aja supaya kamu bertemu dengan cowok korea yang seperti itu yaaa… 🙂

Jadi, siap-siap aja dengan kenyataan di atas ya… kalau kamu merasa mempunyai badan gemuk, tapi pengeen banget punya cowok korea, boleh deh ikut fitnes dulu, hehehe, ini bercanda deng. Maksudnya berdoa juga supaya ketemu cowok korea yang ngga akan melihatmu secara fisik aja, oke… Karena itu adalah kenyataan yang harus kamu ketahui…… 🙂

7. Selamat berjuang. Aku doakankamu sukses dalam meraih impianmu mempunyai oppa korea yaaa.., hehehe

Dan selamat ngucapin “oppa… opaaa… saranghe….” gaya sok manja, hehehe *pissssss 😛