Kamu Demennya Cowok Korea Ya?

gambar dari google. Drama Kill Me Heal Me

Pertanyaan yang menjadi judul postingan ini, atau pertanyaan yang bernada sama dengan judul tersebut, sering banget ditujukan ke saya. Hanya karena saya menyukai drama korea dan bahasa Korea.Padahal ya, saya ngga maniak-maniak amat loh sama drama Korea, dibandingin orang lain mah.

“Tipe cowok yang lo mau yang kaya orang Korea ya?”
“Lo demennya cowok Korea ternyata!”
“Lo belajar bahasa Korea karena lo mau sama cowok Korea ya?” —-> (enak banget yah lo ngomong ya, gue susah-susah cari uang, trus gue buang-buang uang buat belajar bahasa korea hanya karena gue suka cowok korea? Ntuh mulut jangan asal ngejeplak aja dah kalau ngomong. Nih orang ngga pake mikir ngomongnya, hahaha…).

Continue reading

Seperti Anak Perawan di Sarang Penyamun

gambar dari google

gambar dari google

Tadi saya melihat file-file yang membuat saya menemukan satu nama. Nama murid saya, orang korea yang belajar bahasa Indonesia. Dia laki-laki yang usianya sebaya saya kali ya. Atau mungkin juga lebih tua atau lebih muda setahun dua tahun dari . Dia baru datang ke Indonesia belum sebulan saat itu dan dia diharuskan belajar bahasa Indonesia sama bos-nya.

Pabrik tempat perusahaannya ini di Cikarang, sekitar 35 km dari Jakarta. Itu dihitung dari kilometer tol. Tambah lagi ke Semanggi dan Harmoni Cideng, bisa 50 km kali jaraknya ya. Pulang pergi bisa 100 km kurang lebih kali yaaa…

Si mas korea ini awalnya minta belajar jam 5. Tapi karena mepet magrib saya ‘gontok-gontokan’ biar dimajuin setengah 5 supaya bisa kelar jam setengah 6, biar ngga bentrok sama magrib. Akhirnya sepakat mulai jam setengah 7, dan selesai jam 8 malam. Huuuuffff….

Okelah ngga papa juga kelar jam 8, toh bus Lippo Cikarang – Blok M, ada yang jalan jam 8.15. Dan biasanya bakal nyampe kos jam setengah 11 an. Jadi biar dapet bus yang jam 8.15 saya harus uber pake ojek. Karena kalu ngga, bus berikutnya adanya jam 9.30, yang artinya bisa nyampe kos jam setengah 12 an.

Pilihan lainnya adalah, saya harus nunggu bus Cikarang – Blok M di toll Cikarang pusat. Tapi bus umum gitu kan ga jelas waktunya. Beda dengan bus feeder lippo yang terjadwal. Atau bisa naik omprengan cikarang – cawang yang bermakna nyampe kos lebih malam lagi. Sedih nian deh ingat ginian….

Sekadar gambaran, si mas ini tinggal di mes bos yang masih lajang di dalam area pabrik. Yang jaraknya dari City Walk Lippo Cikarang 1,5 – 2 km. Dia tinggal sama temannya yang juga bosnya. Kebayang dong kiri kanan cuma pabrik yang terlihat sepi banget dari luar dan kalau malam asli rasanya seraaaaam amat. Kalo tiba-tiba ditodong orang jahat, wassalam deh. Mau triak minta tolong sepi gitu, siapa yang denger teriakan kita. Hanya memperbanyak baca ayat kursi, ayat pendek dan zikir aja supaya ketakutan sedikit ilang, hehehe *ampuni aku ya, Ya Allah, ingat Engkau hanya bila ada perlu aja*

Huhuhu…jadi sedih lagi ingat ginian. Gimana nggak ngajar di dalam mes pabrik. Ada sih si mbak pembantu tapi dia di belakang atau di dapur. Dan kadang-kadang kita juga di kantor dia di yang beda jalan di blok lain. Hanya berdua di dalam ruang meeting gedung kantor yang dikelilingi pabrik. Hmmm… Sedapkan? :p

Oke, saya pending dulu cerita si mas korea ini ya. Saya ingat satu drama korea yang pada scen tersebut konyol abis. Jadi, yang biasa nonton drama korea tau dong kalau pemain utama ceweknya duka berhayal yanh kadang-kadang liar bingit kann…? hihihi…

Di scen tersebut si cewek utama dan cowok utamanya lagi ‘terdampar’ berdua di sebuah rumah terpencil. Nah, pada saat itu si cewek itu berfantasi liar. Bahkan sangat liar, hahaha.

Si cewek tersebut membayangkan ia seakan cewek gatel dan genit yang berniat memperkosa si cowok. Dengan centilnya si cewek mendekati si cowok plus dengan mata genit bilang gini, “ayo mendekatlah! Jangan takut!” wkkwkwkwk

Sementara si cowok yang ketakutan akan diperkosa pelan-pelan beringsut menjauhi si cewek, sambil tangannya mendekap dadanya. Bayangkan ya, kedua tangannya bersilangan di depan dada persis seperti cewek ketakutan diganggu cowok jahat. Mukanya ketakutan unyu-unyu… hahaha.

Si cowok yang ketakutan makin beringsut menjauh. Dan pada akhirnya ganti scen menjadi si cowok yang terisak-menangis karena habis digagahi dilembuti si cewek. Dengan tenangnya si cewek ngomong gini, “Ayolah… Tidak apa-apa, jangan takut! Nanti aku akan bertanggung jawab.” *hahahahahaha…sampe adegan ini aku aseli ngakak abiiss, kocaaaaakk bingit kaaaannn… Yang ada justru dia mutung dan si cowok yang untung*

Sampe adegan ini si cewek yang lagi berkhayal liar ini ketawa ngakak membayangkan hayalannya sendiri. Hahahaha.

gambar : google

gambar : google

Nah, apa hubungannya cerita di atas dengan apa yang saya alami ketika ngajarin si mas korea tersebut? Apakah saya mempunyai khayalan liar juga seperti cowok tokoh utama tersebut? Hahaha… Benaaaarrr banget. Saya juga mempunyai khayalan liar yang mirip tapi tak sama dengan dengan adegan di atas.

Jadi gini, katanya ya kalau ternyata cewek indonesia emang dikenal suka pria asing. Terutama bule kan ya. Dalam jodoh online pun katanya emang banyak banget cewek indonesia yang nyari cowok asing, (lagi-lagi) utamanya bule kan. Makanya ada istilah bule hunter kan.

Dan karena pengaruh hallyu dan drama korea yang sekarang meraja lela di indonesia pria korea juga diminati cewek indonesia. Kita sebut saja mereka ini dengan hanguk namja hunter atau korean man hunter, hehe (udah ada belum sih yang kasih istilah ini? kalo belum aku aja yang ngasih ya… hahaha). Oya, hanguk artinya korea, namja artinya laki-laki atau cowok. Jadi hanguk namja artinya cowok korea.

Interaksi saya dengan orang korea memang belum lama, baru empat tahunan. Tapi sependek pengetahuan saya selama berinteraksi dengan orang korea selama satu setengah tahun mengajar bahasa indonesia buat orang korea, saya jadi berpikiran jangan-jangan mereka para cowok korea ini ‘dibekali pengetahuan’ bahwa cewek indonesia suka cowok luar kali yaa. Termasuk juga suka pada cowok korea, hahaha.

Begitu juga dengan si mas korea yang satu ini. Dia mungkin juga mungkin berpikiran bahwa cewek indonesia yang menyukai korea dan mempelajari bahasa korea, kemungkinan besar juga menyukai cowok korea, termasuk saya. Phliiiissss deh mas…. Gue masih penyuka  cowok indonesia keleeeeesss… Bagi gue “korean language yes, korean culture yes, but korean man no. Gue masih cinta ploduk-ploduk Endonesia kaleee.

Apa sebabnya saya berpikiran kaya gitu? Gini, kan tadi udah saya jelasin situasi tempat saya ngajar kan? Sepi di tengah pabrik. Hanya berdua saja di ruangan, tapi sepertinya dalam kondisi yang seperti itu malah dia yang gugup saat belajar. Dia yang gugupan pas lagi berdua belajar sama saya, bukan saya. Harusnya saya dong ya yang gugup gitu… Secara saya cewek, dia cowok. Di tengah areal pabrik pula. Saya yang harusnya khawatir. Tapi ini malah kebalik, hehehe.

Suatu kali, pas lagi nulis di kertas yang sama (saya menulis dengan posisi terbalik. Kertas masih menghadap ke dia). Pas nulis tersebut tanpa sengaja tangan kiri saya menyentuh tangan kanannya. Wuaaw…he em… Tau ngga reaksinya gimana? Reflek dia menarik tangannya dengan gugup hahahaha….

*Helooowww, lo jangan lebay gitu deh mas korea… Lo kira gue sengaja nyentuh tangan lo biar jantung lo dag dig dug der karena sentuhan gue dan kemudian mengirim getar-getar asmara di hati lo ke gue gethooo… Phliiiiiissss deh… Mimpi kali yeeee* hahahaha. Konyol kan murid gue yang satu ini?? 😀

Dan dalam ngajar percakapan kan ada materi ‘anda berasal dari mana (di Korea)‘ atau ‘anda orang mana (di Korea)?’ kan? Nah pas pelajari materi ini, dia langsung menukas gini, “saya ngga mau belajar yang sifatnya pribadi!”

Haaaaaaa??????? Pertanyaan dalam latihan percakapan itu bersifat pribadiiii??? Itu kan materi belajar dan latihan Masss…. *tarik napas dalam-dalam, semburin ke dia.

Nah loo… Saya kaget dong. Ini materi biasa yang ada dalam semua pelajaran bahasa manapun untuk latihan percakapan. Tapi entah kenapa dia menganggap pertanyaan tersebut sebagai pertanyaan pribadi??? Mungkin bagi dia percakapan sederhana itu dianggapnya sebagai cara saya ‘mencongkel’ informasi tantang dirinya githooo? Hellllooeww siapa lo? Lo kira gue gue korean man hunter? Lo kira gue oppa hunter getho yanh langsung klepak klepek liat cowok korea? Sori yeee… *lap keringat karena emosi jiwa.

Konyol kan dia kakaaaa? Ngeliat dia yang kaya gitu saya jadi berfikiran mungkin aja saat itu dia sedang ketakutan dengan keberduaan kami di ruangan tersebut. Saya jadi berfikir jangan-jangan dia lagi ketakutan dan berkhayal seperti adegan khalayan liar seperti cewek di drama korea di atas ya : bahw saya lagi merayu dia *mual*, saya genit-genit sama dia *muntah* dan berusaha ‘nyerang’ dia, mengejar dia, dan dia  berusaha menjauh dari saya sambil mendekap dadanya seperti di scen drama di atas sambil berkata “tolong, jangan mendekat! Jangan sakiti saya…!!” hahahaha. *ini mah fantasi gue parah amat juga yaaa, hahaha*

Trus lagi dia berkhayal saya merangkul dia, memeluk dia, glenjotan ke dia dan bilang, “oppa…oppa…saranghe! Oppaaaa….” *gaya kenes centil ala cewek korea di drama korea* hahahaha…

*plak…plak…plak… Nepok-nepok hayalan liar yang nyantel di kepala* Jijay bajaaaiii deehhh….hahahaha…

Maaf ya mas… Masa lo-nya aja yang bersikap seperti ‘Anak Perawan di Sarang Penyamun’ sihh. Anda salah sambuung Mas, gue bukan korean man hunter, bukan oppa hunter, bukan hanguk namja hunter yaaa… Gue masih cinta ploduk-ploduk indonesia…xixixixi

Oppa Hunter ~ Korean Man Hunter ~ Hanguk Namja Hunter

Gambar dari google

Gambar dari google

Sebenarnya aku ngga tau apa ada istilah korean man hunter atau hanguk namja hunter dalam pergaulan sekarangya. Tapi ya udah ga apapa aku nyontek aja deh istilah bule hunter buat para wanita indonesia yang menginginkan cowok korea sebagai cowok atau pasangan hidupnya.

Dan aku pikir lebih asyik aja kali ya nyebutnya dengan oppa-oppa hunter alias para pencari oppa-appa (korea). Arti hunter aku perhalus aja ya…. hehehe.

Drama korea yang merupakan bagian dari hallyu bisa dibilang sangat berhasil membuat wanita-wanita non korea melirik pria-pria korea. Gimana nggak, di drama korea, cowok-cowok korea digambarkan sebagai cowok yang sangat romantis yang membuat hati para wanita jadi klepek-klepek.

Hati wanita mana coba yang ngga tersentuh dengan jalinan cinta antara Kang Junsang dengan Yoojin dalam Winter Sonata yang membuat air mata mengalir membasahi pipi. Cinta mereka penuh lika liku yang panjang tapi nggak lebay kaya sinetron indonesia.

Drama drama lainnya yang melow Endless Love, Sad Sonata, Stairway to Heaven Beautiful Days, Memorize of Bali menyuguhkan betapa besarnya cinta cowok korea terhadap pasangannya. Juga drama komedi romantis seperti Full House, Rooftop Prince, Sungyungwan Scandal, My Princess dan lain sebagainya deh pokoknya (jadi lupa judul-judulnya hehe), sampe drama klasik 해를 품은 달 (the moon that embrace the sun) menggambarkan hal yang sama, bahwa : cowok korea itu saaangat romantis dan sangat setia.

Di Jakarta, tempat yang banyak cowok korea muda dan mudah diajak ngobrol dan dijadiin teman adalah di UI Depok. Kebanyakan dari mereka adalah siswa-siswa BIPA UI (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing UI). Mereka umumnya tinggal di apartemen di sekitaran UI. Nah, jika ada diantara kamu yang oppa hunter, silahkan cari mereka ke UI  Depok yaa… Tapi ingat ngga semuanya masih muda loh, ada juga yang udah bapak-bapak yang mau bisnis di sini… 🙂

gambar dr google

gambar dr google

Banyak ngga sih wanita indonesia yang suka atau menginginkan cowok korea sebagai pacar atau suaminya? Kalau bule hunter kan kayanya banyak ya sampe-sampe banyak bangat nemu postingan tentang ini. Kalo korean man hunter, hmmm aku ngga tau ya secara aku kan tipe kuper gitu deh dalam perkembangan informasi kaya gini. Banyak hal yang berhubungan tentang korea aku ketinggalan. Apalagi soal link, cetek banget deh hahaha.

Tapi aku cukup tau dari sedikit yang ku ketahui ada wanita-wanita yang korean man hunter.

Dulu aku kenal orang-orang (cewek) yang kalau ada acara yang berhubungan dengan korea pasti langsung cap cus ke acara tersebut. Dan biasanya target yang dicapai biasanya adalah namja alias cowok. Dan begitu acara selesai, biasanya ntar yang (lebih) diomongin adalah tentang namjanya hehehe. Ya wajar dong ya, secara kebanyakan (atau hampir semuanya) mereka biasanya adalah cewek.

Bagaimana dengan diriku? Apakah juga suka ikut acara-acara tersebut? Hmmm kalau aku sih, kalau semisalnya ada waktu aku mau ikut. Kalau nggak sempat ya nggak ikut. Alasan aku ikut lebih ke koreanya aja. Bukan karena cowoknya. Maklum beda masa sih yaa… Kalau mereka kan rata-rata kan tamatan sma, jadi wajar masih semangat ngejar-ngejar cowok impian kan? Hehehehe…

Jadi dengan umur yang beda rasanya udah ngga mau bercekakak-cekikik cerita tentang para oppa-oppa mereka ya. Bahkan kalau aku juga seusia mereka setamatan sma atau awal-awal 20 an, rasanya dengan karakterku yang sangat introvert, aku juga ngga bakalan bisa seperti mereka, xixixi.

Mereka ini kalau ngumpul seringnya yang diomongin hanyalah tentang oppa. Bahwa oppa itu ganteng oppa ono keren, dan oppa ntu cakeep. Bahwa kemarin ketemu sama oppa ini dan oppa itu di apartemen mereke. Bahwa kemarin makan bersama oppa ini atau oppa itu. Atau bahwa mereka akan bertemu dengan si oppa nanti sore atau besok pagi, hehehe….

Dan ntar juga ada yang ngomong gini nih, “Si J oppa sakit looh… Udah liat blm? Gue sih udah nengokin dia kemaren di apartemennya.” Jadi semuanya adalah tentang oppa. All about oppa… 🙂

gambar google

gambar google

Dan yang lucu adalah ada seorang, anggap saja si A, mempunyai teman korea yang banyak di fesbuk, terutama teman cowok. Salah seorang teman cowok korea si A yana tinggal di Jakarta ini kemudian meng-add si B, teman si A. Si A jadi kesel sama si B, maka si A me-remove pertemannya dengan si B. Alasannya apa? ‘gue udah capek-capek nyari teman (cowok) korea, eh enak aja ambil teman gue tanpa bilang-bilang. Ngomong kek!

Haaaaaa????? Segitunya kah? Hahahaha…. 🙂 Sampai akhiranya mereka ngga saling tegor sapa. Laahh… Yang namanya add meng add teman di fb itu biasa kali ya. Tapi ini bisa jadi bikin brantem, hehehe. Sepele kan?

Bahkan ada cewek yang berjilbab (katanya berjilbab dipaksa ayahnya) setiap ketemu para oppa ini buka jilbab booo… Sementara aku pernah liat dia make jilbab di kesempatan lain… Astagaaaa *tepok jidat*

Ajaib yaaa, ternyata cowok korea jadi idola baru, hahaha.

Daaann yang lebih konyol adalah, ada seorang (anggap X ya) yang bertanya pada seorang (anggap Y) lainnya yang punya pacar cowok korea. Pertanyaannya adalah :

X : Cowok korea kalau pacaran gimana?
Y : Mereka tuh ya kalau pacaran suka ciuman. * Si Y jawabnya malu-malu gitu*
X : Masa sih?
Y : Iya… * wajahnya senyum simpul, mungkin mengenang apa yang ia alami kali ya, suuzon hahaha*
X : Eh, emang kalau mereka ciumannya gimana sih? *Si X makin penasaran, dan si Y makin malu-malu gitu. Hay haayyy*
Y : (Agak berbisik) Mereka suka kalau ciuman mainin lidah.
X : Masa sih? ——> Ya iyalah mainin lidah… masa mainin layang-layang, hehehehe : edited dari komen Mas Jampang.

*Mereka cekakak cekikik. Dan aku yang dengar pembicaraan mereka senyum-senyum aja. Bukanya sekarang orang Indonesia katanya kalau pacaran juga sudah banyak yang ciuman juga kan ya?*

(X, Y) : Ih, Ka Firsty senyum-senyum. Dengerin aja deh… *wakkkkakak*
Gue : Kalian ngomongnya pake toa mesjid, gimana gue ngga denger… 🙂
X : Ka, emang kalao ciuman mainin lidah gimana sih?

*penasaran buuuu?? Laah… Nanya ke gue, salah orang laah, lebih pengalaman kalian kaeleeeees hahahaa*

Gue : *sok senyum bijak* jadi gini, kata teman gue yang udah nikah, kalo cowok nyiumnya udah mainin lidah, artinya dia minta lebih dari sekadar ciuman.

(X, Y) : – Maksudnya minta lebih ka…?
– Maksudnya apaan sih ka?
Gue : Kalian ngerti sendiri laahh.. Udah gede juga…
(X, Y) : – Maksudnya ngajak tidur ka?
– ML maksud kaka?
Gue : Katanya siiihh… Gue mana tau… 🙂
(X, Y) : Haaaaa???? Masa sih kaaa???
Gue : Katanya gitu, tapi gue mana tau juga. Yang penting kalian hati-hati aja jaga diri. Jangan sampai bablas.aja… *sok bijak lagi xixixi. Soal pacaran ilmu mereka lebih dalam dari gue keleesss, xixixixi*

Naahh…. Sekarang pertanyaannya adalah, benarkah cowok korea itu seromantis yang ada di drama? Hmmm… Kata orang-orang korea yang bilang ke aku sih nggaaa… Itu hanya ada di drama doang…hehehe. Ntar yaaa… Bakal ada post tentang ini. 🙂

Tapi yang aku ngga menjeneralisir loh ya. Bisa saja semua orang korea yang kenal bilang, cowok korea ngga seromantis yang terlihat di drama, tapi bisa saja kamu ketemu orang korea yang romantis yang sangaattt mencintai kamu kaya yang ada di drama. Yang kutulis kan sejauh yang aku tau aja… 🙂

So… Siapa di sini yang jadi atau mau jadi oppa hunter…? Tunggu juga postinganku tentang apa-apa aja yang harus kamu lakukan jika kamu adalah oppa hunter yaaa 🙂