Ilmu Koncek ~ Ilmu Katak

Gambar dari google.

Gambar dari google.

Horeee… Sekali lagi saya akan menulis lagi tentang perumpamaan kata dalam bahasa padang yaaa. Kalau dulu tentang pepatah alun takilek alah takalam, sekarang tentang Ilmu Koncek. Koncek?? Ya, koncek! Koncek tau? Oke, koncek dalam bahasa Padang artinya adalah katak atau kodok. Jadi ilmu koncek adalah ilmu kodok atau ilmu katak.

Lohhh…??? Katak atau kodok ini punya ilmu toh…? Atau ilmu kaya pendekar-pendekar silat itu??? kagak…hehehe Nggaklah, ini hanya perumpamaan saja. Ini adalah perumpamaan bagi seseorang yang suka bertindak atau melakukan sesuatu tanpa berpikir dulu atau tanpa merencanakan dulu. Itu yang disebut dengan ilmu koncek.

Kenapa disebut dengan ilmu koncek? Gini, kodok atau katak jalannya gimana hayo?? Yuuppp benar, meloncat-loncat atau melompat. Jadi orang yang berilmu koncek, kalau melakukan sesuatu seperti koncek yang melompat jika ingin melakukan sesuatu. Langsung dilakukan saat itu juga tanpa perencanaan sama sekali.

Bahasa kerennya inpulsif bukan yaa…? *obok-obok kamuss

Kadang-kadang ilmu koncek ini sangat bagus juga, karena seringkali kita ketika merencanakan melakukan sesuatu, malah nggak jadi-jadi. Tapi ketika melakukan sesuatu dengan perencanaan seringnya malah batal. Udah di rencanain matang-matang apa aja yang hendak dilakukan, tiba-tiba saja satu atau dua hari sebelum hari H, eh malah ngga jadi, bete banget kaaaannn

Contoh sederhananya adalah saya sering sama teman saya berniat pergi jalan-jalan pas lihat di kalender ada tanggal merah. Eh, seringnya malah nggak jadi. Jadi seringnya berpikir ntar kalau pas ada waktu lagi kepengen sesuatu seringnya tanpa rencana yang matang, hehehe. Paling nggak dadakan dalam satu atau dua hari aja.

Nggak bagusnya ilmu koncek ini adalah karena kita melakukan sesuatu tanpa perencanaan, sering banget dong kita lalai dalam berbagai persiapan. Atau juga ketika pada saat acara yang kita lakukan itu, ada aja yang mungkin kelupaan sesuatu. Itulah nggak enaknya ilmu koncek.

Teman-teman sendiri gimana, kalau ingin melakukan sesuatu harus dengan rencana yang matang dulu atau menggunakan prinsip ilmu koncek ini?

Advertisements

Alun Takilek Alah Takalam, Belum Berkilat (Bersinar/bercahaya) Sudah Gelap Lagi

Alun Takilek Alah Takalam. Belum Berkilat (Bersinar/bercahaya) Sudah Gelap Lagi, Ikan di Air Sudah Ketahuan Jantan atau Betina”. Wuisss, mantap nih, Sakti banget dong, belum bersinar sudah gelap lagi. Hehehe… Nggak lah itu hanya sebuah pepatah aja kok. Pepatah dari Padang.

Setiap daerah di manapun pasti memiliki pribahasa sendiri dalam mengungkapkan sesuatu. Begitu juga di Padang, ada istilah yang disebut dengan “Alun Takilek Alah Takalam, Ikan di Aia Alah Tau Jantan Jo Batino ~ Belum Terkilat (Bersinar) Sudah Gelap Lagi, Ikan di Air Sudah Ketahuan Jantan atau Betina”.

Continue reading