Seollal, 설날, Perayaan Tahun Baru Korea

Udah lama nih saya ngga nulis tentang korea (dan udah lama ngga nulis juga sih, hehehe). Kangen juga euy. dan mumpung lagi hangat, saya bikin dah tulisan tentang Korea 🙂

Bagi kita orang Indonesia mungkin sudah sangat akrab dengan yang namanya Hari Raya Imlek, atau hari raya tahun baru Cina. Maklum kalau sudah imlek, mol-mol menghias mol untuk perayaan imlek dengan sangat meriah. Hari raya ini merupakan hari raya yang penanggalannya berdasarkan peredaran bulan, atau penanggalan Qamariyah. Tahun Imlek jatuh pada tanggal 28 Januari kemaren kan ya.

Continue reading

Perayaan Seollal 설날 di Pusat Kebudayaan Korea atau KCC

20170130_151948.jpg

Hari Senin yang lalu, saya ada urusan sedikit ke wilayah Mampang. Setelah urusan selesai, saya mampir ke KCC atau Pusat Kebudayaan Korea yang ada di SCBD Sidirman. Tujuan saya tak lain dan tak bukan adalan buat nyari wipi yang kenceng di sana. Dasar pakir wipi, hahaha.

Continue reading

Konser Gugak ~ Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Kuningan

IMG-20151010-WA0004~

Hari Sabtu 10 Oktober kemarin, saya berkesempatan nonton konser musik Gugak di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail di Kuningan. Sejak tau informasi bakal ada pertunjukan musik Gugak, saya sangat ingin mendapatkan satu tiket pertunjukan tersebut. Saya berusaha mendapatkan tiket gratis yang biasanya disebar KCC (Korean Cultural Centre ~ 한국문화원).

Awalnya saya tidak mendapatkannya meski tanya sana sini. Saya tanya ke seseorang yang biasanya menyediakan tiket undangan, tetapi dia menjawab sudah habis (padahal masih ada sebenarnya, hehehe : Boong aja dia). Ya sudah mau bagaimana lagi, saya harus melupakan keinginan menonton pertunjukan musik Gugak Korea.

Continue reading

Pameran Lukisan Modern Korea di Korea Cultural Centre

wpid-20131122_180349.jpg

Dream of Fish by Seo Jae Heung

Pada tanggal 22 – 28 November 2013, Korean Cultural Centre mengadakan pameran lukisan yang bertajuk : Korean Modern Art Partcipation Exhibitin. Pameran ini merupakan salah satu perayaan 40 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Korea.

Pameran ini disponsori oleh : Korean International Art Association. Gwangju Artis association. Aacara ini dibuka oleh pimpinan KCC beserta pelukisnya. Setelah acara pembukaan, seperti biasa, ada acara makan-makan, hehehe… *teteup dah suka dengan acara makan-makan makanan korea ini : habis mahal kalo beli di resto korea boook 😛

Continue reading