Kopi Kawa Daun : Minuman Khas Sumatera Barat

Ngopi adalah istilah keren untuk menyebut aktifitas minum kopi. Ngopi itu enak, dan juga asyik. Apalagi ngopi tersebut dilakukan bareng-bareng bersama teman-teman. Ngopi sudah menjadi gaya hidup semua lapisan masyarakat. Di Jakarta, ngopi seringkali dilakukan di mol, kad-kafe, atau tempat tongkrongan mahal lainnya.

Di Sumatera Barat ada minuman untuk ‘ngopi’ yang sedang tren sejak sekitar tiga tahun ini. Nama minuman tersebut adalah minuman Kopi Kawa. Ada juga yang menyebutnya Kawa Daun atau juga Kopi Daun Kawa. Jadi kopi kawa ini menjadi menjadi minuman yang wajib dicoba kalau teman-teman berliburan di Sumatera Barat.

Continue reading

Advertisements

Ngebolang Sendirian ke Danau Tarusan Kamang, Bukittinggi

Pagi-pagi sehabis shalat subuh, saya segera beberes : mandi, dan bersiap-siap berangkat ke Kota Bukittingi. Jam 6 kurang saya sudah jalan dari rumah ke pasar raya solok, tempat mangkal bus tujuan ke berbagai kota di Sumatera Barat. Pada pagi hari sebelum jam 7, bus antar kota antar provinsi diizinkan mangkal di Pasar Raya Solok.

Hari masih gelap ketika saya keluar rumah dan naik bus, (minibus sih tepatnya). Sekitar jam 6 lewat 5 atau 10, bus bergerak ke arah Bukittinggi. Karena mata saya masih sangat mengantuk, saya tidur lagi di bus. Lumayan lah sekedar merem-in mata setengah jam lebih sampai waktu minta ongkos di tempat pemeriksaan jumlah penumpang di pinggir Danau Singkarak di daerah Ombilin.

Continue reading

Danau Tarusan Kamang, Bukittinggi, Agam : Danau Dua Wajah

permukaan air tarusan yang sudah surut

Tahun 2015, Tarusan Kamang mendadak terkenal di kalangan jagat sosial media. Ia sontak menjadi terkenal di Sumatera Barat. Tarusan Kamang merupakan telaga yang besar yang ada di daerah Kamang, Bukittinggi. Lebaran 2015, berbondong-bondong masyarakat liburan ke sana. Padahal, tarusan tersebut sudah lama ada, tapi tiba-tiba jadi populer karena peran sosial media

Nama telaga yang biasa disebut tarusan oleh masyarakat di sana (nama nagari di sana juga bernama Tarusan), tiba-tiba berubah juga menjadi Danau Tarusan Kamang. Padahal tarusan sendiri bisa berarti telaga atau sumber air. Jadi, selanjutnya saya akan menyebutnya tarusan saja ya.

Continue reading

Padang Mangateh Payokumbuah, Limopuluh Kota

Nama peternakan Padang Mangateh sontak menjadi terkenal ketika Presiden Jokowi berkunjung ke sana. Katanya pemandangan padang rumput di sana sangat indah. Indahnya seperti di Selandia Baru, katanya. Sebuah perumpamaan yang bikin tersenyum aja nih. Masa iya segitu indahnya tapi tidak terdengar selama ini?

Perumpamaan keindahan Peternakan Padang Mangateh seperti pemandangan di Selandia Baru membuat saya tersenyum karena merasa kocak. Tapi tetap saja bikin saya dan teman penasaran pengen main ke sana. Saya dan sahabat saya akhirnya pergi raun-raun paniang ke peternakan Padang Mangateh, *benerin jilbab.*

Continue reading

Sisi Lain Wajah Wisata Sumatera Barat : Sampah-Sampah Yang Berserakan di Pusat Wisata

Judul postingan saya di atas mungkin ‘terdengar’ sangat hiperbolik, sangat berlebihan. Tapi setelah saya renungkan lagi, saya pikir itu bukan sesuatu yang hiperbola. Judul di atas adalah kenyataan yang terjadi si banyak daerah wisata di Sumatera Barat. Sangat miris memang. Dan sangat menyedihkan.

Akan banyak bukti-bukti nyata atas postingan ini. Paling tidak ini terjadi sampai lebaran tahun 2015 yang lalu, yang saya liat dan saksikan dengan mata kepala sendiri. Jadi kalau sekarang sudah ngga ada lagi, alhamdulillah. Bahwa pelaku wisata di sana sudah sadar wisata.

Continue reading

Ngebolang ke Peternakan Padang Mangateh, Payakumbuah Pakai Motor

Di Payakumbuh, (tepatnya Kabupaten 50 Koto sih) ada tempat wisata yang mendadak naik daun. Namanya Peternakan Padang Mangateh. Peternakan Padang Mangateh ini mendadak terkenal sejak dikunjungi Presiden Jokowi memjelang akhir tahun 2015. Saat hendak meninjau bencana kabut asap di Riau.

Konon katanya, peternakan ini mempunyai pemandangan yang ngga kalah indah sama Selandia baru sana. Haaa? Masa iya siih? Jangan over gitu dong ah…hehehe. Tapi saya dan teman saya penasaran pengen jalan ke sana. Kaya apa sih pemandangan Peternakan padang Mangateh tersebut.

Continue reading

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, Bukittinggi, Sumatera Barat

Siapa yang tidak kenal dengan Bung Hatta? Ya, Bung Hatta adalah nama populer dari Muhammad Hatta. Saya rasa semua masyarakat Indonesia (kecuali bocah yang belum sekolah) kenal dengan Bung Hatta atau Muhammad Hatta. Bung Hatta, bersama Seokarno adalah salah proklamator kemerdekaan Indonesia setelah berjuang selama bertahun-tahun melawan penjajahan Belanda.

Dalam perjuangan meraih kemerdekaan negara Indonesia, Bung Hatta (dan juga Seokarno dan Sutan syahrir) sering dihukum penjara atau hukum dibuang oleh penjajah Belanda ke berbagai pulau di Indonesia. Bung Hatta pernah diasingkan pemerintah kolonial Belanda ke Boven Digul, papua. Juga ke Pulau Banda Neira, Maluku. Meskipun dihukum dan dibuang ke daerah-daerah yang jauh, semangat dan perjuangan Bung Hatta untuk memerdekakan Indonesia dari penjajahan tidak pernah padam.

Continue reading

Mushala Annur H.M Said : Rumah Kelahiran HR. Rasuna Said

Bagi teman-teman di Jakarta, tentu tidak asing lagi dengan jalan H.R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Apalagi bagi yang bekerja di sana, pasti sudah sangat familiar yah. Tapi apakah banyak yang tau bahwa salah seorang pahlawan nasional ini adalah seorang wanita?

Serius loh, banyak yang beranggapan bahwa HR. Rasuna Said adalah seorang pria, bukan wanita. Tidak banyak yang mengetahui (sedikit) tentang sejarah HR. Rasuna Said bahwa ia adalah seorang wanita. Dan juga bagi yang sudah melihat patungnya di depan Pasar Festival (sekarang Plaza Festifal), karena pada patung tersebut, HR. Rasuna Said berkerudung.

Continue reading

Scam Tukang Parkir di Pantai Carocok Painan, Sumatera Barat

Ini salah satu jalan ke Pantai Carocok. Dipalangi ngga boleh masuk karena penuh katanya. tapi ternyata di dalam masih bisa markir :(

Ini salah satu jalan ke Pantai Carocok. Dipalangi ngga boleh masuk karena penuh katanya. tapi ternyata di dalam masih bisa markir 😦

Salah satu ikon wisata kota Painan adalah Pantai Carocok dan Bukik Langkisau. Pantai Carocok berjarak sekitar 1,5 km dari pusat kota Painan. Dan berada persis di bawah Bukit Langkisau. Dari Padang kedua tempay ini berjarak kira-kira 75 km.

Pada libur lebaran, jangan ditanya deh banyaknya pengunjung pantai ini. Minta ampun ramenya. Rasanya ngap berada Pantai Carocok kalau lagi libur lebaran. Tapak kaki aja susah lewat saking ramenya orang. Dan parkiran pun susahnyaaa minta ampun. Ngga lagib deh saya ke sana pada saat lebaran. Tobaaaat, hahaha.

Continue reading

FarmHouse Lembang, Bandung, Jawa Barat

farmhouse4

Farmhouse adalah objek wisata kuliner baru yang lagi in di Bandung. eh ngga baru-baru juga sih, udah satu setengah tahunan. Tempat ini baru dibuka kira-kira satu setengah tahun yang lalu. Waktu saya ke sana November 2015, yang aku trip sehari di Bandung, jalan ke Tangkuban Parahu dan sekitarnya di Lembang.

Waktu yang pernah aku ceritain sopir taksinya bapak tua yang ngga mandi sejak kemarennya, yang bahkan mulutnya aja bau jigong, hiii.  Saat itu Farmhouse baru soft launching kira-kira dua minggu sebelumnya. Jadi di sosmed pun, objek wisata ini belum muncul, apalagi terkenal. Udah setahun setengah baru deh diposting tulisannya, hahaha *dasar malas ngeblok nih sayaa… 😛

Continue reading

Sutan Nur Iskandar, Sastrawan Angkatan Balai Pustaka Paling Produktif

Bagi kebanyakan kita, sudah tidak asing lagi dengan nama Marah Rusli, Abdul Muis, N.H. Dini, atau juga Buya Hamka. Mereka dikenal sebagai sastrawan Indonesia. Nama mereka abadi dalam pelajaran Bahasa Indonesia sejak dari SD hingga SMA.Benar ngga sih?

Bahkan Buya Hamka tidak hanya dikenal sebagai sastrawan dengan novelnya yang terkenal seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk dan juga di Bawah Lindungan Ka’bah. Beliau juga lebih sebagai ulama yang kharisma nya masih diakui oleh masyarakat muslim Indonesia hingga sekarang.

Nah, kalau yang saya tanya adalah Nur Sutan Iskandar, adakah yang tau? Ayo ngacung 😛 Mungkin banyak yang tidak tau dengan sastrawan yang satu ini. Termasuk juga saya, tidak mengetahui siapa sesungguhnya Nur Sutan Iskandar. Mungkin dulu saya pernah dengar namanya di sekolah tapi kemudian lupa sama sekali.

Continue reading

Pantai Carocok dan Pulau Cingkuak, Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

pantai-carocok-painan-12

Bagi masyarakat Sumatera Barat, Pantai Carocok sangat familiar. Beberap tahun belakangan, pantai ini menjadi hits sebagai salah satu tempat orang-orang menghabiskan liburan. Pantai Carocok menjadi salah satu ikon wisata kota Painan, yang terkenal di Sumatera Barat, Riau dan Jambi. Pantai ini berjarak sekitar 1,5 km dari pusat kota Painan. Dari Padang berjarak kira-kira 75 km.

Continue reading

Bukik Langkisau ~ Bukit Langkisau Painan, Sumatera Barat

bukik-langkisau-i

Di Padang, ada lagu pop minang yang judulnya “Bukik Langkisau.” Itu adalah salah satu objek wisata yang berada di kota Painan, Sumatera Barat. Bukit Langkisau ini berada persis di atas pantai Carocok, ikon wisata kota Painan. Bukit ini berjarak sekitar sekitar 1,5 km dari pusat kota Painan. Dari Puncak Bukit Langkisau ini kita bisa memandang ke bentangan laut Hindia.

Saya ke Puncak Langkisau ini alhamdulillah bisa nebeng sama turis jepang yang ketemu di Jembatan Akar, Bayang. Pas saya selesai poto-piti, hendak mau ke luar, saya iseng nanya si kakak yang menemani turis tersebut. Iseng aja nanya si pak turis dari mana. Abis itu aku nanya udah jalan ke mana aja, dan mau ke mana lagi. Eh dia jawab, mau ke Bukit Langkisau dan Pantai carocok.

Continue reading

Jembatan Akar ~ Jambatan Aka, Bayang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

jembatan-akar-6

Dasar jembatan di kasih papan biar nyaman saat nyeberang

Salah satu tempat wisata yang saya kunjungi waktu lebaran 2015 adalah  Jembatan Akar atau Jambatan Aka. Jembatan ini unik. Karena jembatan ini terbentuk dari akar-akar dua batang pohon kubang yang tumbuh berseberangan yang dipisahkan oleh sungai. Akar-akar dari dua batang pohon tersebut saling dililit dan dipilin satu sama lain. Sehingga akar-akar tersebut menyatu membentuk jembatan yang menghubungkan dua buah jorong.

Continue reading

Taruko Cafe Resto, Ngarai Sianok, Bukittinggi

Taruko Cafe Ngarai Sianok 17

Taruko Cafe Resto Ngarai Sianok adalah sebuah resto yang berada di tengah Ngarai Sianok. Resto ini  berada sekitar 20 meter di pinggir sungai berbatu yang airnya dangkal. Pemandangan di sekitarnya hijau alami yang ditingkahi suara gemercik air sungai yang bening.

Suasana di Taruko Cafe Resto ini enak banget. Maklum, dikelilingi oleh dinding ngarai yang hijau asri dan segar. Selain kita bisa (hanya) duduk-duduk cantik sambil ngopi, ngeteh, ngemil kentang atau makanan berat lainnya, kita juga bisa main-main air di kali tersebut. Air kali tersebut segar dan jernih. Makanya ngga heran resto ini menjadi tongkrongan anak muda di Bukittinggi.

Continue reading

Janjang Saribu Ngarai Sianok Bukan Janjang Koto Gadang (The Great Wall of Koto Gadang)

Janjang saribu 7

Salah satu objek wisata yang terdapat di Ngarai Sianok adalah Janjang Saribu atau Tangga Seribu. Jumlah tangganya sih ngga sampai seribu tapi karena banyak dibilang aja seribu, hehehe. Janjang Saribu ini berada si tebing Ngarai Sianok di bawah Nagari Bukik Apik atau Bukit Apit.

Jujur saja saya heran lo waktu mencari info Janjang Saribu di internet. Banyak situs yang menjelaskan tentang Janjang Saribu, seakan-akan Janjang Saribu ini sama dengan Janjang Koto Gadang atau Great Wall of Koto Gadang (skala sangat mini banget). Bahkan postingan itu juga dibuat oleh website wisata.

Continue reading

Janjang Saribu (1000 ) Ngarai Sianok Bukittinggi Sumatera Barat

Janjang saribu 7

Ngarai Sianok yang terdapat di Bukittinggi merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal. Di ngarai ini banyak terdapat objek wisata alam yang bisa dinikmati oleh pengunjung atau wisatawan yang datang ke Bukittinggi. Pemandangan lembah dengan bukit yang berdinding terjal dengan kemiringan yang mencapai 90 derajat berpadu gunung Singgalang membingkai keindahan ngarai ini.

Dan di dalam ngarai tersebut terdapat beberapa aliran sungai yang membelah lembah. Juga ada petak-petak sawah yang hijau dan kuning yang berbingkai tebing ngarai. Juga terdapat rumah-rumah penduduk meski tidak banyak.

Continue reading

Taman Panorama Bukittinggi

Taman Panorama Bukittinggi 12

Salah satu objek wisata favorit saya di Bukittinggi adalah Taman Panorama Bukittinggi. Taman Panorama Bukittinggi merupakan salah objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan di Bukittinggi. Objek wisata Panorama ini semacam taman hijau kota yang terletak di pusat kota Bukittinggi. Jaraknya dari Jam Gadang kalau ditarik garis lurus mungkin hanya setengah kilometer atau paling jauh 700 m. Tapi karena jalannya sedikit memutar, jarak tempuhnya mencapai hampir 1 km.

Continue reading

Lubang Japang ~ Lubang Jepang Taman Panorama Bukittinggi

Taman Panorama Bukittinggi Lubang Jepang

Wisata kota Bukittinggi Sumatera Barat, tidak hanya dikenal karena wisata alamnya yang indah dan kulinernya yang enak. Tetapi juga dikenal dengan wisata sejarahnya. Salah satu objek wisata sejarah yang ada di kota Bukittinggi adalah Lubang Jepang atau Lubang Japang.

Objek wisata ini terdapat di Taman Paorama Bukittinggi. Disebut Lubang Jepang karena lubang ini dibangun oleh penjajah Jepang secara paksa (romusha) sebagai bunker atau terowongan untuk pertahanan tentara Jepang. Lubang Japang ini mempunyai pintu utama yang terdapat di dalam Taman Panorama Bukittinggi.

Continue reading

Pasar Apung Lembang, Lembang Floating Market, Ikon Baru Wisata Lembang

Pasar Apung Lembang aka Lembang Floating Market 11

Oke, saya mau lanjutin lagi cerita jalan ke Bandung yang menggunakan taksi tua dengan sopirnya (yang juga tua) yang super sangat menyebalkan. Ketika perjalanan turun dari Gunung Tangkuban Parahu, pak sopir tua yang menyebalkan tersebut berharap kami segera balik ke Bandung. Iiiiih, mana bisa, Mang. Kan udah dicater seharian. Masih ada tujuan lain Mang : Pasar Apung Lembang.

Continue reading

Trip Singapura Malaysia : Numpang Mejeng di Universal dan Merlion :)

DSC07748a

Pagi itu kami bersiap-siap berangkat ke Singapura setalah selesai sarapan pagi di hotel. Tapi, meskipun udah yakin mau jalan, si uni, kakak angkatku kok ya masih agak setengah hati gitu. Dia galau luar biasa. Antara mau nyenangin anak yang pengen ke Legoland dan kenyataan dia bawa duit yang pas-pasan. Sementara saya dan asik saya sudah punya jadwal yang tidak bisa diganggu gugat lagi.

Continue reading

Trip ke Singapura Malaysia : Kacau Tapi Menyenangkan.

DSC08204b

Awal November 2015, Uni, kakak angkat saya mengajak jalan-jalan ke Malaysia akhir tahun, tanggal 23 Desember. Karena tanggal 21 ia mau ke Batam bersama anaknya Ridho, dan tanggal 22 mereka ada acara. Jadi kakakku sekalian pengen mengajak anaknya jalan-jalan ke Legoland, Johor Bahru, Malaysia. Ceritanya sekalian saja ‘loncat’ dua malam atau tiga malam saja di Malaysia.

Begitulah rencana awalnya.

Continue reading

Bandung One Day Trip : Taksi Tua Dengan Sopir Tua Yang Super Sangat Menyebalkan

Pasar Apung Lembang aka Lembang Floating Market 11

Sebenarnya ini belum bercerita tentang trip seharian di Bandung. Tapi cerita tentang sopir tua yang sangat menyebalkan, dengan taksi tuanya. Sebelum membaca postingan saya ini, Ini adalah pengalaman yang saya dapatkan ketika menggunaka taksi dengan sopir tua hanya karena alasan kasihan. Tetapi ternyata dia sangaaaaaat menyebalkan. Dan ini membuat sisi antagonis saya jadi muncul ke permukaan dengan tiba-tiba, hehehe.

Continue reading

Jakarta Bandung Tengah Malam

Yesss… Ke Bandung lagi. Sueeeer, saya suka banget sama Bandung. Dan juga Jogja. Bukittinggi juga deng…. 🙂 Jadi kalau diajak ke Bandung mah, saya hayuuk aja, hehehe. Bandung I am coming….

Tanggal 20 November 2015 yang lalu, kakak angkat saya lagi ada di Bandung karena ada acara. Ia mengajak anaknya, Ridho, kelas 4 SD. Tujuannya biar anaknya bisa sekalian jalan-jalan ke Tangkuban Parahu. Karena saya bisanya datang Jumat malam ke sana, maka saya mencoba mencari tiket travel ke Bandung Jumat sore sepulang kerja.

Continue reading

Tukang Palak di Objek Wisata Sumatera Barat itu Bernama Tukang parkir

Beberapa waktu yang lalu aku baca di postingan siapa gitu ya, bahwa parkiran di padang itu kaya tukang palak. Kok ya malu banget ya gue pas baca postingan itu. Kayanya tukang parkir di sana aji mumpung banget gitu. Memalukan banget.

Liburan lebaran kemaren kan gue jalan beberapa kali tuh bareng teman. Dan gue membuktikan sendiri apa yang diungkapkan teman tersebut. Menyebalkan dan memalukan. *ga percaya n ga terima…huuuuuhhh…

Continue reading

Cover Buku “Don’t Stop Exploring west Sumatera” yang Akan Segera Terbit

Buku Traveling Sumatera Barat

Alhamdulillah, teman-teman, bukuku yang ke tiga Insya Allah segera terbit dan beredar di toko buku. Kemaren siang, pas ada pesan WA, masuk dan kebutulan satu-satunya, jadi ketauan siapa yang ngechat kan. Pesan tersebut dari editor buku yang sedang kubuat, Mba Riza, dari Penerbit Elex.

Jantung dag-dig-dug-der, melihat pesan tersebut bertanda ‘image’. Dan pas kubuka, dadaku membuncah. Senangnya luar biasa, dan tak lupa puji syukur terpanjat atas karuniaNya karena telah menyelesaikan bukuku yang ketiga ini. Buku yang berjudul, “Don’t Stop Exploring West Sumatera.

Continue reading

Cerita Beli Tiket di Salah Satu Kantor Travel Besar

Ini kejadian sebelum lebaran, saat aku beli tiket buat pulang. Susaaah banget dapet diket yang ramah di kantong, meskipun untuk 2 minggu – 10 hari sbelum lebaran. Semuanya rata-rata di kisaran harga 900 ribu sampai sejutaan. Dan untuk seminggu sebelum lebaran, jangan ditanya deh, minimal 1,2 juta. Kalau Garuda di atas 2 jutaan… 😛

Bayangkan saja, penerbangan normal selain lebaran saja ada 20-an penerbangan setiap hari. Pas lebaran ada ekstra flight yang tentunya bikin harga makin melonjak karena mengadkomodasi biaya penerbangan yang balik ke Jakarta yang mungkin setengah kosong.

Continue reading

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau Padang Panjang

PDIKM Padang Panjang

Apakah kamu penyuka sejarah budaya suatu daerah? Atau kamu menyukai sejarah kebudayaan Minangkabau? Jika kamu sangat menyukai tentang sejarah Minangkabau, maka salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau atau PDIKM Padang Panjang.

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) adalah museum yang menjadi pusat dokumentasi dan informasi tentang kebudayaan Minangkabau. PDIKM ini didirikan untuk menghimpun dan mendokumentasikan segala sesuatu kebudayaan minangkabau yang selama ini tidak terdokumentasikan dengan baik.

Continue reading

Mesjid Tuo Asasi Sigando, Gunung, Padang Panjang

IMG_3191

Salah satu tujuanku mau main ke Padang Panjang pada liburan lebaran kemarin adalah mau ke Mesjid Tuo Asasi ini. Aku ke Padang Panjang bersama sepuuku yang tinggal di Bandung dan juga berlebaran di kampung.

Ancar-ancar lokasi mesjid ini aku sudah tau karena aku dulu pernah main sama temanku ke daerah sana. Tetapi aku tidak tau persis. Jadi sekitar 100 m sebelum lampu merah Gunuang dari arah Solok, aku nanya orang dulu di mana lokasi mesjid tersebut berada.

Continue reading

Ngebolang ke Maninjau Sendirian Naik Ojek

Maninjau dari Kelok 44

Maninjau dari Kelok 44

Saya masih penasaran untuk pergi ke Maninjau. Karena beberapa hari sebelumnya sewaktu ngebolang pake motor berdua teman saya tidak jadi jalan sampai Maninjau karena kesiangan. Kami hanya sampai ke Puncak Lawang dan adik-adiknya (Taman XIII Balai Basa dan Taman Ambun Tanai. Akibatnya saya nekat pergi ke Maninjau sendirian (bagi siapa saja di sana yang mengetahui saya ngebolang sendirian, saya dianggap aneh). Tujuan ke maninjau tak lain adalah kelok 44 dan Museum Rumah Buya Hamka di Sungai Batang, Maninjau.

Continue reading