Hari Yang Sungguh Melelahkan Jiwa dan Raga

bubur kacang ijo ala padang

Kemarin, hari Jumat, benar-benar hari yang sangat melelahkan bagi saya. Bukan cuma sangat melelahkan, bahkan bisa dibilang luaaar biasa sangat melelahkan. Tidak hanya lelah raga, tetapi juga lelah jiwa saya. Jadinya kemaren adalah hari yang melelahkan jiwa raga saya.

Saking lelahnya, siang hari kemarin saya berasa mau ambruk, merasa akan pingsan entah dimana saja ketika saya sedang beraktifitas. Kepala saya pusiiiiiiiing banget. Kepala saya bukan sakit ya, tapi pusing luar biasa. Kepala saya keleyengan parah yang membuat perut saya sampai mual. Badan saya seperti lagi terhuyung pas lagi ngajar privat bahasa korea. Pun badan mulai gemetaran.

Continue reading

Advertisements

Blogger Muslimah Meet Up : Membaca Dunia, Menulis Semesta

Hari Minggu, 27 Agustus kemaren, satu-satunya komunitas blogger yang saya ikuti, ‘Blogger Muslimah’ mengadakan meet up, gatehering atau apalah itu namanya. Ini adalah meet up yang kedua kalinya yang saya kuti sejak bergabung di Komunitas Blogger Muslimah awal tahun yang lalu. Yang pertama dulu adalah Blogger Muslimah mengadakan kunjungan media ke Majalah Ummi Group.

Meet Up kali ini diadakan di Nutrifood Inspiring Centre, Apartemen Menteng Square, Matraman. Tema Meet Up kali adalah “Membaca Dunia, Menulis Semesta”. Kereen banget kan ya temanya. Oh ya, “Membaca Dunia, Menulis Semesta” menulis semesta ini juga merupakan tagline-nya komunitas Blogger Muslimah.

Continue reading

Big Drama si Mr. Delay, Lion Air

Akhirnya saya insaf juga dari nikmatnya libur lebaran. Saya segera beli tiket balik ke Jakarta setelah sebulan 10 hari di rumah. Kalau mau ikutin hati, di rumah itu enak banget. Meskipun capek ngurus rumah, masak, ngurusin keponakan, berada di rumah itu sangat menyenangkan. Dan bisa dibilang saya malah ngga jalan selama di rumah libur lebaran kemaren.

Drama pembelian tiket dimulai dengan mahalnya harga tiket balik Padang – Jakarta. Okelah, ha itu disebabkan karena lebaran, okelah puaaham banget, (walaupun lebaran udah lewat 3 minggu lebih, hehe). Saya sebagai konsumen pasrah aja. Walaupun gondok juga saya dengan harga tiket di atas 1,4 juta. Yang penting balik Jakarta dulu dah, hahaha.

Continue reading

Tarif Tiket Lebaran Jakarta – Padang Melangit Hampir 4 Jutaaan

Kalau ngomongin soal mudik, pasti bakal ngomongin tiket buat mudik (kayanya saya selalu ya bikun tulisan tentang tiket mudik, hahaha). Dan saya selalu stres pake buaaaaanget kalau udah ngomongin tiket mudik. Tiket mudik ke Padang saat lebaran luar biasa mencekek leher. Yang luar biasa bikin ngap, bengek atau sesak napas akut, hahaha.

Lebaran kemaren, saya baca berita kalau harga tiket pesawat ke Padang dari Jakarta pada H minus 1-2 mahalnya tak terkira. 3,95 juta pakai Garuda dan Batik Air 3,5 juta sekali jalan. Sekali jalan looooh, bukan bolak balik. Coba tambahin lagi tiket balik lagi ke Jakarta, berapa tuh penumpang harus bayar? Itu harganya udah nggak masuk akal lagi kan.

Continue reading

Mati Gaya Tanpa Smartphone dan Asyiknya Tanpa Smartphone

Masih tentang hape saya yang hilang sebulan yang lalu, hehehe. Serius, jaman sekarang tanpa smartphone ditangan benar-benar bikin hidup mati gaya. Padahalkalau dipikir-pikir sebelum saya punya smartphone sejak awal 2013 (iya, saya telat punya smartphone, hehehe), rasanya saya ngga pernah merasa mati gaya kaya gini, hehehe.

Sekarang, berasa bangat betapa saya mati gaya. Mati gaya bangeeet malah, hahaha. Jadi, biasanya kalau saya nunggu seseorang atau lagi antri lama atau lagi ngga ngapa-ngapain, masih bisa beraktifitas sembari ngisi waktu ketak-ketik hape yang dipegang. Ngga mati gaya.

Continue reading

Hape Hilang Itu Bikin Nyeseeeek Banget

Hape-hape teman saya 4 tahunan yang lalu. Sekarang yang saya pake adalah hape paling kiri hehehe. Cuma bisa buat nelopon sms doang.

Pemirsaaah…
Kehilangan hape itu rasanya sesuatu bangeeet…
Kehilangan hape itu bikin hati nyeseeeeek bangeeet…

Sakitnya tuh di siniiii… *tunjuk jantung.
Ngenesnya tuh di siniiii *tunjuk jantung lagi.
Nyeseknya tuh di siniiii *masih nunjuk jantung
Sedihnya tuh di siniiii *lagi-lagi tunjuk jantung,hehehe.

Continue reading

Catatan Kecil Mudik Lebaran

Hallo temana-teman, apa kabar puasanya di 10 hari terakhir ini? Semoga kita semakin istiqamah dalam menjalankan ibadah ramadhan ya. Dan semoga kita bisa meningkatkan amal ibadah ramdhan kita yaaa. Aamin ya Allah.

Dan gimana juga kabar ngeblognya? Alhamdulillah puasa saya baik, tapi ngeblog-nya malaaas banget. Pun kalau masih mau ketak ketik malas publisnya karena ngga bisa buka lepy di rumah. Ngga buka buka lepi karena udah males saking capeknya jadi petugas umum di rumah, hahaha.

Continue reading

Kamu Demennya Cowok Korea Ya?

gambar dari google. Drama Kill Me Heal Me

Pertanyaan yang menjadi judul postingan ini, atau pertanyaan yang bernada sama dengan judul tersebut, sering banget ditujukan ke saya. Hanya karena saya menyukai drama korea dan bahasa Korea.Padahal ya, saya ngga maniak-maniak amat loh sama drama Korea, dibandingin orang lain mah.

“Tipe cowok yang lo mau yang kaya orang Korea ya?”
“Lo demennya cowok Korea ternyata!”
“Lo belajar bahasa Korea karena lo mau sama cowok Korea ya?” —-> (enak banget yah lo ngomong ya, gue susah-susah cari uang, trus gue buang-buang uang buat belajar bahasa korea hanya karena gue suka cowok korea? Ntuh mulut jangan asal ngejeplak aja dah kalau ngomong. Nih orang ngga pake mikir ngomongnya, hahaha…).

Continue reading

Islamic Book Fair 2017 di JCC Jakarta

Seperti biasa, kalau ada book fair (bukfer), entah itu Indonesian Book Fair, Islamic Book Fair atau Jakarta Book Fair saya selalu berusaha untuk datang. Rasanya rugi ngga datang. Walaupun kadang-kadang saya hanya membeli buku yang diskon besar-besaran, hehehe.

Nah kemaren kan ada bukfer juga di JCC, Islamic Book Fair. Biasanya bukfer ini diadakan di Istora Senayan, sekarang diadakan di JCC. Alasannya karena Istora sekarang sedang dalam renovasi untuk persiapan Asian Games 2018 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang. Karena diadakan di JCC, maka bukfer kali ini pakai tiket masuk sebesar 5000 perak. Padahal kan biasanya kan gratis masuk area bukfer.

Continue reading

Gaya-Gayaan Ngemol Kere di Sky Bridge GI

Jadi ya teman-teman, tadi sore (ini kejadian hari Rabu kemaren sih, hehehe) ketika saya pulang, saya mampir sebentar di Tanah Abang. Begitu selesai urusan saya langsung pulang naik angkot M-10 di seberang stasiun Tanah Abang. M-10 ini jurusan tanah Abang – Jembatan 5 (Pasar Pagi Asemka).

Saya sih berharap angkot ini tidak melewati Blok B dan Blok A, tapi memutar ke Jati Bundar dan kemudian tiba lagi di depan stasiunTanah Abang arah ke Jati Baru. Tapi ternyata si babeh sopir angkotnya lewat ke depan Blok B dan Blok. Daan, di tikungan dekat tanjakan yang menuju Blok A dan Blok B sudah macet parah.

Continue reading

Hebohnya Reunian Setelah Belasan Tahun.

Sekitar sebulan yang lalu, 2 orang teman sekolahku ke Jakarta. Andria dan Afrina. Mereka ini teman akrab semasa kami jadi siswa putih abu-abu. Afrina adalah salah satu teman akrab saya sewaktu di SD dimana kami dulu pernah disabet satu kelas sama guru, hahaha. Sementara dengan Andria, saya tidak akrab sejak zaman sekolah. Bahkan dia sempat tidak ingat sama sekali pada saya sewaktu ‘bertemu’ lagi di WAG sekilah.

Dengan Andria, saya belum pernah bertemu lagi setelah kami lulus sekolah. Sementara dengan Afri adalah adalah masih beberapa kali bertemu sejak kami sama-sama kuliah di Padang. Intinya kami sudah belasan tahun tidak bertemu, hehehe. Jadi terbayang dong ya pertemuan kami bakal seru bangeeet nantinya.

Continue reading

Pengennya Ganti Thema Blog, Tapi Ngga Jadi

Belakangan ini saya pengeeen banget ganti tema blog saya ini. Tema yang saya gunakan sekarang tidak pernah diganti sejak awal punya wordpress, empat setengah tahun yang lalu. Jadi pengen juga ganti suasana ‘penampakan’ taman biru saya, hehehe.

Tapi ya, saya juga merasa sangat sayang mengganti tema sekarang ini. Karena saya sangat menyukai tampilan blog saya. Dan juga tampilan blog saya yang sekarang sudah menunjukan saya banget. Udah ngeresep di hati. Bertahun-tahun hanya dengan tampilan yang sama. Jadinya sedih aja kalau ganti tema lagi. Saya kuatirnya nanti akan ngerasain rasa yang beda kalau ngeliat tampilan baru blog saya, hahaha.

Continue reading

Sahabat dan Persahabatan Semasa SMP di Lingkungan Rumah

Gerbang Janjang saribu, Ngarai Sianok di samping Mesjid Baiturahman, Bukik Apik

Emang beda persahabatan di rumah dan di sekolah yaaa? Yuuuppp… Beda banget. Teman-teman di sekolah ngga kenal sama teman-teman di rumah. Sahabat-sahabatku ini notebenenya adalah tetanggaku. Ngga cuma tetangga, kami juga satu mesjid, tempat kami sekolah madrasah sore hari. Dan kami juga terbiasa shalat magrib berjamaah.

Mereka adalah Riri dan Titi. Titi satu tingkat dibawahku, dan Riri dua tingkat di bawahku. Kami akrab karena sama-sama aktif di mesjid dan remaja mesjid. Kami sering ikut MTQ, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, sampai tingkat kota. Berbagai cabang MTQ di kami ikuti. Juga lomba qasidahan antar remaja mesjid di kota dan Kabupaten Solok, hehehe.

Continue reading

Sahabat dan Persahabatan Semasa SMP

Sewaktu aku kelas 1 SMP, bisa dibilang aku ngga punya sahabat dekat. Aku jadi sangat berbeda dengan di SD yang mempunyai banyak kenangan masa kecil. Di SMP kelas satu aku cendrung menyepi dari pergaulan. Aku hanya menjadi pemerhati yang berada di luar garis, hehehe.

Aku pendiam jadi tidak ada yang benar-benar akrab. Semuanya sama saja bagiku. Sama Efira yang paling pintar aku cukup dekat karena banyak teman yang kurang suka dengan idealismenya : ngga boleh dicontek pr-nya, apalagi pas ujian, makin ngga boleh. Kalau aku tipenya longgar, aku ngga masalah kasih aja pr-ku sama teman-teman. Atau kalau aku lagi malas bikin PR, nyontek juga.

Continue reading

Cara Membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Untuk Warga Negara Asing (WNA)

Yuk, mari kita lanjutkan pembahasan pembuatan KTP bagi warga negara asing yang tinggal di Indonesia. Kemaren saya kan baru bikin tentang cara pembuatan formulir F.OS.19 yang dikeluarkan Kantor Wolayah Pendudukan dan Catatan Sipil. Formulir F.OS 19 ini merupakan salah satu syarat untuk pembuatan KTP di Indonesia.

Orang asing di Indonesia diperbolehkan memiliki KTP Indonesia. Syaratnya adalah si orang asing tersebut sudah mempunyai kartu izin tinggal tetap atau KITAP.

Continue reading

Pengen Belajar Curhat, Bisa Ngga Sih, hehehe

pixabay

Judul di atas terlihat aneh kan ya. Curhat kok belajar, hahaha. Tapi iya sih. Saya termasuk tipe orang susah untuk curhat. Apalagi kalau curhatnya adalah masalah yang terlalu pribadi banget bagi saya, makin susaah. Kalau masalahnya sekadar masalah-masalah biasa yang ngga penting sih, yang terlalu umum kedengarannya, sekadar cerita santai ngga masalah cerita-cerita, hehehe…

Jadi, saya ingin belajar curhaaat, hahaha. Saya ingin mencoba belajar bercerita pada orang lain. Saya ingin katakanlah berkeluh kesah juga, mengeluarkan isi kepala saya, mengeluarkan uneg-uneg saya. Walaupun saya ngga tau bagaimana cara memulai untuk curhat sama orang lain…jiaaah.

Continue reading

(Bukan) Tips Hidup Hemat Ala Saya

Minggu ini, kembali saya mendapat tugas menulis blog dari grup 3 sisterhood Blogger Muslimah. Tema yang kami usung adalah Tips-tips hidup hemat. Boleh tips hidup hemat ala anak kos di akhir bulan, tips hidup hemat ibu rumah tangga ataubtips hidup hemat ala anak rantau. Terserah aja. Yang penting tip hidup hemat.

Tips hidup hemat? Tips dari saya? Weew, amazing! Tidak salah nih? Saya tidak yakin bisa membuat tips-tips hidup hemat ini dengan baik, karena saya bukanlah orang yang bisa hidup hemat. Saya sangat boros….hahaha.

Continue reading

Bagaimana Cara Produktif Menulis Blog

Rasanya belakangan ini, tepatnya selama 6 bulan lebih semangat menulis saya menulis (di blog) sangat anjlok. Bahkan ada selama dua bulan tidak ada postingan baru saya sama sekali di blog. Kalaupun ada sukasaya selap selip sana sini aja.Semua itu karena saya malas luar biasa menulis, hehehe.

Jadi saya sangat salut sama teman-teman yang tetap istiqamah menulis di blog-nya. Bahkan ada teman-teman blogger yang sampai tiap hari buat posting baru. Jadi pantas aja blog yang rajin apdet selalu dikunjungi teman-teman, baik ikut meninggalkan jejak di kolom komentar ataupun hanya sebagai silent reader.

Continue reading

Sahabat dan Lingkaran Persahabatanku dari Masa ke Masa

Well… Saya kembali dapat tugas menulis dari sisterhood Blogger Muslimah. Kali ini giliran saya yang menentukan tema, meskipun pada dasarnya kami berempat juga yang menentukan temanya, hehehe… Tema yang akan kami buat adalah tentang persahabatan. Terserah mau menulis apa, yang penting tentang persahabatan.

Dalam berteman bisa dibilang saya bukanlah orang yang luwes dalam pergaulan. Karena saya ini kan orang introvert akut. Jadi saya sangat susah dalam pergaulan di mana saja. Saya terlalu pendiam sehingga seringkali saya seperti ada dan tiada di mata orang-orang sekitar. Sedih banget kan yaaa… *nangis ala nobita, air mata muncrat ke samping.

Continue reading

Drama Muscab FLP Jakarta 2017

Oiya, saya jadi ingat mau cerita soal drama saat muscab FLP Jakarta 2017 yang kemaren kan ya. Tapi bisa dibilang dari panitia sendiri ngga ada drama, karena drama itu datang dari luar panitia, hehehe. Sebenarnya itu masalah ngga besar-besar amat sih. Tapi kalau dibesar-besarkan akan fatal juga akibatnya. Muscab dianggap tidak sah dan terancam diulang? Whaaat?? Masa sih? Iyaaa. Dianggap tidak sah dan terancam diulang.

Apa pasalnya?

Continue reading

Arisan Menulis : 15 Pertanyaan Yang Harus Dijawab

Beberapa waktu yang lalu saya diajak temen gabung di WA grup komunitas Blogger Muslimah. Saya oke aja. Dan ternyata gabung di sana emang asyik banget. Heboh-hebohan yang membuat saya jadi heran sama diri sendiri. Saya tiba-tiba bisa aktif di sebuah grup, padahal anggota yang saya kenal langsung hanya 4 orang. Selebihnya kenal di WA. Tapi chatting sama anggota lain kaya udah kenal lama aja.

Nah kemudian anggota punya tugas bikin postingan yang dibagi per grup. Satu grup isinya 4 orang, yaitu Mba Ira Hamid, Mba Fika dan Mba Annisa. Kami berempat sepakat membuat postingan dengan menjawab 15 pertanyaan di blog masing-masing. Sekalian alasannya, hahaha.

Continue reading

Sutan Nur Iskandar, Sastrawan Angkatan Balai Pustaka Paling Produktif

Bagi kebanyakan kita, sudah tidak asing lagi dengan nama Marah Rusli, Abdul Muis, N.H. Dini, atau juga Buya Hamka. Mereka dikenal sebagai sastrawan Indonesia. Nama mereka abadi dalam pelajaran Bahasa Indonesia sejak dari SD hingga SMA.Benar ngga sih?

Bahkan Buya Hamka tidak hanya dikenal sebagai sastrawan dengan novelnya yang terkenal seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk dan juga di Bawah Lindungan Ka’bah. Beliau juga lebih sebagai ulama yang kharisma nya masih diakui oleh masyarakat muslim Indonesia hingga sekarang.

Nah, kalau yang saya tanya adalah Nur Sutan Iskandar, adakah yang tau? Ayo ngacung 😛 Mungkin banyak yang tidak tau dengan sastrawan yang satu ini. Termasuk juga saya, tidak mengetahui siapa sesungguhnya Nur Sutan Iskandar. Mungkin dulu saya pernah dengar namanya di sekolah tapi kemudian lupa sama sekali.

Continue reading

Masih Swing Voters Nih, 1 atau 3

Pilkada DKI emang tiada duanya. Kereeen. Udah kaya pemilu nasional aja dah. Hebohnya ngga tanggung-tanggung. Membuat pilkada daerah lain tenggelam oleh hiruk pikuk pilkada Jakarta.

Sebenarnya sampai sekarang saya masih bingung mau milih mana, no 1 atau no 3. Abisnya yang musti saya pilih dua itu doang, tapi pilihannya bikin saya bingung. Harusnya dulu ga ada Agus Yudhoyono atau Anies. Tapi yang ada Pak Yusril, nah baru dah okey, hehehe.

Continue reading

Tujuh Kok Eleven, Tujuh Itu seven.

gambar dari internet

gambar dari internet

Yuhuuu… Apa kabar teman-teman? 3-4 bulan blog-ku ga keurus, pake buangeeeet. Bukan sibuk bukan apa. Lagi turun lagi semangat ngeblog-nya aku, hehehe. Lagi mandeg aja otakku buat ngeblog. Tapi ada beberapa postingan yang ditulis di draft dan di privat melalui hape, ga dipublis. Baru tadi aja dirapihin dan dipublish sekalian, hahaha…

Tapi karena sekarang lagi niat banget buat ngeblog, dibongkar aja deh file-file yang sapa aja masih ada tulisan yang belum posting, hehehe. Dan ketemulah tulisan yang hanya berjudul sevel. Tapi isinya hanya beberapa baris aja, hehehe.

Continue reading

Cerita Pilkada Jakarta di Atas Ojek Grabbike

20161104_135932.jpg

Sabtu malam, 12 Desember 2016, saya pesen Grabbike buat pulang. Di dalam perjalanan rupanya si abang grab-nya iseng nanya-nanya saya ktp mana. Saya jawab, Jakarta. Trus, dia tanya saya ikut pilkada atau ngga ntar. Saya jawab, “Ikut dong, Pak!”

“Mba-nya ntar milih siapa?” tanya si abang ojek.

Continue reading

411 : Unjuk Rasa 4 November 2016 Ikut?

Teman-teman, apa kabar semuanya? Dua bulan-an nih saya ngga ngeblog. Ngga liat Taman Biru saya. Si Taman Biru jadi jadi ngambek. Rerumputan liar mulai tumbuh di sela-sela bunga. Perdu-perdu mulai meninggi melebihi bunga-bunga itu sendiri. Pokoknya ngga keurus.

Jadi sekarabg mah ceritanya saya kangam taman biru saya. Mau bersih-bersih lagi. Mau beberes lagi biar taman ini jadi rapi lagi, hehehe.

Continue reading

Pentas Seni Budaya Indonesia, Teater Besar, Taman Ismail Marzuki

20160818_212546.jpg

Tanggal 18 Agustus yang lalu saya bersama sahabat saya menyaksikan pertunjukan kesenian daerah yang diadakan oleh Kementrian Luar Negeri Indonesia di Teater Besar Taman Ismail Marzuki. Peserta pertunjukan ini adalah penerima beasiswa senibudaya Kementrian Luar Negeri kepada 60 orang pemuda-pemudi dari 45 negara peserta. Pertunjukan kesenian di Teater Besar ini merupakan puncak acara dari seluruh rangkaian kegiatan yang mereka lakukan.

Continue reading

Diskusi dan Bedah Buku Habibie the Series :Menggali Inspirasi dari 80 Tahun Habibie

20160807_153253.jpg

Hari Ahad yang lalu tanggal 7 Agustus siang jam 13.30 (lewat sekian menit) saya ikut diskusi dan bedah buku Habibie The Series di Museum Bank Mandiri, Kota, Jakarta. Sebenarnya sih acara dijadwalkan jam 13.00, tapi molor setengah jam lebih dari jadwal semula. Biasalah, di Indonesia ngga afdhal kalau ngga ngaret ya, hehehe… *piiiisss:p

Diskusi dan bedah buku Habibie the Series ini dimoderatori oleh Andi Tenri Dala. Ini adalah salah satu acara dari seluruh rangkaian acara peringatan 80 tahun Bapak B.J Habibie, presiden Republik Indonesia yang ke tiga. Penyelenggara acara 80 tahun adalah Museum Bank Mandiri yang bekerjasama dengan Habibie Centre, Penerbit Tiga Serangkai dan Lembaga Kursus Euro.

Continue reading

Selamat Hari Raya Idul Fitri, Teman-teman

Idul Fitri 2016 a

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Teman-teman, dalam persilatan dunia blog ini, kita saling berinteraksi satu sama lain. Memberikan komen atas postingan masing. Mungkin ketika blogwalking dan saling komen-komenan tersebut ada ucapan atau komenan saya yang tidak berkenan, yang menyakiti teman-teman semua, saya minta maaf yaaa… minta maaf dari teman-teman dengan sepenuh hati… 🙂

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H, yaaaa…

Taqabalallaahuminnaa Wamingkum. Shiyamanaa wa shiyamangkum.

Semoga Allah selalu melimpahi kita semua dengan ampunanNya, melindungi kita dengan rahmat dan hidayahNya, selalu memberikan berkahnya sepanjang hayat dan akhir hayat kita. Serta menerima amal ibadah ramadhan kita semua, aamiin aamiin ya rabbal ‘alamin.

Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.