Pencopetan di Mushala Stasiun Tanah Abang

Ini bukan di mushala stasiun tapi mushala mall Citralen Grogol

Hari Jumat kemaren, saya shalat magrib di mushala Stasiun Tanah Abang. Pas saya masuk mushala, orang belum azan, tetapi jemaah udah penuh menunggu waktu azan yang mungkin hanya semenit dua menit lagi aja dikumandangkan. Alhamdulilah masih dapat satu mukena buat shalat. Ada satu yang tergeletak, jadi bisa ikutan shalat jemaah.

Sekeluar dari mushala seusai shala, saya liat mba-mba sekitar mahasiswa tingkat akhir, atau mungkin maksimal berumur 24 – 25, dengan muka yang sangat panik dan pucat. Dua atau tiga empat orang mengelilinginya. Saya kepo nanya ke orang, itu ada apa. Dijawab orang tersebut, kalau si mba itu kecopetan dompet dan hapenya.

Continue reading

Mushala Annur H.M Said : Rumah Kelahiran HR. Rasuna Said

Bagi teman-teman di Jakarta, tentu tidak asing lagi dengan jalan H.R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Apalagi bagi yang bekerja di sana, pasti sudah sangat familiar yah. Tapi apakah banyak yang tau bahwa salah seorang pahlawan nasional ini adalah seorang wanita?

Serius loh, banyak yang beranggapan bahwa HR. Rasuna Said adalah seorang pria, bukan wanita. Tidak banyak yang mengetahui (sedikit) tentang sejarah HR. Rasuna Said bahwa ia adalah seorang wanita. Dan juga bagi yang sudah melihat patungnya di depan Pasar Festival (sekarang Plaza Festifal), karena pada patung tersebut, HR. Rasuna Said berkerudung.

Continue reading

Mesjis Raya Bayur Maninjau, Agam, Sumatera Barat

mesjid-raya-bayur-maninjau

Sewaktu saya jalan-jalan sendirian ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sungai Batang, Maninjau saya sekalian mampir ke Masjid Raya Nagari Bayur. Bagi pembaca buku Negeri Lima Menara mungkin mengetahui bahwa Alif, si tokoh utama novel tersebut berasal dari Nagari Bayur, Maninjau Sumatera Barat.

Awalnya sih saya ngga tau, saya akan dibawa ke mesjid ini oleh abang ojek yang mengantarkan saya ke Meseum Rumah Kelahiran Buya Hamka. Tapi karena melihat saya yang selalu antusias minta mampir di setiap mesjid-mesjid sepanjang jalan menuju Museum Rumah Buya Hamka dari Maninjau, abang ojeknya bilang akan membawa saya ke mesjid yang lebih bagus dan lebih besar, kira-kira 2-3 km dari pasar Maninjau.

Continue reading

Keuntungan Tinggal di Dekat Mesjid

Ini adalah draft yang terlupakan… Udah kelar tapi lupa, hehehe .. 🙂

Tinggal deket mesjid itu enak. Itu pendapat saya. Kita bisa mendengarkan pengajian atau ceramah agama tanpa harus hadir di sana, hehehe… Ini mah namanya malas dipiara yaaakk… 😛 Sekali lagi, itu bagi saya loh. Entahlah bagi Pak Yusuf Kallla yang rumah dinasnya yang kurang 50 m dari mesjid. Baginya suara kaset yang diputar di mesjid mungkin menjadi polusi suara yang tidak bermanfaat.

Continue reading

Mesjid Tuo Asasi Sigando, Gunung, Padang Panjang

IMG_3191

Salah satu tujuanku mau main ke Padang Panjang pada liburan lebaran kemarin adalah mau ke Mesjid Tuo Asasi ini. Aku ke Padang Panjang bersama sepuuku yang tinggal di Bandung dan juga berlebaran di kampung.

Ancar-ancar lokasi mesjid ini aku sudah tau karena aku dulu pernah main sama temanku ke daerah sana. Tetapi aku tidak tau persis. Jadi sekitar 100 m sebelum lampu merah Gunuang dari arah Solok, aku nanya orang dulu di mana lokasi mesjid tersebut berada.

Continue reading

Mesjid Agung Al Muhsinin Solok Sumatera Barat

Mesjid Agung Al Muhsinin Solok

Mesjid Agung Al Muhsinin Solok

Mesjid Agung Al Mushsinin adalah mesjid raya kota Solok, Sumatera Barat. Ibaratnya ini mesjid seperti Mesjid Istiqlalnya Indoesia di Jakarta, atau Mesjid Al Azhar untuk provinsi DKI Jakarta. Di mesjid segala kegiatan keagamaan yang adakan pemda Kota Solok.

Mesjid ini berada di Jl. Datuk Perpatih Nan sabatang, Aro IV Korong, Lubuk Sikarah. Kalau kita dari Pasaraya Solok, ambil jalan Air Mati yang menuju ke arah Rumah Sakit Daerah Solok. Jaraknya kira-kira 1,5 km dari Pasar Raya dan 1 km dari rumah sakit daerah Solok.

Continue reading