Mushala Mall Citraland Grogol, Baru dan Bagus

20161223_175857.jpg

Sebagai orang sekitaran Grogol, mol Citraland adalah salah satu tempat yang sering saya kunjungi. Bukannya buat ‘ngemol’ ala-ala orang lain, tapi buat ‘ngegramed’ sekadar iseng-iseng cuci mata. Serius, bagi saya gramedia adalah salah satu tempat hang out dan cuci mata yang paling sering saya kunjungi, hehehe.

Dan juga salah satu tempat yang paling saya kunjungi di sebuah mol adalah mushalanya. Maklum seringkali pas berada di mol, pas masuk waktu shalat juga. Biasanya sih pas shalat maghrib.

Continue reading

Belum Bisa Move On Dari Aksi Bela Islam 212

212-aa

Jujur saya akui, saya masih belum bisa move on dari aksi bela Islam 212. Saya akui saya mengalami euforia aksi bela islam kemaren. Masih menggebu rasa yang ada di hati ketika melihat foto-foto yang beredar di WA Grup, apalagi di FB. Rasanya setiap hampir tiap orang yang ikut, menshare foto-foto yang mereka ambil untuk mengabadikan momen yang sungguh istimewa ini.

Continue reading

Ikut Aksi Bela Alqur’an ~ GNPF MUI 212 di Monas.

20161202_123853.jpg

Koleksi pribadi

Alhamdulillah, saya ikut lagi Aksi Bela Alquran, tadi pagi. Senang? Iyalaah, bahagia mah tepatnya. Teman-teman saya aja belai-belain dari Padang berangkat ke Jakarta dengan pesawat. Masa saya engga? Teman-teman yang datang dari Padang, harus mengeluarkan biaya yang besar untuk tiket pergi-pulang. Belum lagi yang PNS, harus ‘perang’ dulu sama kepala sekolahnya. Sebagai guru PNS, dia pasti susah dapat ijin buat ke Jakarta.

Continue reading

Aksi Super Damai Bela Alqur’an 212 dan Keparnoan Kepolisian RI

img-20161201-wa0010.jpg

dari WA Group

Aksi bela Alqur’an 212 ini sungguh luar biasa dan mengharukan. Bagaimana tidak, untuk dalam pelaksanaan aksi bela Alqur’an yang ke dua ini, pihak kepolisian melakukan berbagai upaya supaya aksi ini batal. Berbagai cara dilakukan pihak kepolisian untuk menghalangi peserta yang datang dari berbagai daerah.

Banyak alasan yang digunakan Polri untuk menghalangi aksi ini. Bahkan sampai menyatakan aksi ini sebagai bentuk makar terhadap pemerintah, walaupun kemudian pernyataan ini diralat oleh kapolri.

Bercermin dari Aksi Damai 4 November kemaren, di mana penyusup masuk barisan, ulama kemudian menyatakan dan menjamin bahwa mereka akan melakukan aksi damai gelar sajadah dengan berzikir serta shalat Jumat berjamaah. Tujuan aksi gelar sajadah ini adalah supaya menghindari aksi ini disusupi oleh pihak-pihak lain yang ingin memperkeruh suasana aksi.

Continue reading

Unjuk Rasa Yang Damai Sampai Isya

20161104_135932.jpg

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, bahwa saya niat banget ikut aksi bela alqur’an, hari ini 4 November. Saya mencoba tanya teman-teman saya siapa aja yang ikut. Kebanyakan emang ikut dengan grup pengajiannya. Daaan, akhirnya tadi siang saya memutuskan jalan ke Monas seabis shalat zhuhur. Saya jalan sendiri pakai grab bike dari Cideng. Saya tujuannya ke Museum Nasional.

Waaaa… Niat banget kan ya. Kayanya saya doang yang jalannya sendirian aja. Yang lain mah jalan sama teman atau rombongan, hahaha. Dan alhamdulillahnya, cuaca sangat bersahabat. Cuaca tidak terik. Dan juga tidak mendung.

Continue reading

Hewan Kurban, Hiburan Rakyat Murah Meriah Masyarakat Jakarta

Teman-teman, Selamat Hari Raya Iedul Adha ya. Selamat berqurban juga buat teman-teman yang ikut berqurban pada Iedul Adha kali ini. Bagi yang belum tapi ingin melaksanakannya, masih bisa sampai tanggal 15 September ini kan ya.

***

Salah satu ibadah yang mengiringi Hari Raya Iedul Adha adalah ibadah kurban. Pelaksanaan ibadah kurban ini dilakukan setelah shalat.Idul Adha sampai 3 hari setelah hari raya, tanggal 11,12,13 Dzulhijah. Tanggal 11,12,13 Dzulhijah ini disebut dengan Hari Tasyrik. Pada 3 hari ini pula umat Islam diharamkan berpuasa.

Continue reading

Selamat Puasa Arafah ~ 9 Dzulhijah

Hari ini adalah Hari Arafah. Hari dimana seluruh berkumpul dan berdzikirdi Padang Arafah. Wukuf di Arafah ini merupakan puncak ibadah dari seluruh rangkaian pelaksanaan rukun haji. Wukuf ini juga yang membedakan pelaksanaan ibadah umrah dan haji. Karena wukuf di Arafah ini tidak ada pada pelaksanaan ibadah umrah. Dalam pelaksanaan wukuf ini jemaah haji beribadah berdzikir dan melaksanakan amalan ibadah lainnya.

Continue reading

Selamat Hari Raya Idul Fitri, Teman-teman

Idul Fitri 2016 a

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Teman-teman, dalam persilatan dunia blog ini, kita saling berinteraksi satu sama lain. Memberikan komen atas postingan masing. Mungkin ketika blogwalking dan saling komen-komenan tersebut ada ucapan atau komenan saya yang tidak berkenan, yang menyakiti teman-teman semua, saya minta maaf yaaa… minta maaf dari teman-teman dengan sepenuh hati… 🙂

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H, yaaaa…

Taqabalallaahuminnaa Wamingkum. Shiyamanaa wa shiyamangkum.

Semoga Allah selalu melimpahi kita semua dengan ampunanNya, melindungi kita dengan rahmat dan hidayahNya, selalu memberikan berkahnya sepanjang hayat dan akhir hayat kita. Serta menerima amal ibadah ramadhan kita semua, aamiin aamiin ya rabbal ‘alamin.

Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Keuntungan Tinggal di Dekat Mesjid

Ini adalah draft yang terlupakan… Udah kelar tapi lupa, hehehe .. 🙂

Tinggal deket mesjid itu enak. Itu pendapat saya. Kita bisa mendengarkan pengajian atau ceramah agama tanpa harus hadir di sana, hehehe… Ini mah namanya malas dipiara yaaakk… 😛 Sekali lagi, itu bagi saya loh. Entahlah bagi Pak Yusuf Kallla yang rumah dinasnya yang kurang 50 m dari mesjid. Baginya suara kaset yang diputar di mesjid mungkin menjadi polusi suara yang tidak bermanfaat.

Continue reading

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1437 H

Danau Singkarak1

Danau Singkarak

Marhaban ya Ramadhan…

Alhamdulillah, malam ini Ramadhan sudah masuk. Yang artinya besok adalah puasa pertama kita. Senang? Banget. Sebagai muslim pasti senang bangetlah. Karena bulan puasa adalah bulan yang paling ditunggu dan dirindu… 🙂

Continue reading

Orang-Orang yang Dicintai Allah

Postingan ini sudah kutulis draf-nya beberapa bulan yang lalu. Pas lagi anteng ngga mau ngapa-ngapain di kos. Ya udah, suara toa mesjid kenceng sampe ke kamar. Jadi bisa dengerin khotbah jumat dari khatib di mesjid dekat kos.

Awalnya ngga nyimak isi khotbahnya karena lagi asyik dengan hape. Tapi kemudian ada kesadaran untuk mendengarkan cermah sang khatib. Walaupun sedikit mendengarkan pas pada bagian rangkuman, lumayanlah buat dijadikan pelajaran buat saya secara pribadi. Dan saya kemudian mencatat apa yang terdengar sedikit tersebut.

Continue reading

Mesjid Tuo Asasi Sigando, Gunung, Padang Panjang

IMG_3191

Salah satu tujuanku mau main ke Padang Panjang pada liburan lebaran kemarin adalah mau ke Mesjid Tuo Asasi ini. Aku ke Padang Panjang bersama sepuuku yang tinggal di Bandung dan juga berlebaran di kampung.

Ancar-ancar lokasi mesjid ini aku sudah tau karena aku dulu pernah main sama temanku ke daerah sana. Tetapi aku tidak tau persis. Jadi sekitar 100 m sebelum lampu merah Gunuang dari arah Solok, aku nanya orang dulu di mana lokasi mesjid tersebut berada.

Continue reading

Mesjid Agung Al Muhsinin Solok Sumatera Barat

Mesjid Agung Al Muhsinin Solok

Mesjid Agung Al Muhsinin Solok

Mesjid Agung Al Mushsinin adalah mesjid raya kota Solok, Sumatera Barat. Ibaratnya ini mesjid seperti Mesjid Istiqlalnya Indoesia di Jakarta, atau Mesjid Al Azhar untuk provinsi DKI Jakarta. Di mesjid segala kegiatan keagamaan yang adakan pemda Kota Solok.

Mesjid ini berada di Jl. Datuk Perpatih Nan sabatang, Aro IV Korong, Lubuk Sikarah. Kalau kita dari Pasaraya Solok, ambil jalan Air Mati yang menuju ke arah Rumah Sakit Daerah Solok. Jaraknya kira-kira 1,5 km dari Pasar Raya dan 1 km dari rumah sakit daerah Solok.

Continue reading

Marhaban ya Ramadhan, Selamat Puasa Teman-Teman

Continue reading

Berwudhu Itu Membasuh Muka Bukan Me-Lap Muka

Oke…, sebenarnya udah lama aku pengen bikin postingan ini. Tapi ga pernah jadi-jadi, hehehe. Baru sekarang bener-bener pengen nulis ini karena sudah terlalu sering melihat hal ini.

Pernah ga sih teman-teman (muslim) liat wanita berjilbab berwuduk tanpa membuka jilbabnya? Biasanya yang wudhu kaya gini adalah mba-mba yang pake jilbabnya ribet. Model jilbab yang banyak muter-muternya gitu. Dan juga mba-mba atau ibu-ibu yang make jilbab buat acara atau pesta. Makin rempong dan makin berputar-putar kan modelnya?

Continue reading