Danau Dibawah, Kembaran Danau Diatas, Solok Sumatera Barat

Solok merupakan daerah di Sumatera Barat yang dikarunia Allah dengan alam yang indah. Salah satu keindahan yang dimiliki oleh Solok adalah adanya empat danau di wilayah ini. Danau terbesar adalah Danau Singkarak yang berada di dua wilayah kabupaten, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Tiga danau lainnya lagi adalah Danau Kembar (Danau Diateh dan Danau Dibawah) serta Danau Talang.

Danau Dibawah merupakan ‘saudara kembar’ Danau Diateh. Alasan disebut Danau Kembar adalah karena lokasi kedua danau ini berdekatan. Selain lokasi yang berdekatan, ukuran luas kedua danau juga tidak terlalu berbeda. Kedua danau ini dipisahkan oleh perbukitan yang tidak terlalu tinggi. Sehingga kita bisa melihat pemandangan kedua danau di suatu tempat yang disebut sebagai Taman Panorama Danau Kembar.

Danau Di bawah masuk ke dalam wilayah Nagari Kampuang Batu Dalam. Mungkin hampir semua wilayah Danau Dibawah berada dalam wilayah nagari tersebut, atau berbagi dengan Nagari Sungai Nanam juga, saya ngga tau persis, hehehe. Nagari Kampuang Batu Dalam dan Sungai Nanam merupakan daerah daerah penghasil bawang di Sumatera Barat. Maka tidak heran sekeliling Danau Dibawah hingga Danau Talang menjadi lahan atau ladang bawang.

Perkampungan atau rumah-rumah penduduk berada di sepanjang jalan Raya Solok – Danau Kembar yang merupakan jalan raya yang menghubungkan Kota Solok dengan Danau Dibawah dan Alahan Panjang. Jalan raya dan rumah-rumah penduduk ini berada cukup jauh di atas permukaan Danau Dibawah. Sehingga pemandangan Danau Dibawah terlihat seperti kaca yang besar yang berbingkai perbukitan di sekeliling danau.

Pemandangan danau dari pinggir jalan terhampar sangat indah dengan perbukitan dan ladang bawang. Bahkan menurut saya, pemandangan Danau Dibawah jauh lebih indah dibanding pemandangan Danau Maninjau dari area Nagari Lawang seperti dari Puncak Lawang ataupun Taman Basa XIII. Tentu saja kita bisa memaklumi karena pamor Danau Maninjau jauh lebih dulu moncor karena Danau Maninjau sudah terkenal sejak tahun 1980-an.

Sebagai daerah penghasil bawang, kita akan melihat rumah-rumah di sepanjang jalan dipenuhi dengan bawang-bawang yang terjemur di halaman rumah atau dinding rumah. Dan kita juga akan melihat orang-orang akan duduk bersama membersihkan bawang. Mereka terlihat kompak bekerja bersama dan sungguh guyub sehingga pemandangan kebersamaan tersebut menjadi pemandangan yang sangat indah.

Oiya, hampir lupa. Danau Dibawah merupakan danau tektonik dengan ketinggian permukaan air berada apa 1462 mdpl. Dengan kedalaman maksimum 309 m di bawah permukaan air danau,dan luasnya 11,2 km2. Sedangkan Danau Diatas juga merupakan danau tektonik yang mempunyai ketingian permukaan air 1531 mdpl dan luas 12,3 km2. Kedalaman maksimum Danau Diatas adalah 44 m.

Cara Menuju Danau Dibawah

Untuk mencapai Danau Dibawah, gampang sekali. Ada dua cara untuk ke Danau Dibawah dan Danau Kembar ini. Dari arah Padang dan arah Solok.

  • Dari Arah Padang

Kalau dari Padang, tinggal ikuti jalan raya Padang – Solok. Di Lubuk Selasih, ada pertigaan,yang kalau lurus tujuan Solok. Kalau ke kanan tujuan Alahan Panjang/Muaro Labuh. Ambil jalan yang ke kanan ke arah Alahan Panjang -Muaro Labuh – Kerinci. Jalan raya ini nantinya juga akan melewati Kebun Teh Danau Kembar.

Nanti, setelah melewati area kebun teh, nagari berikutnya adalah Simpang Tanjuang Nan IV. Patokannya adalah Simpang Taman Panorama Danau Kembar di sebelah kiri jalan. Simpang Panorama ini juga merupakan simpang Polsek Danau Kembar dan simpang SMAN 1 Danau Kembar.

Patokannya di Simpang Panorama/Polsek Danau Kembar/ SMAN-1 Danau Kembar ya. Masuk ke jalan tersebut, ikuti terus jalan tersebut, nanti juga akan bertemu dengan simpang Danau Talang di sebelah kiri jalan, dan gerbang Taman Panorama Danau Kembar di kanan jalan. Kalau lurus, akan merupakan jalan raya Solok- Danau Kembar yang menuju Nagari Kampuang Batu Dalam dan Danau Dibawah.

Gampang banget kan ya…:)

  • Dari Arah Solok/Bukittinggi

Kalau datang dari arah Bukittinggi dan Solok ada dua cara juga. Pertama lewat jalan raya Solok – Padang. Setiba di Lubuk Selasih setelah kantor Polres Solok), belok kiri, ikuti jalur yang saya jelaskan di atas.

Dan yang kedua lewat Koto Anau –Bukit Sileh. Dari Solok, ambil jalan yang ke Muaro Paneh terus ke Koto Anau dan Bukit Sileh. Nanti akan ketemu langsung Danau Dibawah di sisi kiri jalan. Jalan raya ini agak sempit jadi memang harus sangat hati-hati sekali. Apalagi banyak truk yang bersiliweran membawa hasil pertanian, bawang Danau Kembar.

Cukup gampang ya, semoga postingan ini bisa membantu, aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

     

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s