Bunga Garlic Vine, Si Ungu Cantik Beraroma Bawang Putih

Bunga ini cantik. Warnanya ungu. Bentuknya mirip bunga terompet juga tapi ukuran terompetnya lebih kecil. Saya sering liat bunga ini di pagar rumah orang. Saya nanya-nanya namanya orang-orang juga ngga tau apa nama bunga ini. Dan sampai kira-kira dua bulanan yang lalu saya masih ngga tau nama bunga ini.

Pernah dong ya, saya nanya juga sama orang yang lagi berdiri di depan rumahnya, yang ada bunga ungu ini. Dia jawab ngga tau tapi ia menyebut bunga ini dengan sebutan bunga bawang putih. Alasannya katanya aroma bunga ini mirip dengan aroma bawang putih. Asumsi saya ia benar-benar tidak mengentahui nama bunga ini dan ia asal menyebut saja nama bunga ini dengan nama bunga bawang putih karena baunya mirip.

Rupanya penyebutan nama yang asalan itu benar. Nama bunga ini memang Garlic Vine atau Bunga Aroma Bawang Putih. Aneh ya, hahaha. Si ibu harusnya dapat hadiah tebak-tebak buah manggis nih. Nama bunga yang asal-asalan ia sebut benar sekali ternyata tanpa ia tau nama bunga yang ia sebut benar. *kasih kalung bunga bau bawang putih ke si ibu… 🙂

Kenapa akhirnya saya tau nama bunga ini adalah Bunga Garlic Vine atau Bunga Aroma Bawang Putih? Jadi, di IG kan ada komunitas apload kompakan yang memosting poto-poto tematik setiap harinya. Pas suatu waktu ada tema hari itu adalah tentang bunga, saya skrol tagar tema tentang bunga tersebut, dan pas pula ada bunga ungu tersebut dengan nama bunganya.

Dalam postingan tersebut si yang punya akun menyebut nama bunga tersebut dengan : Bunga Garlic Vine. Oalaaah, saya senang akhirnya tau nama bunga ini dan langsung ingat si ibu yang nyebut nama bunga Bau Bawang Putih, benar. Saya langsung gugling nama bunga tersebut dan buka gambarnya, keluarlah deretan bunga ungu yang selama ini namanya bikin saya pinisirin,hahaha.

Nama lain bunga Garlic Vine ini adalah Bunga Stepanot Ungu. Nama ilmiahnya atau nama latinnya adalah Mansoa Alliacea. Bunga ini merupakan bunga tropis dengan iklim tropis. Sangat baik tumbuh di dataran rendah ataupun juga di di dataran tinggi. Yang membuat bunga ini jadi sangat cantik selain warnanya yang cerah menurut saya adalah karena mahkota bunga ini bergerombol. Kalau ngga bergerombol mungkin terlihat tidak akan seindah yang bergerombol.

Bunga lain bunga Garlic Vine atau bunga Aroma Bawang Putih ini adalah Wild Garlic, Forest Garlic, False Garlic dan juga Stepanot Ungu atau Stefanot Ungu. Bunga Garlic Vine ini berasal dari Amerika Selatan bagian utaraBunga ini merupakan tumbuhan rambat yang banyak dijadikan orang sebagai bunga pagar dengan batang dan daun bunga ini cukup kuat.

Oiya, karena saya suka bunga ini beberapa kali saya mencoba memoto bunga ini di pagar rumah orang. Kalau orangnya ngga keliatan saya suka ngomong sendiri ke arah rumah orang untuk minta ijin moto rumahnya, hehehe. Soalnya kan emang musti minta ijin kan ya, tapi orang yang punya rumah ngga keliatan.

Saya bilang gini, “Assalamu alaikum pemilik rumah, saya poto bunganya ya,” hehehe. Lalu baca bismilah dan potoin bunganya, hahaha.

Atau juga saya ngomong gini, “Hai bunga, saya minta ijin potokamu ya, abisnya pemilik rumah ini ngga keliatan,” hahaha. Abis itu tanpa lubaa bismilah, saya poto dah bunganya, hehehe.

Hayooo teman-teman… siapa lagi yang juga menyukai bunga ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s