Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H

Assalamu ‘Alaikum Teman-Teman.

Taman Chrysant Biru mengucapkan Selamat Iedul Adha 1441 H. Semoga Allah Subhanahuwataala selalu mengampuni dosa-dosa kita semua dan selalu melimpahi dan melindungi kita dengan rahmat serta hidayahNya, dan memberkahi kita dengan usia yang penuh berkah sepanjang hayat, aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

Iedul Adha kali ini, memang beda dengan iedul adha sebelum-sebelumnya. Jika iedul adha sebelum-sebelum terasa lebih meriah, kali ini terasa agak ‘mendung-mendung’ gitu. Maklum Iedul adha sekarang masih dalam suasana pandemi Corona Covid 19 yang menghantui dunia. Tapi setidaknya, Iedul adha kali ini ‘lebih beruntung’ daripada Idul Fitri 2020 dan shalat tarwih bulan ramadhan 2020 kemaren, hehehe.

Kenapa? Karena pada pelaksanaan Iedul Adha pemerintah sudah tidak lagi menerapkan PSBB. Pemerintah sudah menghapus PSBB dan menerapkan New Normal, sehingga aktifitas masyarakat kembali seperti semula. Tapi dengan ketentuan dan syarat-syarat yang diatur oleh pemerintah. Jadi pelaksanaan shalat iedul adha sudah bisa dilaksanakan meski dengan pengaturan yang ketat.

Di Solok, pelaksanaan shalat Iedul Fitri dan Iedul Adha yang ‘dikelola’ oleh Pemda Kota Solok diselenggarakan oleh Kemenag Kota Solok. Pelaksanaan Shalat Ied biasanya dilakukan di Lapangan Merdeka Kota Solok atau di Mesjid Agung AlMuhsinin. Pelaksanaan Shalat Ied di Lapangan Merdeka Solok dengan syarat tidak turun hujan sehari dua hari sebelum 1 syawal.

Kalau tidak turun hujan sehari dua hari sebelum lebaran, pelaksanaan shalat Ied dilaksanakan di Lapangan Merdeka. Maka tidak ada pelaksanaan shalat Ied di Mesjid Agung Almuhsinin. Dan begitu juga di beberapa mesjid yang berada di sekitar Lapangan Merdeka minimal radius 500 m, tidak dibolehkan melaksanakan shalat Ied. Hanya mesjid yang berjarak di atas 500 m dari Lapangan merdeka yang boleh melaksanakan shalat Ied.

Tapi kalau hujan turun sehari atau dua hari sebelum 1 Syawal, lapangan merdeka akan basah atau becek. Sehingga pelaksanaan Shalat Ied dilakukan di Mesjid Agung Al Muhsinin, Solok. Beberapa mesjid yang berada dalam radius 500 dari lapangan merdeka pun diizinkan melaksanakan Shalat ied.

Shalat Idul Fitri di Mesjid Agung tahun 2019

Saat ini karena sekarang masih pandemi Covid 19, maka walaupun pelaksanaan shalat iedul adha dilakukan di Lapangan Merdeka, Mesjid Agung juga melaksanakan pelaksanaan shalat Ied. Mesjid-mesjid yang berada di luar radius 300 meter dari lapangan merdeka yang biasanya tidak melaksanakan shalat Ied, iedul adha kali ini diizinkan melaksanakan pelaksanaan Shalat Ied.

Tujuannya adalah, supaya tidak terjadi penumpukan jemaah di Lapangan Merdeka. Sehingga lapangan Merdeka yang biasanya full saat pelaksanaan shalat ied kemaren terlihat terlihat jauh lebih lengang. Jumlah jemaah yang ada mungkin hanya setengah dari jumlah jemaah shalat ied sebelum-sebelumnya.

Selain itu, untukbisa melaksanakan shalat ied harus memenuhi protokol covid 19. Kalau biasanya gerbang besar Lapangan merdeka terbuka begitu saja, sekarang hanya gerbang kecil yang dibuka. Gerbang satunya lagi hanya terbuka sedikit supaya petugas bisa mengukur suhu badan jemaah menggunakan termometer tembak. Jemaah yang diizinkan masuk hanyalah jemaah memakai masker. Jemaah yang tidak memakai masker dilarang masuk.

Jadi teman-teman, bagaimana dengan Iedul Adha kalian semuanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s