Mencoba Mengenal Diri Pribadi Secara Lebih Dalam Melaui Tes Karakter

Gambar from internet

Teman-teman, pernah ngga sih kita merasa kita tidak betul-betul mengenal diri kita sendiri? Ada ngga ya kita bingung mendefenisikan karakter kita seperti apa sih sebenarnya? Dan begitu juga karakter saudara, keluarga atau sahabat-sahabat kita. Biasanya kebanyakan kita hanya bisa menjelaskan sifat yang ada pada dirinya, keluarganya atau sahabatnya.

Kebanyakan kita biasanya menilai seseorang seperti ini : Si A itu orangnya baik, suka menolong. Si B orangnya riang, ceria terua kaya ngga ada masalah yang dihadapinya. Trus kalau dia ada pasti seru. Si C orangnya ngga asik, hobinya nyuruh-nyuruh aja, sok bos gitulah. Si D orangnya nyantai aja, ada ngga ada dia ngga ada pengaruhnya bagi orang lain. Tapi kalau orang lain punya masalah enak bener ngomong sama dia. Gitu kan ya, kita sering menilai karakter seseorang.

Tenang, jangan khawatir, saya dulunya juga begitu. Saya awalnya juga kurang paham bagaimana mendefenisikan tentang diri saya sendiri atau karakter saya sendiri. Saya juga kurang pahamjika diminta menjelaskan tentang dirisendiri hanya dengan satu kata. Apalagi kalau harus menjelaskan saat wawancara nyari kerja, ambyar dah, hehehe.

wajibbaca.com

 

Saya punya sifat aneh, saya ini orangnya ngga tegaan, biarlah tersakiti daripada disakiti, hahaha. Bingung saya, seringnya jadi korban pelambiasan emosi terus. Tetapi kemudian setelah banyak membaca tentang sifat dan karakter dan tentang pembagian-pembagiannya, saya mulai paham tentang karakter saya sendiri. Dan saya tau saya seseorang yang berkarakter apa.

Dengan kita mengetahui tentang klasifikasi karakter ini kita tidak hanya bisa mengetahui karakter-karakter kita masing-masing dan orang-orang di sekitar kita, kita juga bisa lebih mudah beradaptasi dengan orang-orang yang berbeda karakter dengan kita. Kita bisa segera mengetahui apa dan bagaimana sikap yang harus kita lakukan untuk menghadapi orang-orang si sekitar kita. Jadi gesekan-gesekan yang timbul karena perbedaan karakter ini bisa kita kurangi atau perkecil, atau juga kita hindari sama sekali.

Jadi buat Anda yang ingin mengetahi karakternya silahkan jawab tes kepribadian berikut. Jawab saja sesuai naluri masing-masing ya. Tapi jangan galau menjawabnya, awalnya pilih A trus ganti C lalu ganti lagi A, hehehehe. Lembaran tes ini saya dapatkan pas ikut gathering Blogger Muslimah yang menghadirkan psikolog. Beliau yang membagikan lembaran tersebut.

Selamat mencoba ya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s