KL Sentral, Terminal Terpadu Utama Kota Kuala Lumpur

Salah satu keunggulan Kota Kuala Lumpur dibandingkan Jakarta adalah sistem transportasi kota. Kota Kuala Lumpur mempunyai sistem transportasi yang jauh lebih bagus dan modern dibandingkan sistem transportasi di Jakarta. Sistem transportasi Kota Kuala Lumpur lebih tertata dan lebih variatif. Sehingga banyak moda transportasi yang bisa menjadi pilihan bagi warga kota, dan termasuk bagi turis.

Sistem transportasi umum yang ada atau dimiliki Kota Kuala Lumpur adalah bus, bus gratis, kereta api, MRT, LRT dan juga monorail. Kesemua moda transportasi tersebut terhubung satu sama lain di beberapa stasiun utama yang di Kota Kuala Lumpur. Sehingga warga masyarakat pengguna transportasi umum tersebut bisa melalukan pergerakan dengan mudah dan cepat menggunakan transportasi umum.

Terminal terpadu utama yang ada di Kuala Lumpur adalah Kuala Lumpur Sental atau yang biasa disebut KL Sentral. KL Sentral merupakan terminal terpadu yang terdiri dari stasiun kereta api, MRT, LRT, Monorail, bus ke bandara KLIA, KLIA 2, kereta bandara KLIA Ekspress dan KLIA Transit. KL Sentral juga menjadi terminal bus untuk ke Dataran Tinggi Genting.

Karena KL Sentral ini merupakan terminal terpadu, maka kita akan mudah pergi ke mana-mana dengan transportasi umum. Dengan sistem transportasi yang terpadu ini mobilitas masyarakat menjadi lebih cepat karena masing-masing moda angkutan mempunyai jam keberangkatan serta kedatangan dengan interval yang tidak lama. Sehingga angkutan umum yang nyaman dan terminal terpadu yang nyaman menjadikan angkutan umum sebagai transportasi pilihan masyarakat, terutama turis yang sedang bertamasya di Kuala Lumpur.

Bentuk fisik bangunan KL Sentral kaya mall, penuh dengan toko-toko dan restoran. KL Sentral buka 24 jam, jadi bisa menjadi pilihan turis yang tiba tengah malam di KLIA 2. Karena di sini juga tersedia gerai makanan cepat saji 24 jam. Di KL Sentral juga terdapat mushala yang cukup besar. Di sini juga tersedia tempat penitipan tas atau koper bagi yang transit cukup lama (seharian) di Kuala Lumpur dan mau keliling Kuala Lumpur tanpa menginap.

Bagi yang hobi shoppong juga bisa karena persis di sebelah gedung KLSentral berdiri mall NU Sentral. Mall dan terminal terpadu berdiri berdampingan untuk memanjakan masyarakat di sanan dan juga turis yang datang ke Malaysia. Semoga Jakarta segera menyusul keberadaan angkutan umum terpadu dan juga terminal terpadu seperti di Malaysia ini. Supaya kemacetan jalan raya Jakarta bisa terurai, aamiin.

KL Sentral ini hanya berjarak beberapa stasiu dari Terminal Bandar Tasik Selatan atau yang biasa dikenal dengan Tasik Bandar Selatan atau Terminal Bersepadu Selatan jika menggunakan kereta api biasa. Atau hanya berjarak satu stasiun KLIA Transit yang memakan waktu hanya 5 menit saja. Jadi yang datang ke Malaysia dengan pesawat, bisa naik KLIA Ekspress atau KLIA Transit menuju  KL Sentral di Kuala Lumpur.

Terminal Bersepadu Selatan

 

 

6 comments

  1. […] Pada bagian ujung lorong terdapat eskalator ke arah bawah, tujuan terminal bus bandara. Turun saja ke eskalator tersebut, dan begitu tiba di bawah, terdapat ruang tunggu yang merupakan terminal bandara KLIA. Ada beberapa loket yang terdapat di sana. Loket-loket tersebut melayani pembelian tiket bus ke kota-kota yang ada di Malaysia. Untuk ke Kuala Lumpur, tujuan bus tersebut adalah terminal/stasiun KL Sentral. […]

  2. […] Pada bagian ujung lorong terdapat eskalator ke arah bawah, tujuan terminal bus bandara. Turun saja ke eskalator tersebut, dan begitu tiba di bawah, terdapat ruang tunggu yang merupakan terminal bandara KLIA. Ada beberapa loket yang terdapat di sana. Loket-loket tersebut melayani pembelian tiket bus ke kota-kota yang ada di Malaysia. Untuk ke Kuala Lumpur, tujuan bus tersebut adalah terminal/stasiun KL Sentral. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s