Cara Membuat Soto Padang Ala Rumahan Nan Lamak Bana

soto padang, nasi goreng dan teh telor padang

Hai teman-teman, saya mau bikin lagi nih postingan kuliner. Yaitu cara membuat soto padang, salah satu makanan favoritku. Sebagai orang padang dan sebagai penyuka makanan berkuah saya tentunya penyuka soto padang, yes kan. Soto padang rasanya endeeeus banget. Rasa kuahnya yang segar dengan bumbu yang penuh rempah membuat lidah saya bisa bergoyang, hehehe.

Bisa jadi penilaian saya sangat subyektif  banget ya, tapi yang namanya makanan daerah sendiri adalah makanan yang paling enak dong ya daripada makanan dari daerah lain, hehehe.

Cara membuatnya gampang kok, ngga susah. Dan bahan utamanya, tentu saja daging. Daging sapi ya, bukan daging ayam. Karena kalau daging ayam namanya jadi soto ayam, walaupun bumbu dan cara masaknya hampir sama, hehehe.

Bahan-bahan soto padang.

1. Daging ½ kg.
2. Perkedel kentang, udah tau cara buatnya kan ya.
3. Cabe giling 150 – 200 gram.
4. Bihun atau soun, rendam dengan air panas lalu di saring.
5. Kerupuk gaguk/emping.
6. Daun bawang, sesuai selera.
7. Daun saledri, sesuai selera.

Bumbu-bumbu.

1. Bawang merah ukuran besar lebih kurang 15 – 20 buah, iris dan digoreng.
2. Bawang putih 7 – 10 buah, iris, dan tumis.
3. Bawang putih giling secukupnya.
4. Jahe kasar seukuran jempol 2 buah.
5. Jahe giling satu sendok.
6. Merica (lada) kasar 1 sendok makan, merica (lada) halus/bubuk ½ sendok teh..
7. Cengkeh.
8. Bunga lawang.
9. Ketumbar kasar.
10. Daun jeruk 5 – 7 lembar, sesuai selera aja.
11. Kulit manis.
12. Kapulaga.
13. Garam.

Cara membuat soto padang.

A. Cara pengolahan daging.

1. Daging yang sudah dicuci bersih, potong menjadi 4 bagian.
2. Rebus daging dengan 3 liter air, dengan api sedang.
3. Masukkan bumbu : lada kasar ½ – 1 sendok makan, Jahe seukuran jempol 2 buah digeprek, Lengkuas sepanjang 4 – 5 cm digeprek.
4. Selama perebusan, jangan diaduk ya.
5. Ketika air rebusan mulai panas, akan muncul buih-buih di permukaan air, ambil buih-buih tersebut pelan-pelan dan buang. Lakukan terus sampai buih-buih tidak muncul lagi. Makanya apinya tidak besar.
6. Keluarkan daging dari air rebusan, lalu daging diiris tipis-tipis seperti dendeng.
7. Daging yang sudah diiris, diberi bumbu : Garam, Bawang putih giling, Jahe.
8. Goreng daging sampai kering/garing.

B. Cara membuat kuah soto.

Air rebusan daging tadi ditambahkan bumbu :
1. Bunga lawang 5 – 7 buah.
2. Cengkeh 10 biji.
3. Lada bubuk ½ sendok teh.
4. Pala 1 buah.
5. Kulit manis.
6. Kapulaga.
7. Ketumbar
8. Daun jeruk.

Lalu masak kuah soto sampai mendidih.

Untuk tumisan.

Bahan yang ditumis adalah :
1. Bawang putih iris.
2. Daun bawang.
3. Salederi.

Tumis bawang putih sampai harum (masih setengah matang), baru masukan daun bawang dan saledri. Bagi yang mau masukkan daun bawang dan saledri segar tanpa ditumis dulu juga boleh, suka-suka aja sesuai selera. Tapi saya lebih suka aroma kuah yang daun bawang dan saledrinya ditumis.

Kuah yang sudah matang kasih garam, dan masukan bawang goreng, tumisan bawang putih, daun bawang dan saledri ke dalam kuah. Berhubung saya ngga suka kasih penyedap, saya ngga kasih penyedap makanan. Tapi bagi yang mau kasih penyedap silahkan kasih aja. Mau kasih royco, masako, sasa, atau ajinomoto, terserah masing-masing aja.

Soto padang siap disajikan, tambahkan perkedel kalau ada, kerupuk merah, kerupuk kulit dan juga soun. Selamat menikmati soto padang yang enak.

 

 

6 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s