Soto Padang, Salah Satu Jenis dan Ragam Soto Nusantara

Soto di pasaraya padang

Sebagai orang padang, tentu saja makanan yang paling enak buat saya adalah makanan padang, hehehe. Subyektif amat emang, hehehe. Dan sebagai orang yang menyukai makanan berkuah saya juga sangat menyukai segala macam jenis soto. Tapiii sebagai orang padang, dan juga penyuka soto, soto yang paling buat saya pastinya adalah soto padang, subyektif lagi kan ya, hehehe.

Dan sudah (hampir) pasti juga bagi (hampir) semua orang, makanan yang paling enak adalah makanan dari daerahnya, ye kaaan…:) hahaha. Ya iyalah, masa iya saya sebagai anak daerah malah ngga menyukai makanan dari daerah sendiri? Makanan berkuah dari korea dan jepang saja saya suka, apalagi makanan dari kampung sendiri, pasti lebih suka lagi dong.

Saya bukannya tidak suka soto-soto dari daerah lain. Suka banget. Entah itu soto betawi, soto lamongan, soto surabaya, soto kudus, soto kroya, soto medan, soto mi bogor atau pun coto Makasar. Saya sukaaa semuanya. Karena saya kan penyuka makanan berkuah, jadi apapun jenisnya makanan berkuah tersebut, saya suka. Termasuk juga bakso dan mie ayam.

??

Tapi, dari semua soto, yang juara adalah soto padang, hehehe. Lantas, kenapa bagi saya bagi saya soto yang paling enak adalah soto padang? Sebelum saya jawab, saya perjelas dulu ya, bisa jadi jawaban saya sangat subyektif ya, hehehe. Alasan utamanya adalah mungkin karena saya terbiasa makan soto padang yang kaya rempah yang berasa banget, jadinya soto-soto lainnya terasa ‘tawar’ saja.

Ibarat kata orang yang biasa makan gado-gado dengan cabe rawit 20, trus makan gado-gado yang rawitnya 8 – 10 biji, jadinya terasa anyep atau malah ngga berasa pedas sama sekali. Seperti itulah perumpamaannya bagi saya. Apalagi kalau saya pesan soto tanpa pakai ‘mecin’, makin anyeb saja kuah soto yang kumakan, hahaha. Sebagai pengimbang rasa, soto saya akan saya banyakin perasan jeruk dan kecapnya ada biar rasanya, hehehe.

Tapi ada yang aneh juga bagi saya untuk urusan soto ini. Soto padang yang paling enak di lidah saya justru bukan soto padang yang di Padang (Sumatera Barat). Tapi soto padang yang di Sate Mak Syukur Mall of Indonesia, dan soto padang yang adanya di salah satu rumah makan padang favorit saya di Grogol, Jakarta Barat.

??

Saya ngga tau apakah soto dan sate di Sate Mak Syukur dimasak oleh masing-masing outlet atau dimasak di satu tempat untuk seluruh wilayah Jakarta. Tapi untuk soto di Sate Mak Syukur MoI rasa sotonya mantap banget daripada di soto Sate Mak Syukur foodcourt Blok A Tanah Abang. Rasa rempah dan bumbu-bumbu di Sate Mak Syukur MoI berasa lebih mantap. Saya aja makan sotonya sampai kuahnya habis hingga tetes terakhir, hehehe.

Begitu juga soto di nasi padang grogol, yang letaknya di dalam gang sebelah SD Sumbangsih. Rasa sotonya juga manteep. Konon katanya, yang masak nasi padang bukan karyawan tapi memang mereka sendiri. Jadi walaupun tempatnya di dalam gang, pelanggan memang sengaja dan mau masuk gang buat makan nasi padang di sana. Dan bumbu sotonya sengaja dikirim langsung dari Padang. Tapi sayangnya soto hanya pada hari kamis saja ,hari lainnya ngga.

Dan karena saya makan soto padang yang bumbunya mantap (menurut saya) di kedua tempat tersebut, soto padang yang ada di padang malah terasa ‘anyeb’ buat saya, hahaha. Meskipun di pondok soto yang terkenal di padang seperti Soto Rajawali, jalan Juanda. Begitu juga soto Pondok Baselo, alias Ponsel yang ada di Silungkang yang sangat ramai pengunjung. Tapi bagi saya kedua soto yang sudah populer tersebut terasa biasa-biasa saja.

soto padang

Ada lagi soto yang terkenal di Padang yaitu, Soto Garuda. Dulu, soto ini saya suka banget, enak. Tapi udah lama banget juga ngga pernah makan soto garuda, jadi saya ngga bisa membandingkan rasanya yang sekarang dengan yang dulu. Apalagi membandingkannya dengan soto lain. Ntar lah kalau saya jalan ke padang saya coba lagi deh, hehehe.

Tapi ya, soal mana soto atau makanan manan yang lebih enak, menurut balik lagi ke selera masing-masing orang. Dan faktor lainnya adalah (mungkin ya) karena ‘keterbiasaan’ lidah dalam menikmati makanan. Contohnya, bagi saya seringkali soto-soto yang ada di warung-warung di pasaraya padang terasa lebih enak dibanding soto di kedua restoran soto tersebut. Udahlah jauh lebih murah, lebih enak lagi. Dasar lidah kampung ya lidah saya, ngga nyantel sama makanan resto, hehehe.

Teman-teman sendiri, suka soto padang ngga? ^__^

soto padang, nasi goreng dan teh telor padang

 

8 comments

  1. Taburan daging goreng sama kerupuk merah memang juara. Tapi coto Makassar di Makassar sih rempahnya juga kentara banget kayak soto Padang. 🙂 Kalau di Pulau Jawa, kayaknya yang paling deket sama soto Padang itu soto Lamongan, deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s