Menukang, Membuat Tatakan Mesin Cuci

Saya masih punya catatan tentang saya yang menukang, alias jadi tukang, hehehe. Kalau sebelumnya saya bercerita tentang saya yang membuat gantungan jemuran, sekarang saya mau cerita tentang saya yang membuat tatakan mesin cuci orangtua saya di rumah. Ini sebenarnya kejadiannya udah lama,udah 3 tahun, Makanya saya sampeubek-ubek dulu foto-foto saya di folder di lepi, buat tanda bukti, hahaha.

Ceritanya mesin cuci di rumah (orang tua) saya ngga ada alasnya. Sementara lantai tempat nyuci lebih rendah dari lantai kamar mandi. Jadi salah satu solusinya supaya dasar mesin cuci paling ngga sama tinggi dengan lantai kamar mandi adalah membuat tatakan untuk mesin cuci tersebut. Makanya saya kemudian berinisiatif membuat tatakan mesin cuci. Mengharapkan adik laki-laki saya membuat tatakan tersebut? Itu mah mimpi di siang bolong. Mimpinya kejauhan, hahaha. Mau ngga saya yang musti turun tangan membuatnya.

Saya mencari-cari kayu papan di samping rumah. Dapat, meski kayu-kayu yang tersedia ukurannya ngga jelas, hahaha. Kalau ukurannya ngga jelas bisa-bisa tatakannya ngga rata. Karena kalau alas mesin cuci ngga rata, takutnya ntar bunyi mesin cucinya bakalgoyang dan suaranya gluntang-gluntung bikin ribut. Mau ngga mau saya musti cari akal biar bisa kayunya bisa rata di bagian bawahnya.

Setelah mencoba mengutak-atik semua kayu yang ada, maka saya pun mulai menyusun-nyusun kayu. Gaya saya sok iya banget ngukur supaya terbentuk tatakan yang rata bagian bawahnya dan ukurannya pun cocok dengan bagian bawah mesin cuci, wkwkwkw. Ada beberapa kali bongkar pasang tatakan biar ukurannya cocok dengan mesin cuci, dan bagian bawah kayu juga rata sehingga tatakannya tidak goyang-goyang. Setelah yakin tatakannya bakal rata, baru deh saya paku-pakuin kayu-kayu tersebut.

Dan tatakan mesin cuci pun jadi. Alhamdulillah, meskipun hasilnya ngga bagus, hahaha. Saya sih ngga masalah hasilnya ngga bagus-bagus amat. Yang penting manfaatnya terlihat. Mesin cuci ada tatakannya, mesin cuci jadi lebih terlindungi dan air buangan mesin cuci bisa ngalir semuanya di mesin cuci, ngga ada air pembuangan yang ngendap di bagian bawah mesin. Tidak pula goyang gluntang-gluntung.

Sebenarnya, membuat tatakan mesin cuci seperti yang saya buat ini bukan pekerjaan susah sebenarnya bagi laki-laki ya. Jadi bagi orang lainmungkin pekerjaan sepele banget yang ngga berharga. Tapi bagi saya, ini adalah hasilkarya yang luar biasa banget. Karena bokap dan sodara laki-laki saya kenyataannya ngga kepikiran untuk membuat ini. Merekamikirnya, beli aja dah yang udah jadi, hehehe. Tapi alhamdulillah saya sudah membuatnya, jadinya itu sesuatu baget, yekaaaan.

Nah, teman-teman gimana nih, kalau ada kasusyang samakaya saya, mau bikin walaupun terlihat darurat atau beli saja yang sudah jadi…? 😛

Ngga jadi ini, dibongkar lagi, hehehe

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s