Taman Panorama Danau kembar, Tanjuang Nan IV, Alahan Panjang, Solok, Sumatera Barat

Danau Diateh dari Panorama Danau Kembar

Danau kembar adalah sebutan untuk dua buah danau yang letaknya berdekatan yang berada di seputaran Alahan Panjang, Solok. Satu danau disebut dengan Danau Diateh atau Danau Diatas yang berada pada ketinggian 1530 mdpl. Danau yang satunya lagi disebut dengan Danau Dibawah yang berada pada ketinggian 1480 mdpl.

Kedua danau ini dipisahkan oleh perbukitan, sehingga bukit ini ibaratnya pematang raksasa yang memisahkan kedua danau tersebut. Di perbukitan kecil inilah terdapat satu tempat yang bisa melihat pemandangan Danau Diateh dan Danau Dibawah sekaligus. Nama tempat itu disebut dengan Panorama Danau Kembar. Masyarakat di sana biasa menyebutnya dengan Panorama saja.

Oiya, yang saya maksud sekaligus, bukan berarti pada satu titik bisa melihat pemandangan kedua danau sekaligus secara bersamaan, tidak ya. Tapi dalam satu area ada dua posisi yang berbeda untuk kita bisa melihat kedua danau secara bergantian. Satu sisi bisa melihat Danau Diatas, lalu di sisi lain bisa melihat Danau Dibawah. Jarak kedua titik tersebut sekitar 100 meter.

Suasana di area Panorama Danau Kembar ini cantik dan tenang. Pemandangannya indah. Dari titik pandang ke Danau Dibawah terlihat danau yang cantik yang tampak agak curam di bawah sana, Di pinggir danau terdapat ditumbuhi pohon-pohon lebat dan ladang pertanian warga. Sungguh mereka diberkahi alam yang tidak hanya indah tetapi juga subur oleh Allah, Arrazaq, yang maha pemberi rezeki.

Sementara di area panroma arah Danau Diateh juga tidak kalah indah. Danau Diateh terlihat tampak agak jauh jika dibandingkan dengan jarak ke Danau Dibawah.  Di area ini juga penuh dengan bunga-bunga yang mekar saat saya ke sana. Bunga-bunganya tumbuh subur, cantik berwarna warni, dan pemandangan alamnya juga cantik. Damai banget bisa nyantai di panorama ini.

Selain bunga-bunga juga tanaman muda (sayuran, cabe, tomat) yang di tanam di sana karena sepertinya lahan tersebut adalah lahan pribadi. Di sana terdapat dua atau tiga rumah penduduk. Betapa besarnya anugerah yang diterima warga yang punya rumah di sana, tinggal di daerah yang mempunyai pemandangan yang indah dan sangaaat tenang. Duuh saya mau deh tinggal di sana, hehehe.

Danau Dibawah

Cara Menuju Panorama Danau Kembar, Alahan Panjang.

Kalau teman-teman berasal dari Padang atau Solok, naik kendaraan umum tujuan Alahan Panjang. Nanti tinggal bilang minta turun di simpang panorama Danau Kembar yang berada di Tanjuang Nan Ampek, Daerah ini sebenarnya belum termasuk wilayah Alahan Panjang, tetapi semua orang menganggapnya (seakan bagian dari) Alahan Panjang. Jarak Taman Panorama Danau Kembar dari jalan raya, tidak terlalu jauh sih, saya agak lupa. Tapi seingat saya kira-kira 1,5 km (perkiraanpandangan mata saya ya).

Dari jalan raya ke Taman Panorama bisa naik ojek. Saya kira ongkos ojeknya dengan jarak segitu (harusnya) bisa 5000. Tapi biasanya kan kalau ke orang luar agak lebih mahal ya, atau bisa 7000. Tapi menurut saya paling mahal 10 ribu lah, jangan mau lebih. Musti kuat nawarnya nih, hahaha.

Tapi itu kan kalau jalan sendiri naik kendaraan umum. Kalau pergi rame-rame, kan enaknya jalan pakai kendaraan sendiri atau sewa mobil. Jadi dari arah Padang atau Solok bisa mampir dulu ke Mesjid Tuo Kayu Jao di Kayu Jao, mampir ke perkebunan Alahan Panjang, Mesjid Ummi yang berada di pinggir Danau Diateh di jalan raya Solok – Muaro Labuh. Dan juga ke villa Danau Diateh yang merupakan pusat rekreasi Danau Diateh, Alahan Panjang.

 

 

6 comments

  1. […] Danau Dibawah merupakan ‘saudara kembar’ Danau Diateh. Alasan disebut Danau Kembar adalah karena lokasi kedua danau ini berdekatan. Selain lokasi yang berdekatan, ukuran luas kedua danau juga tidak terlalu berbeda. Kedua danau ini dipisahkan oleh perbukitan yang tidak terlalu tinggi. Sehingga kita bisa melihat pemandangan kedua danau di suatu tempat yang disebut sebagai Taman Panorama Danau Kembar. […]

  2. […] Danau Dibawah adalah ‘saudara kembar’ Danau Diateh. Alasan disebut Danau Kembar adalah karena lokasi kedua danau ini berdekatan. Selain lokasi yang berdekatan, ukuran luas kedua danau juga tidak terlalu berbeda. Kedua danau ini dipisahkan oleh perbukitan yang tidak terlalu tinggi. Sehingga kita bisa melihat pemandangan kedua danau di tempat yang disebut sebagai Taman Panorama Danau Kembar. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s