Baju Kurung, Baju Tradisional Wanita Ranah Minang

Foto : FB Erison J. Kambari.

Baju kuruang atau baju kurung adalah baju tradisional yang dipakai oleh wanita minangkabau dan juga wanita melayu. Selain di Ranah Minang, baju kurung ini banyak dipakai atau digunakan oleh wanita melayu Malaysia. Baju Kurung sudah menjadi identitas wanita minang dan melayu malaysia. Tapi saya tidak terlalu tau dengan Melayu Riau atau Deli, hehehe.

Pola guntingan baju kurung ini sangat sederhana saja. Guntingan baju kurung polos dari bawah ketik sampai ke lutut. Modelnya longgar dan panjangnya rata-rata selutut bahkan bisa di bawah lutut. Tapi ada juga yang paling ngga sampai selutut, sampai satu kepal di atas lutut. Tapi walaupun sederhana baju kurung ini terlihat anggun dan bersahaja. Itu pendapat saya sebagai orang minang ya, hehehe.

Selain baju kurung, Rnah Minang juga mempunyai pakaian tradisional Kebaya. Hanya saja kebaya minang, agak berbeda dengan kebaya dari tanah jawa. Kebaya dari tanah jawa (termasuk sunda) ukurannya ngepas di badan, sementara baju kebaya minang dibuat longgar juga seperti halnya baju kurung. Panjang bajunya juga sama dengan baju kurung, sampai selutut atau di bawah lutut. Atau paling ngga satu kepalan di atas lutut.

Foto : Erison J. Kambari.

Biasanya bagian depan kebaya minang dibiarkan dibuat tanpa buah baju atau kancing alias tidak dibuat kancing atau buah bajunya. Bahkan lobang untuk kancing juga tidak ada, itu sependek yang saya tau ya. Saat dipakai digunakan peniti mempertemukan sisi kiri dan kanan baju. Jadi bisa dibilang, baju kurung dan baju kebaya minang hanya beda modelnya aja. Ukuran dan panjangnya sama yaitu longgar dan panjangnya selutut.

Dulunya dalam kehidupan sehari-hari, bagi wanita muda, pemakaian baju kurung dikombinasikan dengan rok yang bahan dan motifnya sama dengan baju kurung. Atau bisa juga dikombinasikan dengan rok bermotif polos berbahan beda. Sementara bagi wanita yang sudah (mulai) berumur biasanya bawahan pasangan baju kurung atau kebaya yang sering digunakan adalah kain sarung batik harian.

Untuk kegiatan bukan harian seperti ke pasar mingguan atau ke pasar besar, biasanya para ibu-ibu memakai baju kurung atau kebaya dengan bawahan kain sarung batik. Begitu juga untuk acara-acara penting lainnya seperti pergi ‘baralek’ atau kondangan, ibu-ibu memakai baju kurung dengan bawahan batik juga. Ada juga yang menggunanakan bawahannya kain songket, tapi itu untuk acara-acara yang lebih formal.

Baju Kuruang Basiba. Foto : FB Erison J. Kambari.

Sekarang ini dalam kehidupan sehari-hari masyarakat juga jarang memakai baju kurung. Sehingga Pemda Sumatera Barat ‘mewajibkan’ PNS wanita mengenakan baju kurung pada hari Jumat. Biasanya kaum wanita memakai baju kurung untuk pesta pernikahan dan acara-acara adat saja. Dengan adanya ‘kewajiban’ memakai baju kurung pada hari Jumat, menjadi salah satu cara bagi masyarakat minang untuk melestarikan baju kurung minang ini.

Jadi saya sangat mengapresiasi panitia atau pelaksana Pasar Milenial Kubu Gadang, yang menjadikan baju kurung sebagai baju penjual di sana. Bahkan mereka juga pernah mengadakan lomba fashion show baju kuruang saisuak alias baju kurung zaman tempoe doeloe.

Semoga kedepannya, masyarakat minangkabau lebih menyemarakkan dan menggalakan kembali pemakaian baju kurung ini. Tidak saja dipakai oleh pegawai PNS dan PNS di Sumatera Barat, atau juga pada saat acara-acara baralek alias kondangan, tetapi juga dalam banyak kegiatan atau aktifitas lainnya. Aamiin. 🙂

Lomba Baju Kuruang Saisuak di Pasar Milenial Kubu Gadang.
Foto : FB Erison J. Kambari
Foto : Rahmah Elyunusiah, pendiri Diniyah Putri. sumber : googling

 

 

8 comments

    • Ada Mas Djangki, tapi emang lebih polpuler itu baju kurung. Soal kebaya, saya juga pernah baca, katanya mah sebenarnya lebih duluan kebaya atau abaya di melayu daripada jawa. Hanya saja kemudian kebaya lebih dikenal sebagai pakaian tradisional jawa. Tapi saya lupa baca dimana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s