Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah

Selamat Iedul Fitri ya teman-teman. Mohon maaf lahir batin. Saya minta maaf sama teman-teman semua yang mungkin ada pernah tersinggung, sakit hati sama komentar saya (insya Allah ngga ya, hehehe) atau tersinggung karena postingan saya yang kurang berkenan. Di hari yang fitri ini semoga membuka hati kita untuk saling memaafkan ya.. Aamiin.

Daan gimana dengan cerita lebaran teman-teman semua? Insya Allah pasti asyik kan ya. Bisa berkumpul bersama keluarga dan handai taulan semuanya, pasti menyenangkan. Kalau saya mah soal lebaran, biasanya sih selalu di Solok. Pengeeeen banget lebarannya di tanah suci mekah gitu loh, ya Allah aamiin… Bantu tolong aamiinkan dong teman-teman… 😛 Makasih yaa teman-teman…

Di Kota Solok, pelaksanaan shalat Iedul Fitri yang ‘dihendel’ oleh pemda adalah di Lapangan Merdeka Kota Solok. Tapi kalau beberapa hari sebelum hari raya Iedul Fitri (apalagi pas malam takbiran), hujan deras mengguyur Kota Solok Lapangan Merdeka Kota Solok, maka pelaksanaan shalat ied dilakukan di Mesjid Agung Almuhsinin, mesjid negara Kota Solok. Karena kalau hujan deras sehari atau beberapa hari sebelum hari raya, lapangan merdeka akan basah dan tidak bisa dijadikan sebagai tempat shalat Iedul Fitri.

Akhir Ramadhan kali ini dan juga Ramadhan tahun kemaren, setiap malam diguyur hujan deras beberapa hari sebelum lebaran. Bahkan pada malam takbiran pun hujan deras menyapa bumi Solok. Sehingga bisa dipastikan Mesjid Agung dijadikan sebagai tempat shalat Iedul Fitri. Juga beberapa mesjid dalam radius 1 km dari Lapangan Merdeka juga melaksanakan shalat ied karena lapangan merdeka beceeek karena hujan. Padahal pengen banget kan ya saya shalat ied-nya di Lapangan Merdeka. Asyik banget karena lapangan yang sedgede itu penuh dengan umat yang hendak shalat ied.

Tahun kemaren, kami hampir saja terlambat shalat Ied. Kami tiba di Mesjid Agung di Mesjid Agung beberapa saat sebelum shalat dimulai. Sehingga kami shalat di jalan raya yang sudah dipenuhi jamaah. Jujur saya heran banget, kenapa shalat di Mesjid Agung ini pelaksanaannya cepat banget. Sehingga banyak orang yang juga tidak sempat shalat Ied karena tiba terlambat. Sementara di beberapa mesjid yang kami lewati ketika pulang, beberapa mesjid masih sedang melaksanakan rangkaian shalat Ied.

Lebaran kali ini, kami datang agak cepat, sebelum jam setengah 8. Dan kami tiba di mesjid yang sudah ramai jamaah. Halaman mesjid pun sudah hampir penuh, meskipun halamannya agak basah tapi ngga basah-basah amat. Saya dan keluarga saya naik ke lantai 2 yang masih belum penuh jamaah. Alhamdulillah, shalat di lantai 2 sangat nyaman banget. Penuh tapi ngga padat jadinya nyaman.

Enaknya shalat di dalam mesjid adalah, jamaah ngga punya ‘keinginan’ bubar shalat pas khatib lagi khutbah. Kalau di lapangan merdeka atau di halaman mesjid agung, banyak jamaah yang mulai beringsut pulang ketija khatib sedang khutbah. Padahal khutbah shalat ied kan termasuk rukun shalat ied ya, sehingga kalau tidaj kita ikuti sampai selesai, shalat ied kita tidak sah. Tapi yah, itu urusan mereka kan yaa, hehehe.

Isi khatbah khatib bagus banget sebnarnya karena khathibnya kan khathib pilihan ya. Tapi saya sekarang lupa apa aja isi khatbahnya saya ngga nyatat, hahaha. Astagfirullah, pemalasnya saya, padahal biasanya saya nyatat di hape loh… Saya bilang bagus karena saat itu saya saya berpikir khutbahnya bagus. Kalau ngga salah tentang taubat gitulah, tapi sekarang ngga ingat sama sekali, huhuhu…

Gimana dengan lebaran teman-teman semuanya…?

 

 

Advertisement

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s